other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6 | Recommended Yaoi Manga 7

Minna-san! Konnichiwa!

Kembali lagi dengan saya yang masih belum ngerjain peernya seujung jari pun, padahal akhir bulan ini dikumpulin. Meksi duah resmi seminggu berada di Yamanashi semenjak menginjakkan kaki di tanah tercinta ini hari Sabtu lalu, tetep aja mood buat negrjain peer itu nol. Maka itu akhirnya saya melarikan diri untuk mengerjakan yang lain yakni merekomendasikan Manga Yaoi yang baru saja beres saya baca belakangan ini //plakk.

Silahkan dinikmati.

10. Blood Bank by Silb (ongoing)
68747470733a2f2f73332e616d617a6f6e6177732e636f6d2f776174747061642d6d656469612d736572766963652f53746f7279496d6167652f41546e75674d79427a52664377413d3d2d3335313037363532362e3134393432643764
Sinopsis: 10 adalah seorang pekerja di sebuah bank. Bukanlah bank biasa, melainkan bank tempat penyimpanan darah yang dikelola oleh sebuah klan vampir yang mendirikannya bertujuan untuk memuaskan rasa haus para vampir terhadap darah yang diambil dari manusia. Shell Overlord adalah salah satu yang menguasai bank darah, ditempatnya bekerja. 10 yang dengan misteriusnya tidak terdampak pheromone yang dihasilkan vampir, menarik perhatian Shell dan menjadikan mereka memiliki hubungan rahasia antara Vampir dan manusia. Namun, ada bencana besar yang tengah direncanakan dibalik hubungan mereka.

Comment: Ngga biasanya suka hubungan BDSM, dari manga ini pun saya tidak menikmatinya. Namun jalinan kimia antara Shell dan 10 bikin saya nagih karena apa ya, 10 itu manusia yang ngga suka BDSM, dan Shell adalah sebaliknya. Namun, meski 10 menolak untuk menyiksa atasannya tersebut, Shell masih saja patuh dan mengikuti manusia biasa tersebut kemanapun, sampai akhirnya mereka bisa saling mencintai dengan ajaibnya. Artwork dan jalan ceritanya unyu. Apa ya, ada kayak unsur Romeo-Juliet gitu di dalamnya.

Rating:★★★

09. Pornographer by Marukido Maki (complete)
Pornographer_c01_p00
Sinopsis: Kasumi
adalah seorang mahasiswa bokek yang menabrak seorang novelist–Kijima Renjiro–hingga menyebabkan tangan kanannya tak bisa digunakan untuk menulis dalam beberapa saat karena perban tebal yang menghalangi. Karena tak memiliki uang untuk menebus biaya pengobatan, Kasumi akhirnya merelakan diri untuk menggantikan Kijima menulis hingga tangannya sembuh. Namun, apa yang membuat pemuda tersebut tidak nyaman adalah ternyata Kijima seorang novelist porno yang dengan lugasnya menceritakan adegan esek-esek tanpa merasa malu. 

Comment: Plot twist-nya bagus! I didn’t see that coming! Jadi awalnya saya kira komik ini bertipikal cerita biasa, dimana si pemuda menyadari perasaanya, jatuh cinta lalu menyatakan perasaan. Dalam komik ini, itu semua ada meski ada keterlibatan berbeda antar aliran jalan cerita, dan kepribadian Kijima yang menurut saya unik. Meski tidak menjadikannya dramatis, kepribadian Kijima dalam cerita ini, menjadikan jalan ceritanya lebih realistis.

Rating: ★★★

08. SEASON by Asou Mitsuaki (complete)
CbaEFgrUAAAK7DE

Sinposis: Pada sebuah musim dingin, dimana Azuma memutuskan untuk bekerja begitu ia lulus, datanglah Matsuoka yang menawarkan dirinya dan sang Ibu pinjaman uang, dimana dulunya Matsuoka adalah salah satu pegawai sang Ayah yang kini telah tiada. Azuma yang tak teryakinkan dengan pinjaman Matsuoka, menolaknya karena merasakan ada maksud tersembunyi dari laki-laki tersebut. Matsuoka yang merupakan sosok misterius–Azuma tak mengetahui apapun tentangnya selain ia mantan pegawai toko Kimono milik sang Ayah–ditemui Azuma tengah berduaan dengan sang Ibu, dan membuatnya salah paham. Ia menuduh Matsuoka hendak menikahi sang Ibu setelah mendengar pembicaraan mereka mengenai pernikahan, padahal Azuma sudah mulai menaruh hati pada pria tersebut.

Comment: Apa ya. Awalnya saya ngga dapet greget cerita ini dimana, meski menurut saya artworknya jujur. Ngga bagus, tapi jujur. Kayak apa ya ada kelugasan tersendiri dalam penggambarannya, yang jadinya emosi dari karakter yang digambar muncul secara jelas. Meski menurut saya dari pertemuan hingga pengakuan terasa berjalan alot, karena Azuma tsunderenya minta maap, namun klimaks dan kisah cinta antara Azuma dan Matsuoka sendiri bikin saya baper setelahnya. Saya suka klimaks yang tiba-tiba. Ngga berjalan smooth tapi langsung ‘disergap’ gitu. Wkwkwk. Bikin deg-degan. Terus juga, perkembangan karakter Azuma, dari seorang Tuan Muda hingga ia bersikap dewasa tak meninggalkan sisi Matsuoka meski ia telah mengetahui sosok sebenarnya dari pria yang selalu datang ke Rumahnya untuk menyampaikan uang pinjamannya tersebut.

Rating:★★★

07. Kimiiro no Eden by Aomoto Sari (complete)
Print

Sinopsis: Iga Junpei adalah diutus perusahaannya untuk menjalankan proyek yang tidak diinginkannya; membangun taman bunga bagi sebuah Taman Kanak-Kanak. Ia yang berambisi meneruskan perusahaan sang ayah, ditolak mentah-mentah setelah proyek yang tengah dijalankannya dipindahtangankan kepada sang adik. Meski dengan setengah hati menjalankan proyek barunya, pertemuannya dengan Asakura Yuu–anak seorang pemilik toko bunga yang turut serta dalam proyeknya, perlahan mulai mengubah sesuatu dalam diri Junpei. Yuu yang memiliki seorang Ayah–paman–gay, membuat Junpei berpikir ulang ketika ia menyadari perasaannya yang tak biasa terhadap pemuda tersebut.

Comment: Meski plotnya biasa, tapi proses menuju ‘jadian’ itu sebenarnya bikin saya gregetan bacanya. Meski iya, mereka sadar akan perasaan masing-masing, namun Junpei tak bisa begitu saja mengklaim perasaannya terhadap Yuu, begitupun Yuu yang harus menjaga jarak dari laki-laki tersebut untuk melindungi keduanya yang dianggapnya sebagai jalan terbaik. Gini nih, cerita yang perih-perih nagih.

Rating:★★★

06. Koigokoro by Kanda Neko (complete)
91GRnTWOLiL
Sinopsis: Saki Hiroyasu adalah seorang salaryman berusia matang (om-om) yang jatuh cinta terhadap seorang pemuda yang bahkan belum dewasa setelah ia ditolong pemuda tersebut–Sshinomiya Jun. Nyatanya, Jun adalah seorang pegawai cafe yang diam-diam sudah lama memperhatikan Saki, dan menaruh hati terhadap pria tersebut. Bak gayung bersambut, keduanya pun menjalin kasih, tanpa satu pun orang mengetahui hubungan mereka.

Comment: Kalo diantara semua komik yang saya rekomendasikan kali ini, maka Koigokoro karya Kanda Neko ini, buat saya, ngga ada klimaksnya. Problemnya pun berkutat pada persoalan umum dalam sebuah hubungan; jarak jauh, kepercayaan, dan bagaimana mereka menyimpan hubunga tidak biasa mereka dari orang-orang terdekat. Namun, apa yang menjadi kekuatan cerita ini adalah rasa manis dan fluff yang mengalir, dan ketulusan cinta mereka berdua yang lekat dari awal sampai akhir. Cuco buat orang yang suka fluff *sukanya angst*

Rating: ★★★

05. Killing Stalking by Koogi (ongoing)
5109041_640px

Sinopsis: Yoon-Bum adalah seorang mahasiswa biasa yang mencintai Sang-Woo–seorang mahasiswa populer–dalam diam. Yoon-Bum yang tak pede menegur langsung Sang-Woo, akhirnya memutuskan untuk menyelinap masuk ke dalam rumahnya secara paksa demi cintanya terhadap Sang-Woo. Berkat usahanya, Yoon-Bum akhirnya berhasil menyelinap masuk, dan menjelajahi isi rumah Sang-Woo. Namun apa yang ditemukannya di ruang bawah tanah rumah sang pria pujaannya tersebut, bukanlah image Sang-Woo yang selama ini dibayangkannya. Sesaat itu juga Yoon-Bum kehilangan kesadarannya.

Comment: Apa ya, saya biasanya ngga suka genre thriller, gore, darah, dsb. Pokoknya saya anti hubungan yang tidak sehat (dan tidak angst). Namun, entah kenapa boomingnya komik ini, bikin saya tertarik baca, dan anehnya saya tetap lanjut baca meski sudah melihat banyak penyiksaan dalam komiknya. Hubungan antara Sang-woo dan Yoon-Bum bikin saya apa ya, hubungan mereka tuh sebenernya ngga sehat, tapi unik. Saya merasakan harapan fujo di dalamnya bisa tumbuh subur (apalah) hubungan mereka bikin saya bergairah intinya. Dan perkembangan hubungan mereka, sangat halus dan mengalir untuk dinikmati. Mulai dari Yoon-Bum yang dari cinta menjadi berniat ingin membunuh Sang-Woo, namun pada akhirnya pemuda tersebut sadar jika saat ini tidak ada lagi tempat berpulang baginya selain Sang-Woo.

Rating: ★★★★

04. Ame to Kiss by Akihira Shiro (complete)
61xdlqq6OfL

Sinopsis: Yagii Haruhisa
, adalah seorang pegawai departemen utama sebuah toko fashion yang berpenampilan keren dan disukai banyak wanita, tak terkecuali oleh Maeda Taiki; seorang pegawai biasa salah satu cabang toko fashion yang sama dengan Yagii–yang tak memiliki kepercayaan diri dan menggap dirinya tidak menarik. Merayakan penjualan di musim panas, para staff pun mengadakan acar minum-minum di tempat tinggal Yagii, termasuk Maeda yang berpatisipasi di dalamnya. Karena lelah setelah acara minum-minum, Maeda tersadar ia tertidur di ruang tamu Yagii-san, dan mendapati pemuda tersebut baru selesai mandi. Yagii yang mengomentari ketidak percayaan Maeda sebelumnya, meminta Maeda untuk menjadi lebih percaya diri dan tidak merendahkan dirinya. Namun, Maeda yang mengerti posisi Yagii yang selalu disukai banyak orang, menantang laki-laki tersebut untuk mencium wajah yang dibilangnya jelek tersebut. Tanpa diduga, Yagii menciumnya dan berakting seolah tidak terjadi apapun di keesokan harinya. Terlebih, Risa–salah seorang pegawai toko pakaian tersebut, nampak akrab dengan Yagii dan digosipkan berpacaran dengan staff divisi utama tersebut.

Comment: Sebelum saya mulai berkomentar, izinkan saya memberitahu jika manga ini sudah diangkat menjadi film dengan judul yang sama. Dan yang mainnya anak Tenimyu pula; Kishimoto Takuya (Akutsu Jin) dan Yoshioka Yuu (Chinen Hiroshi) Review filmnya belakangany ya (hobi numpuk review)91uknrck23l-_sl1500_

Tapi, saya ngga sanggup nonton sampai habis karena pengambilan gambar, sinematografi, dan sebagainya bikin saya ngga sanggup menguatkan hati melihat film tersebut. Tapi akan saya coba tonton lagi semoga saya sudah sembuh dari trauma. Amiin. Jadi aja saya baca komiknya. Konfliknya cuco! Ngga cuma pusing di awal dengan bagaimana caranya mengutarakan perasaan, tapi juga ada konflik lain yang datang dan dibagun secara intens setelah hubungan jarak jauh mereka terjalin. Maeda yang selalu tidak percaya diri ini, menganggap Yagii hanya main-main dengannya, dan mencari wanita lain di tempat kerja barunya, sementara Yagii yang selalu berpenampilan kalem ini dibuat menunjukkan sisi lain dirinya kala Maeda mematikan telpon mereka secara tiba-tiba. Ada greget yang berhasil dibangun, dan apa ya. Saya suka tipe cerita dimana salah satu tokohnya merasa tidak pede, dan tokoh yang lain menguatkan akhirnya mereka saling melengkapi. Dan konfliknya pun bikin baper dimana saya tiba pada satu phrasekalian tuh cocok, jangan putus dong‘.

Rating:★★★★

03. JACKASS ーSawatte Ii tte Dare ga Itta yo?ー by Scarlet Beriko (complete)
1

Sinopsis: Keisuke dan Shinoda adalah teman dekat yang bersekolah di SMA yang sama. Semuanya nampak seperti persahabatan yang normal, sampai pada ketika Keisuke yang membawa jersey yang habis dipakai sang kakak, dan saat memakainya di jam olahraga, Keisuke menyadari jika pantyhose sang kakak masih berada di dalamnya, dan ia pun tak sengaja memakai pantyhose tersebut. Shinoda yang menyadarinya, langsung membawa Keisuke ke ruang kesehatan untuk mengamankannya dari pandangan teman-teman yang lain. Setelah selesai ditertawakan Shinoda, Keisuke pun melepas pantyhose tersebut, namun Shinoda mencegahnya. Shinoda tertarik pada kaki jenjang Keisuke yang terbalut pantyhose tersebut dan mulai menciuminya. Dari situlah Keisuke menyadari jika persahabatannya dengan Shinoda terancam.

Comment: Konfliknya bagusss!! Awalnya ngira kalo ini kisah cinta receh antara dua siswa sekolah, dan endingnya ketebak. Emang endingnya ketebak sih, cuma ternyata alur cerita ke ending, menyajikan tatanan konflik dan penyelesaian yang cukup berlapis. Ngga sesimpel, mereka saling mengutarakan perasaan, lalu selesai. Ternyata, ada background keluarga keduanya yang membatasi juga perilaku dan penerimaan antara Keisuke dan Shinoda yang tak sesederhana itu. Keisuke yang berasal dari keluarga tak mampu, dimana sang kakak bekerja untuk membiayai mereka berdua, demi Keisuke bisa berkuliah. Sedang Shinoda yang berasal dari keluarga serba ada, membuat Keisuke sering menyalahkan background Shinoda yang selalu menganggap enteng semua hal.

02. Yasashii Anata by Nishida Higashi (complete)
W7100018023561
Sinopsis: Harumoto
adalah seorang advisor bagi sebuah kelompok Yakuza, yang pada suatu malam tanpa sengaja bertemu dengan pria yang mencuri hatinya; Mizuta. Mizuta pun jatih cinta pada nyanyian pertama yang dibawakan Harumoto pada bar tersebut; Monalisa. Keduanya pun akhirnya setuju untuk menghabiskan waktu bersama untuk sekedar nongkrong di bar ataupun menonton film. Mizuta yang pada suatu malam tiba-tiba menciumnya, membuat Harumoto terkejut dan begitu saja meninggalkan pria tersebut di jalan. Mizuta yang berpikirian jika hubungan mereka sudah selesai sampai di sini, mendapati Harumoto kembali ke sisinya pada suatu malam di bar yang sama. Ditengah cinta yang mulai menemukan jalannya, ada perseteruan tersembunyi di antara keduanya yang tanpa mereka sadari akan melukai satu sama lain.

Comment: Kuat!! Saya bisa merasakan cinta yang kuat. Sasuga Nishida-sensei, yang menyajikan jalan cerita di luar praduga saya. Selain konflik yang berlapis, ‘Yasashii Anata…‘ menyajikan cinta yang tak biasa dalam komik Yaoi biasanya. Apa ya, alur dari mereka bertemu yang mengalir natural, dan percik-percik konflik kecil yang terjadi hingga akhirnya klimaks, dijalin dengan apik.

Rating:★★★★

01. Paradise View by Kojima Rarako (complete)
CwedKZLUkAAGHE1
Sinopsis: Kikuchi Hideo berangkat ke Tokyo untuk menemui sang kekasih yang tengah bekerja sebagai dokter di kota metropolitan tersebut; Akaboshi Tomohisa yang dulunya merupakan murid les-nya dalam mengikuti ujian masuk universitas. Keduanya telah terpisah lama semenjak Tomohisa diterima kerja sebagai pediatric di sebuah Rumah Sakit di Tokyo. Namun, pertemuan kembali Hideo dan Tomohisa tak berjalan mulus, sebagaimana yang diharapkan keduanya. Orang tua Hideo terus mendesaknya untuk menikah dan membawa pacarnya ke rumah, setelah mengakui bahwa Tomohisa adalah kekasih yang Hideo maksud, Hideo terpaksa pulang terlebih dahulu ke Tokyo karena suasana perbincangan keluarga Kikuchi yang mendadak tidak enak. Setelah keduanya bertemu di Tokyo pun, perasaan mereka menjadi tak menentu. Tomohisa yang masih mau berada di sisi Hideo pun ditolaknya dengan alasan jika laki-laki tersebut butuh waktu menyendiri. Menyadari tak bisa saling berpisah, Hideo pun akhirnya meminta Tomohisa untuk pulang menemui dirinya. Pertengkaran yang baru saja selesai pun akan menemui masalah lain di depannya ketika Tomohisa diterima bekerja dan tinggal permanen di Jerman dengan sang kolega kerja Kuzuri yang diam-diam gerah terhadap hubungan Tomohisa dengan Hideo yang dianggap menghambat karir temannya tersebut.

Comment: Konfliknya cuco! Gak biasa. Kalo biasanya kita dipusingkan dengan konflik menyatakan perasaan, maka kali ini kita dihadapkan pada kedua hati yang sudah terpaut, namun terhalang keadaan yang berusaha memisahkan mereka. Hideo yang sempat dipertanyakan perasaanya terhadap Tomohisa, gamang memilih antara apakah benar ia mencintai pemuda tersebut atau hanya berlandaskan belas kasihan karena latar belakang keluarga Tomohisa yang tidak utuh dan pribadinya yang tertutup terhadap orang lain. Tomohisa pun harus memutuskan pergi ke Jerman dalam keadaan masih bertengkar dengan Hideo karena laki-laki tersebut memintanya untuk tinggal, sementara Tomohisa mati-matian menyingkirkan kemungkinan ia menolak peluang karirnya di Jerman, karena pekerjaan ini adalah permintaannya kepada pihak Rumah Sakit yang sudah lama diajukannya.

Rating:★★★★★

other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6 | Recommended Yaoi Manga 7

current song: REMIOROMEN – Beer to Purin
current mood: Males mandi
location: Dai-2 Shimizu Sou

-ijou!-