Holla minna-san.

Kembali lagi dengan saya yang belum merampungkan laporannya, dan malah milih ngerjain rumah baru di sims. Trus juga dengan sangat berdosa-nya nge-order phone-case Yuri!!! On Ice, tanpa mengingat wajah juragan yang mungkin murka kalau tau simpanan saya tersebut dibelikan phone case, bukan tiket pulang *bingung antara mau nangis apa mau ketawa, yang jelas saya yang sekarang mau banget Mas Kengo*

Kali ini, melepas penat sejenak dalam menulis laporan *gils, ngerjain laporan di Jepang sama di Indonesia beda jauh tingkat kesulitannya* saya akan merekomendasikan 10 Doujishi terbaik yang pernah saya baca dari berbagai fandom. Mulai dari fandom yang lawas samapai yang kekinian.

Let’s check it out!

10. ‘Sonna Mahou Atte Tamaru ka?‘ (Kuroo Tetsuro – Tsukishima Kei / Haikyuu!!)

0331g001-s
Sinopsis: 
Yak, satu lagi doujin dengan pairing yang tak biasa. Kali ini datang dari fandom Haikyuu!! yang bahkan ngga saya tonton anime-nya tapi malah suka baca doujinnya (sampah emang ini anak) Kalau pada suka TsukiYama atau KuroKenma, maka saya sukanya Kuroo dan Tsukki. Ngga ngerti kenapa sampe suka pairing ini, tapi yang jelas karena berasal dari sekolah yang bersaing satu sama lain, menjadikan pasangan ini rival tapi jatuh cinta. Love & hate gitu. Bocoran aja sih, biasanya doujin KuroTsuki ini R18nya hot semuah. Jadi yaaa hati-hati (hati-hati apa coba?)
Mengisahkan Tsukishima yang jatuh cinta kepada Kuroo meski pemuda tersebut tidak menyambutnya, menemukan mantan kapten Nekoma tersebut tengah bersama dengan seorang wanita. Alih-alih cemburu, Tsukishima yang cintanya kelewat dalam dengan Kuroo menyanggupi untuk ‘bergabung’ dengan pasangan tersebut. Namun pada akhirnya, luka di hati Tsukishima tetaplah ada.

Comment: Ngga usah dibahas lagi ya, kalau ini anak emang sukanya cerita-cerita angst yang bikin mewek dan alur cerita yang rumit terkadang cenderung tarik ulur. Pada doujin yang ini, saya menyadari satu titik dimana cinta seseorang yang begitu dalam, akan mengacu pada tindakan-tindakan yang mungkin dianggap aneh bagi orang yang melihatnya–bukan mengalaminya. Seperti hal-nya Tsukishima yang tak lagi sanggup cemburu karena entah keberapa kalinya Kuroo bersama wanita lain dan menghancurkan hatinya.

Rating: ★★★

09. ‘7 Days‘ (Inui Sadaharu – Tezuka Kunimitsu / The Prince of Tennis)

0000

Sinopsis: Kembali lagi dengan saya yang merekomendasi-kan pasangan yang tak biasa. Kali ini datang dari sekolah yang menjadi juara pada turnamen Zenkoku terakhir dalam komiknya; Seishun Gakuen. Dengan Inui dan Tezuka yang kali ini memberikan saya ide untuk membuat rekap 10 Doujin terbaik versi saya.
Menceritakan Inui yang menemukan bercak darah pada sprei di kasurnya, dan mengulang ingatan akan semalam (duh aslinya, nulis kalimat yang ini bikin malu walau gue ngetik sendirian) yang menyadari jika bercak darah tersebut merupakan milik Tezuka, langsung menemui pemuda tersebut setibanya ia di sekolah.

Comment: Kenapa saya merekomendasikan doujin ini? Sebenarnya simpel, dan bahkan ngga ada cerita khusus dari doujin yang terdiri dari 14 halaman ini. Hanya menunjukkan cinta tanpa kata-kata dari mereka sajah. Halah. Inui yang mengkahatirkan Tezuka, dan perilaku Tezuka yang tsundere abis, bikin doujin ini fluff maksimal meski ceritanya dibuat seminimal mungkin.

Rating: ★★★

08. ‘Vlapeiya’s Soul‘ (GrahamAker – Neil Dylandy / Gundam 00)

34yvk0y

Sinopsis: Satu persembahan dari OTP saya yang setsunai abis, ngorek-ngorek luka hati, dan super minor; Graham x Neil. Ngga bisa bersatu, karena mereka musuhan. Titik. Tapi mereka unyu maksimal, kalau Graham jatohnya udah ngejar-ngejar Neil dengan manggil dia ‘Hime‘. Terus, kan ending hubungan keduanya ngga happy ending. Yah gitu deh (niat review ngga sih loe?)

Maka itu hubunga keduanya dalam doujin-doujin yang dibuat pun kadang ngga mulus seperti layaknya kisah cinta dalam shoujo manga, genre doujinnya pun ngga jauh-jauh dari kata angst. Seperti doujin 2 volume yang hendak saya rekomendasikan satu ini. Mengisahkan Neil yang mencoba untuk bunuh diri setelah diselamatkan oleh pihak UNION–Graham Aker, pada detik-detik sebelum Gundamnya hancur. Neil yang melukai pita suaranya, pada akhirnya tak bisa berbicara dan mengungkap identitas kepada Graham yang menyelamatkannya karena ia pun kehilangan ingatan sebagai seorang Gundam Meister. Pada volume kedua, semuanya berbalik ketika Graham terluka dalam pertempuran dan memilih untuk mati karena ia sudah kehilangan teman-temannya. Maka, Neil-lah yang menenangkan dan menyelamatkan jiwa Flag Fighter tersebut.

Comment: Ngga cuma ini yang bagus kok, rata-rata doujin Guraniru itu bagus karena jalan ceritanya yang rumit dan permainan emosi di dalamnya, meski art-nya kadang kurang memuaskan. Namun pada akhirnya emosi saya berhasil meluap dan OTP saya tetap kandas. Ada pula satu doujin yang menceritakan dimana mereka berdua saling menjalin hubungan saat bertemu di bumi, tanpa Graham tau jika Neil adalam pilot Gundam yang merupakan anggota Celestial Being–musuh UNION, dengan memalsukan identitas bahwa Neil mengaku bekerja sebagai kameraman. Itu juga angst sih. Yah pokoknya, dimanapun fans GuraNiru berada, you’re not alone. //tsaah

Rating: ★★★

07. ‘Okubyou mono no Akai ito’ (Kuroo Tetsurou – Sawamura Daiichi / Haikyuu!!)

2

Sinopsis: Simpel, karena Daiichi yang kalem, dan Kuroo yang masabodo, membuat saya melihat ada hubungan yang tak terbicarakan di antara keduanya.

Dalam doujin yang hendak saya rekomendasikan kali ini, Daiichi dan Kuroo, keduanya bertemu saat pertandingan antar kedua tim, dan dari sana keduanya mulai berhubungan melalui ponsel sebagai sesama kapten. Setelah keduanya lulus sekolah, Kuroo memasuki universitas yang sama dengan Daiichi, dan bahkan keduanya memiliki apartemen yang bersebelahan karena tempat kerja mereka yang berdekatan.
Kebetulan-kebetulan inilah yang mendekatkan keduanya, yang bisa dibilang telah terjalin benang merah antar kedua mantan kapten tersebut. Sampai suatu malam Kuroo yang pulang dibantu Daiichi dalam keadaan mabuk, mencoba menyerang pemuda tersebut dan mereka berakhir dengan tidur bersama. Keduanya yang belum menyadari perasaan masing-masing, hanya menganggap malam mereka tersebut sebuah lelucon dan tidak menanggapinya dengan serius. Sampai akhirnya keduanya dihadapkan pada mutasi kerja yang memisahkan mereka.

Comment: Agak-agak setsunai, meskipun happy ending. Artnya bagus buangeeettss. Saya kasih 9/10 kayaknya. Rapi, jernih, ikemen!! Namun sayangnya di sini, happy ending yang terlalu dipaksakan tanpa hambatan. Menjadikan emosi yang tadinya hampir klimaks mau mewek, jadinya kayak ‘oh happy ending?‘ gitu. Namun saya salut sekali ada yang buat doujin dari pairing yang tak biasa ini, dan berhasil buat saya jatuh cinta dengan ceritanya.

Rating: ★★★

06. Unknown (Sanada Genichirou – Yukimura Seiichi / The Prince of Tennis)

25827721_big_p18

Sinopsis: Aslinya ngga tau judul doujin ini apaan. Yang jelas, doujin ini menceritakan pasangan favorit saya sepanjang masa yang paling bikin kokoroh berantakkan tak beraturan (karena GuraNiru sudah beres, dan Victuuri itu happy ending dan canon meski agak dipaksakan) tapi Alpha ini katanya sih bersama, tapi di saat-saat yang mereka harus bersama, malah dipisahkan sama si pengarang. Daebak loh om Konomi.
Berkisah tentang ketika Sanada menikahi seorang wanita yang dijodohkan dengannya, dan para reguler Rikkai di masanya datang untuk mengucapkan selamat. Akaya yang mengingat Yukimura tak bisa hadir dalam upacara pernikahan fuku-bucho nya ini, kembali mengingatkan Sanada akan kejadian beberapa tahun lalu, dimana Yukimura yang mengatakan kepada Sanada jika waktunya sudah tiba. Meski saat itu mereka belum lulus, Yukimura menghilang begitu saja dari pandangan Sanada setelah ia mengatakan ‘sampai jumpa‘. Sanada yang mencari sang Kami no Ko tersebut, tak berhasil menemukannya dimana pun.

Comment: Endingnya bikin baper, dan sasuga Yukimura yang jago banget bikin orang bersalah. Ketika Sanada membacakan pidato-nya sebagai seorang pengantin baru, dan ia mengucap ‘saya bersumpah kepada dewa,‘ Yukimura membalas dengan ‘kau bersumpah kepadaku?‘. Dan endingnya kayak, ‘kenapa bukan kalian aja yang nikah siiihh’. Sebenernya sama seperti GuraNiru, dimana rata-rata doujin Alpha itu angst (Alpha aja loh ya. Kalo udah Rikkai, itu sih rata-rata jokes garing semua) Ada beberapa yang saya suka di samping doujin ini, seperti cerita ketika mereka masih kecil, dan pertama kali mereka jatuh cinta. Unyu semuaaa. Tapi rata-rata gitu, selalu bercampur dengan kesedihan dalam alur ceirtanya.

Rating: ★★★★

05. ‘Kizu Ato, Sono Ato‘ (Nagasone Kotetsu – Hachisuka Kotetsu / Touken Ranbu)

0327g001-s
Sinopsis: Kapan lagi coba, seorang gue merekomendasikan fandom yang kekinian. Satu lagi doujin yang saya rekomendasikan tanpa melihat manga maupun anime-nya; Touken Ranbu. Pairing yang entah-dapet-darimana-karena-iseng-wara-wiri-di-mangago ini, bikin saya sukses jatuh hati pada bacaan pertama. Ngga tau cerita persisnya sih, so saya sinopsiskan dengan bahasa dan pengetahuan sendiri.
Hachisuka yang terluka hatinya karena sang kakak–Nagasone yang membohonginya di masa lalu, mengacuhkan keberadaan Nagasone yang mulai saat sekarang ini tinggal bersamanya. Sampai pada satu ketika Hachisuka yang berjuang sendirian melawan musuh, terluka parah dan tak lagi mampu bertarung. Dalam keadaan terdesak inilah Nagasone datang untuk menyelamatkan saudaranya tersebut.

Comment: Bukan incestnya, asli. Karena pada dasarnya saya ngga suka incest. Namun, apa yang bikin baper di sini itu, adalah masa lalu mereka yang bikin Hachisuka jadi menurup diri terhadap Nagasone meski laki-laki tersebut sudah meminta maaf dan berusaha memperbaiki hubungan mereka. Pada akhirnya happy-ending-angst cuco juga untuk dinikmari dengan bumbu tarik-ulur hubungan mereka.

Rating: ★★★★

04. ‘Hatsukoi‘ (Kabaji Munehiro – Atobe Keigo/ The Prince of Tennis)

2576621936827156095

Sinopsis: Jangan tanya kenapa saya suka pairing ini. Karena art mereka baguuusss //plak. Ngga tau ya, tapi kalo download doujinnya KabaAto, pasti selalu dapet yang artnya bagus. Karena artnya bagus, dan hubungan di antara mereka yang ngga biasa, saya jadi melting dan sukak sama mereka. Jalan ceritanya juga kadang ngga simpel, meski ada beberapa yang PWP.
Di doujin yang berjudul Hatsukoi ini, mengisahkan jika Atobe tak lagi membutuhkan Kabaji. Kabaji yang tak terima dengan perlakuan Atobe, mempertanyakan maksud tindakan pemuda tersebut, dan berakhir dengan pertengkaran dingin di antara keduanya. Dengan begini, anak-anak Hyoutei lainnya lah yang merencanakan perjalanan untuk menginap di onsen, dengan dalih upacara kelulusan dan penyerahan klub tenis terhadap murid tahun kedua meski tujuan sebenarnya adalah membuat sang kapten berbaikan dengan Kabaji. Kehabisan ide untuk membuat keduanya berbaikan, topik cinta pertama pun menjadi bahan obrolan, dengan harapan dapat mencairkan suasana dan membuat Kabaji bikan berbaikan dengan Atobe, meski hasil yang didapat berkebalikan dan membuat keadaan semakin memburuk.

Comment: Sukak banget sama doujin-doujin mereka. Entah kenapa kalo di doujin, Kabaji jadinya ganteng bingits. Percaya deh. Awalnya ngga percaya gitu dan cenderung geli pas dengan ada pairing KabaAto, kayak ‘huh?‘. Tapi ngga disangka-sangka ternyata pairing ini unyu bingits. Kalo boleh berkelakar, pairing mereka mengingatkan saya dengan pairing Doumeki-Yashiro. Pairing kayak gini nih, yang kadang bikin deg-degan kalo lagi baca manga. Sebenarnya saya lebih suka imperial dimana Atobe jadi seme terhadap Tezuka. Tapi kalo dilihat-lihat kembali, rasanya unyu juga kalo lihat Atobe jadi uke dibawah Kabaji.

Rating: ★★★★

03. ‘Spit Out Your Soul‘ (Zoro – Sanji / One Piece)

spit-out-your-soul-1-00

Sinopsis: Meski bukan number one OTP seperti Alpha Pair, namun rasa-rasanya kalau masalah the best doujin, akan saya berikan kepada pasangan ini karena hampir semua doujin nya bagus dan menguras emosi. Tak terkecuali ‘Spit Out Your Soul‘ ini.
Mengisahkan Zoro yang tengah minum pada sebuah bar karena Merry tengah berlabuh, diracun oleh sekelompok orang yang mengaku ingin balas dendam terhadapnya. Zoro yang kala itu masih bisa menguasai dari racun yang diberikan, berhasil pulang ke Merry dan mengurung diri di dapur. Nami yang bermalam di hotel, kembali ke kapal untuk mengambil buku yang ingin ia tunjukkan kepada Robin, menemukan sang swordsman yang tengah mengurung diri.
Namun Zoro yang tak lagi mampu menahan diri, segera menyerang Nami. Teriakan gadis tersebut terdengar oleh Sanji yang kebetulan tengah menyiapkan kudapan, dan menemukan Nami yang tak berdaya diserang oleh pemuda berambut hijau tersebut. Meski sempat tak bisa menahan diri, namun Zoro akhirnya tersadar dan menyuruh keduanya pergi sebelum ia lepas kendali sepenuhnya. Sanji yang mengkhawatirkan Zoro pun kembali ke kapal dan menghadapi sang swordsman seorang diri, yang menyebabkan Zoro menyiksanya diluar bayangan Sanji hingga ia mencekik Sanji hingga kehabisan nafas.

Comment: Engap bacanya. Emosi abis!! Di satu sisi Zoro yang dibawah pengaruh racun, memang ngga bisa sepenuhnya dipersalahkan, namun Sanji yang terluka pun tak bisa sepenuhnya dibela, karena sebelumnya Zoro menyuruhnya untuk menjauh dan tak kembali lagi demi keselamatan sang juru masak. Pada akhirnya, cinta keduanya yang saling menyelamatkan mereka dari kejadian yang tak diinginkan keduanya tersebut.

Rating: ★★★★

02. ‘Kanashii Ma Mono‘ (Aomine Daiki – Kise Ryota / Kuroko no Basuke)

20130316213549_3fyuz-thumb-700_0

Sinopsis: Menceritakan OTP saya dalam fandom ini. Entah kenapa, kalau baca tipikal OTP Aiko itu antara angst karena mereka ga bisa bersatu, atau tipe Love-Hate. Pada keseharian yang saya baca di doujin (secara gue ga baca komik sama nonton anime-nya) Aomine dan Kise ini adalah tipe love-hate, yang tak jarang memiliki alur doujin cerita yang angst, seperti doujin yang saya rekomendasikan satu ini.

Mengisahkan Aomine yang sudah menjalin hubungan selama 8 tahun (atau 7 tahun?) bersama Kise dan hidup bersama dengan pemuda berambut kuning tersebut. Suatu hari, mereka diundang Kuroko yang telah menjadi seorang ayah, karena Momoi Satsuki–sang istri telah melahirkan seorang bayi laki-laki. Kise yang melihat kehidupan bahagia sahabatnya tersebut, mulai mempertanyakan idealisme hubungan mereka. Bahagiakah ia dengan Aomine tanpa seorang anak?
Kise yang merasa menahan Aomine untuk tidak memiliki hubungan yang normal, memutuskan untuk menarik diri dan meninggalkan Aomine sendirian, agar kelak pria tersebut dapat menemui wanita yang dicintainya untuk kemudian mereka menikah dan hidup layaknya keluarga normal seperti Kuroko dan Momoi.

Comment: Perih anjir bacanya.
Selain art-nya yang dewa, permainan psikologis dari seorang Tanaka Ogeretsu memang hacep. Emosi saya dibuat campur-aduk dengan tarik ulur hubungan AoKise. Dari doujin ini, saya menyadari ke-insecure-an seseorang pasti selalu hadir dalam sebuah hubungan yang menghasilkan ketidak-percayaan diri dan akhirnya berujung dengan putus hubungan yang bukan disebabkan oleh orang ketiga, melainkan pemikiran salah satu pihak. Duh bahasa gue. Di sini, kita dipertanyakan sebuah hubungan, dan ukuran kebahagiaan. Apakah kita bahagia? Apa definisi bahagia? dan harus bagaimana untuk bisa menjadi bahagia? Dan jawaban dari semua itu hanya bisa ditemukan dalam diri sendiri.

Rating: ★★★★

01. ‘Boukyaku Countdown‘ (Zoro – Sanji / One Piece)

one_piece_dj_boukyaku-countdown_v01_p003

Sinopsis: Doujin paling resek yang pernah saya baca! Kembali lagi dengan ZoSan yang saya rekomendasikan, Boukyaku Countdown, mengisahkan Sanji yang tersesat pada sebuah hutan, menemukan penyihir wanita yang dengan tanpa alasan merebut memori dari dalam dada sang juru masak.
Sanji yang terbangun dari tidurnya, menyadari jika itu semua adalah mimpi. Namun perlakuannya terhadap Zoro berubah, karena laki-laki berambut hijau tersebut merasa jika Sanji bersikap lebih dingin kepadanya. Pada suatu malam, Sanji kembali bertemu dengan sang penyihir yang kembali mencabut memorinya, yang menyebabkan Sanji tak mengingat hubungan antara ia dengan Zoro. Dan memori-memori yang terambil darinya adalah perasaan dan kenangannya terhadap orang-orang yang dicintainya. Sampai satu ketika sang penyihir mengambil memori ingatan Sanji akan dirinya sendiri.

Comment: Lelah anjir bacanya. Tarik ulurnya bukan cuma dari Zoro yang merasa Sanji tidak bersikap seperti biasa, namun juga dari misteri sang penyihir dan keadaan Sanji yang menjadi teka-teki karena sang penyihir tak bisa dilihat siapapun selain Sanji. Pertarungan antara sang penyihir dan Zoro yang begitu gigihnya memperjuangkan untuk kembalinya memori-memori sang juru masak bikin emosi ini teraduk abis-abisan. Worth to read banget!!

Rating: ★★★★★

current song: Kato Kazuki – Aikotoba
current mood: Ngga mau ngampus
location: Dai-2 Shimizu-Sou

-ijou!-