Minna-san, konnichiwa.

Tidak terasa kini kita telah tiba di penghujung tahun 2018. Tahun favorit saya, karena apa? Karena endingnya 18. Hahah *garing* Sebenarnya tahun ini lumayan spesial untuk saya selain masih menjomblonya saya belum ketemu Keiji lagi //HEH

Di tahun 2018 ini banyak sekali pertemuan baru untuk saya, dan banyak sekali mimpi yang terwujud. Saya wisuda, dan mendapatkan kerja di tahun ini. Saya berhasil ke Jepang lagi meski harus rela terdampar di Hokuriku yang dinginnya kebangetan bikin tagihan listrik menangis. Di tahun 2018 ini, saya masih cinta Keiji //plak dan masih menjadi fujo yang kini statusnya turun menjadi fujo diam-diam (kalau dulu koar-koar bangga)

Banyak rasa syukur yang ingin saya utarakan beserta terima kasih-terima kasih yang tak bisa langsung terucap kepada pembaca blog ini. Postingan saya yang mengenai komik terutama yaoi paling banyak laku, sampe ngejedur ke angka 100 pembaca per-harinya. Dibanding dengan blogger-blogger tenar, angka tersebut masih kecil, namun saya tetap bersyukur dan ingin sekali berterima kasih terhadap para pembaca terutama yang setia pada blog ini.

Di penghujung tahun 2018, izinkan saya kembali merekomendasikan komik yang sebenarnya draft nya sudah ditulis dari setengah tahun yang lalu, namun baru kesampaian sekarang karena baru libur (lagi)

Silahkan menikmati rekomendasi laknat manga homo saya.

other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6
| Recommended Yaoi Manga 8

10. Soredemo Suki desu Kasahara san by Omaru (Complete) 

5fggjikSinopsis:
Akiyama adalah seorang Alpha yang menjadi andalan divisinya dalam mengerjakan hal apapun, karena tidak ada lagi pria alpha seperti dirinya dalam divisi tersebut. Adalah Kasahara yang mendengarkan semua kejengahan Akiyama di kantor dan menemaninya minum-minum sepulang kerja. Tanpa Akiyama ketahui jika Kasahara juga merupakan teman satu kantornya. Terpesona pada kebaikan Kasahara yang merupakan seorang omega, Akiyama menyatakan perasaannya terhadap lelaki tersebut. Yang tanpa disangka-sangka, ditunda oleh Kasahara yang ia pikir juga menyukai dirinya tersebut.
Di sisi lain, Kasahara memiliki pengalaman kurang mengenakkan sebagai omega. Sang ibu menyesal telah melahirkan dirinya sebagai omega, dan Kasahara kerap memancing Alpha disekitarnya untuk melecehkannya karena pheromone yang sangat kuat, kecuali Akiyama yang terang menyukainya karena kehangatan dan kebaikan Kasahara.

Komentar:
Awalnya saya tidak tahu kalau komik ini saya rekomendasikan sendiri. Sebelum post ini dengan serius saya garap, baru sadar jika saya memasukan judul yang sudah lama saya baca namun lupa akan kansou dan jalan ceritanya ini, akhirnya saya baca ulang.

Segi artwork nya klasik. Macam manga shonen tahun 1990 atau awal 2000 an. Pembukaan cerita dibawakan dengan gaya komikal, dimana ekspresi para tokohnya ekspresif. Dan menurut saya ini komik yang ringan untuk dibaca. Konflik di dalamnya sebenarnya tidak terlalu rumit, namun menuju pertengahan akhir cerita, entah mengapa jalan cerita menjadi sedikit lebih rumit untuk saya cerna. Teraduknya bersamaan konflik dalam diri Kasahara yang melibatkan sang ibu dan Akiyama, tanpa bisa saya pahami. Sebenarnya ini konflik batin, yang tidak melibatkan sesiapapun secara langsung.
Worth to read, meski mikir dulu.

Rating: ☆☆☆

 

9. Ren’ai Nante Yurushimasen by Suzaka Shina (complete)

dvpimjzuqaawqjr

Sinopsis:
Todou dan Kirishima merupakan teman lama yang saling mengenal sejak masa kuliah. Kirishima yang brother complex ini, menyimpan rahasia Todou yang merupakan seorang gay, dan hal ini tidak banyak diketahui publik. Selesai kuliah, mereka bekerja di perusahaan yang sama dan Kirishima sering kali mengajak Todou untuk minum-minum selesai bekerja hanya untuk mendengarkan keluhannya mengenai hal percintaan, dan hal mengenai sang adik; Hokuto.

Suatu kesempatan Todou mengantarkan Kirishima yang mabuk, dihampiri oleh Hokuto tanpa sepengetahuan Kirishima, yang berujung kepada Hokuto dan Todou yang saling bertukar pesan singkat, dan menumbuhkan kecurigaan Kirishima diantara keduanya. Mungkinkah sang adik keayangan menjalin hubungan khusus dengan teman dekatnya sedari masa kuliah ini?

Komentar:
Kalo boleh jujur, ini cerita adalah konomi gue banget. Dimana terjadi tarik ulur dan plot twist yang tidak berkesudahan, menggairahkan dan tidak seperti kebanyakan cerita lainnya. Well memang tipenya merupakan tipe manga humu kebanyakan; kataomoi. Namun, proses dan benang merah yang terjadi diantaranya merupakan santapan lezat buat saya yang cinta angst ini.

Todou yang sudah memendam lama perasaannya kepada Kirishima, tidak mau mengajak Kirishima ke pada sisi kehidupannya yang merupakan seorang gay, sementara Kirishima yang belum siap menerima perginya Todou dari kehidupannya, terang-terangan mengajak sahabatnya tersebut untuk kencan yang malah ditolak mentah-mentah oleh Todou untuk alasan di atas. Berdua sebenarnya saling mencintai, meski Kirishima ragu apakah perasaannya ini hanya cemburu semata, dan Todou yang tak mau merusak kebahagiaan idealis pria straight tersebut hanya untuk berpacaran dengannya. Namun endingnya, sebanyak 4 chapter terakhir saya membacanya dengan perasaan berdesir akan perihnya dua hati yang tidak bertemu ini.

Rating: ☆☆☆☆

8. Hinadori wa Shiokaze ni Madoromu by Minazuki Yuu (complete)

x

Sinopsis:
Tachibana Yuuichi adalah seorang pria single yang memutuskan untuk pindah tempat tinggal menuju daerah tepian pantai bersama dengan sang keponakan; Ayumu yang masih berusia Sekolah Dasar. Di tempat baru inilah Yuuichi bertemu dengan sang pemiliki Souzaiya (toko lauk pauk) Kurebayashi Ryou. Berawal dari perbincangan singkatnya dengan Ryou, Yuiichi mulai dekat dengan pria yang ia percaya memuliki aura seorang host. Tak hanya Yuuichi, Ayumu juga sering menghabiskan waktunya dengan Ryou di tepian pantai ketika ia merasa sulit berteman dengan anak-anak sebaya-nya. Ryou yang ternyata memiliki masa lalu yang sama dengan Ayumu dimana ia ditinggal oleh orang tuanya, tak ingin merebut Yuuichi yang mulai ia sukai, dari sisi Ayumu. Menyadari hal itu, Ryou pun mulai menjauh dari keduanya.

Komentar:
Satu lagi dari Minadzuki Yuu yang saya bolehlah saya akui memiliki jalan cerita yang bikin cenat cenut. Sebut saja kedua karyanya terdahulu; Sayonara Game dan Change the World. Ketiga karyanya yang sudah saya baca ini memiliki satu plot line yang sama; pergi ketika lagi sayang-sayangnya.

Dalam cerita ini pun saya lebih related kepada Ryou yang menarik diri karena tidak mau menghancurkan image bahagia Yuuichi yang tengah merawat Ayumu dan kelak Yuuichi yang straight ini pun akan menikah dan membangun sebuah keluarga baru. Tidak seperti Ryou. Meskipun begitu, ending dari ceritanya memang sudah ketebak dimana mereka akan hidup bahagia selamanya.

Rating: ☆☆☆

7. Remnant / Pendulum (Kemonobito Omegaverse) by Hasumi Hana (ongoing/complete)

Sinopsis:
Cerita yang beralter dimana manusia, dan jelmaan binatang buas setengah manusia dapat hidup secara berdampingan. Selain itu pula omegaverse yang terlibat di dalamnya, dimana tingkat fertilisasi kemono (jelmaan binatang buas) lebih rendah daripada manusia, yang menyebabkan Alpha kemono yang berada pada tingkat bangsawan, berhak membuahi Omega dengan garis keturunan yang bagus, untuk kelangsungan jenis mereka.

Pendulum (Completed)
Adalah Kai yang merupakan seorang manusia yang dibuang oleh keluarganya karena ia merupakan seorang Omega yang lahir di tengah-tengah keturunan Alpha. Sang ayah menyerahkannya kepada Roald (saya bakal mengetiknya Ruado sesuai dengan ejaan Jepang) dengan harapan kelak Kai akan menjadi bearer yang baik bagi keturunan keluarga Ruado nantinya. Kai yang saat itu berusia masih sangat muda, Ruado menyerahkan anak tersebut kepada Baron; seorang rubah Beta yang baik hati dan kelak mengurus Kai hingga ia beranjak dewasa.

Di saat Kai beranjak dewasa, ia mulai memahami jika keberadaannya di mansion Ruado adalah untuk menjadi pasangannya, namun pertemuannya dengan Daath–pasangan Judas yang merupakan jenis yang sama dengan Ruado dan tinggal di bangunan yang sama, mengajarkan Kai jika tiba masanya Kai untuk memiliki pasangan maka ia harus segera berpasangan dengan Alpha yang berada di dekatnya untuk menekan pheromone yang dapat membuatnya pingsan jika tidak segera ditangani. Namun sekali saja Kai berpasangan, maka Alpha tersebut akan menjadi pasangannya seumur hidup.

Kai yang ingin berpasangan dengan Ruado, patah hati ketika Ruado memintanya untuk tidak memikirkan hal tersebut dikarenakan masa nya belum tiba dan Kai juga belum cukup dewasa. Dlam keadaan patah hati tersebut, masa Kai untuk berpasangan dengan Alpha pun tiba tanpa Ruado berada di dekatnya.

Remnant (Ongoing)
Mengisahkan Daath yang merupakan seorang yatim yang memiliki 2 adik yang berusia lebih muda darinya. Mereka dibesarkan di sebuah gereja bersama kemono yang mereka panggil Ayah.

Suatu hari Daath keluar mencari obat untuk sang adik yang mengalami sakit. Pheromone Omega milik Daath keluar saat dirinya tengah berada dikerumunan, dan hal itu dapat mengundang banyak Alpha untuk berpasangan dengannya. Judas yang saat itu tengah berada di dekat Daato, terpaksa menggigitnya untuk menyelamatkan Daato dari serangan Alpha lain, karena dengan demikian, Daato tak akan diserang oleh Alpha lain ketika tengah mengeluarkan Pheromone.

Hal itu menyebabkan Daato menjadi pasangan Judas tanpa direncanakan. Daato yang sudah digigit Judas, tak bisa lagi kembali ke tempat ia berasal karena adik-adiknya menolak Daato untuk kembali, dan akhirnya memutuskan untuk tinggal bersama Judas. Kepribadian sembrono Judas, membuat Daath tak betah berada di mansion tersebut, apa yang dipikirkannya setiap hari hanyalah melarikan diri dari jelmaan binatang buas tersebut.

Komentar:
Komik dengan serie kemono bito dimana manusia dan jelmaan binatang buas yang memiliki alur cerita dan penggambaran emosi yang cukup membuat saya tanpa sadar membacanya sampai habis. Baik Pendulum, dan Remnant, memiliki alur dan emosi yang sama, meski saya pribadi lebih menyukai cerita Remnant. Pada Pendulum, cerita dibangun dengan suasana ‘cheesy‘ dimana Ruado adalah seorang jelmaan Serigala yang bijak dan kalem, sementara Kai adalah seorang anak lugu yang mana hatinya hanya tertuju kepada Ruado seorang.

Namun pada ‘Remnant‘ kita dihadapkan kepada Daato dan Judas yang ‘tercebur’ pada kenyataan bahwa mereka menjadi pasangan karena keterpaksaan keadaan kala itu, bukan dari keinginan sendiri seperti Ruado dan Kai. Setelah menjadi pasangan, hubungan mereka pun tak mendadak romantis. Judas yang digambarkan sembrono, kerap memaksa Daath untuk behubungan dengannya, sementara Daath sendiri memiliki sifat memberontak; tak menerima keadaan begitu saja. Namun diam-diam, dibalik itu semua, Judas memiliki sisi perhatian yang jarang ditunjukan kepada Daato, dan Daato pun menyadari jika Judas selama ini bersikap baik hati terhadapnya dengan menerimanya yang merupakan seorang Omega dari kalangan bawah.

Saya pribadi lebih menyukai versi Remnant yang mana romantismenya tidak semanis Pendulum, namun bikin hati deg-degan dan gerah-gerah gemes(?) gitu bacanya //apasihyas

Rating: ☆☆☆☆

6. Bokura wo Hedateru Ao to Shiro by Kiyuhiko (complete)

8e2b2779c36e3df8e34f9931b855cce2
Sinopsis: Ishizaki yang melanjutkan kuliah di Tokyo, kembali ke pulau kecil tempatnya tumbuh setelah 7 tahun tak berpulang. Di pulau tersebut, Ishizaki tak menemukan Mishima yang merupakan teman sekolah yang dulu sempat disukainya, dan kini nyatanya ia pun masih menyimpan perasaan tersebut. Mishima yang berubah menjadi pendiam ini, kini tinggal di mercusuar tepi laut untuk menggantikan tugas sang kakek yang sudah wafat. Ishizaki yang menemuinya kembali pun ditolak oleh Mishima yang menarik diri dari pergaulan sosial di sekitarnya.

Perasaan Ishizaki yang sedari dulu tidak berubah terhadap Mishima pun, mulai menarik pemuda tersebut dari kesendiriannya.

Komentar: Di awal kisah, Ishizaki mengatakan jika ia berbohong telah menyukai Mishima. Meski terkesan main-main, kala itu Ishizaki tengah menjalin hubungan dengan Mishima. Entah apa motif sebenarnya dari tujuan Ishizaki mengungkapkan kebohongannya lalu pergi ke Tokyo selama tujuh tahun. Mishima yang akhirnya mengunci diri di Mercusuar pun memberikan kesan angst dalam cerita ini.

Untuk saya, meski tidak terlalu mengagumi artwork cerita ini, namun kisah sedari chapter pertama pun sudah membuat hati cenat cenut sampai akhir. Konstan. Mungkin karena hubungan yang dijalin ketika mereka masih terbilang muda dan belum sanggup menyatakan perasaan masing-masing, jadi bumbu angst tersendiri untuk saya yang memang menikmati kebenaran tersembunyi dibalik kebohongan jika mereka memang benar-benar mencintai satu sama lain.

Rating: ☆☆☆

5. Fujunai Process by Koyubi (complete)

cxnio4kuoaab7bu
Sinopsis: Serizawa adalah seorang mahasiswa yang menganggap kelas Utsumi-sensei adalah mata kuliah yang membosankan, sampai Serizawa yang tanpa sengaja menemukan Utsumi yang tengah mencium seorang pria yang kelak diketahui pria tersebut adalah sesama rekan pengajarnya. Serizawa yang kaget mendapati dosen dihadapannya ini adalah seorang gay, membeberkan fakta jika semalam ia mendapati Utsumi tengah mencium seseorang terhadap dosen muda tersebut. Utsumi yang tak enak hati, akhirnya mengajak mahasiswa nya ini untuk makan malam bersama. Karena belum puas minum, Serizawa pun akhirnya mengajak dosennya tersebut untuk kembali minum-minum di kediamannya. Sampai akhirnya tak sadarkan diri, Serizawa tertidur pulas, yang akhirnya dijadikan kesempatan Utsumi untuk menyentuh pemuda tersebut karena sebelumnya Serizawa mengungkapkan jika ia sama sekali belum pernah melakukannya.

Pada pagi berikutnya, semuanya terasa normal, yang membuat Serizawa tak percaya jika semalam dosennya tersebut baru saja menyentuhnya, padahal Utsumi dipercayainya telah memiliki kekasih. Namun pacar yang Serizawa anggap, bukanlah demikian. Tomoya–pria tersebut, sudah memiliki istri dan menjadikan Utsumi sebagai pelariannya. Di tengah-tengah itu pula, Serizawa menyadari perasaannya terhadap Utsumi yang lalu ditolaknya karena ketakutan Utsumi akan hubungannya yang baru saja kandas dengan Tomoya.

Komentar:
Hubungan guru-murid, perbedaan usia, serta skandal yang terjalin dengan pria straight, selalu menjadi bumbu ranum cerita humu yang saya nikmati. Dalam cerita ini, semuanya termasuk ditambah plot twist yang lumayan berlapis. Cerita tidak serta merta memiliki satu garis lurus, namun juga cabang-cabang yang menghubungkan jalinan cerita lainnya.

Berawal dari Serizawa yang menemukan dosennya memiliki orientasi seksual yang tidak sama, berlanjut dengan mengenalnya lebih dalam. Utsumi yang berkepribadian kaku di kelas dan terkesan misterius pun, akhirnya mulai dikenal Serizawa satu per satu cerita lain kehidupannya. Hubungannya dengan Tomoya, membuat Serizawa kepikiran mengenai perasaan dalam hatinya, smapai akhirnya ketika ia menyadari bahwa ini adalah rasa suka, Utsumi malah memintanya untuk tidak menemuinya terlebih dahulu.

Secara artwork, cerita ini didukung sekali dengan postur Utsumi dan Serizawa yang feastable untuk penglihatan.

Rating: ☆☆☆☆

4. Renchin! by Kakine (complete)

91pAe2SB6OL

Sinopsis: Mengisahkan Kami, yang selalu makan siang sendirian padahal ia membawa banyak sekali makanan. Rekan kerjanya menjauhinya karena Kami adalah seorang gay. Kami memutuskan menutup diri setelah pria yang disukainya–Sakura memutuskan untuk menikah dan berhenti berhubungan dengannya.

Hingga datanglah seorang reporter kuliner; Waki ke apartemennya pada suatu malam. Waki memuji masakan Kami yang begitu enak, meski ia tidak memiliki cita rasa yang peka terhadap makanan. Melihat wajah Waki yang begitu bahagia ketika menyantap masakannya, ia memutuskan untuk jatuh hati terhadap Waki.

Komentar: Meski alur ceritanya tergolong ringan–dan tipikal, Renchin! cukup membuat saya nyeri hati litterally saat membacanya. Ada perasaan ketika hati saya menyusut(?) saat Kami menyadari jika dirinya yang gay ini tidak bisa mencintai siapapun karena pria yang disukainya berakhir dengan pernikahan.

Ketika Waki datang ke hadapannya, ia merasa takut untuk kembali membuka hati karena pria yang disukainya selalu berakhir dengan pernikahan. Maka ketika Waki mulai menghapus jarak diantara mereka, Kami memilih untuk mengisinya kembali dan melarikan diri dari Waki.

Makanan di dalam komik ini juga digambarkan dengan enak. Sembari baper saya juga jadi laper.

Namun komik ini memiliki kaiketsu apa ya…. problem solving yang bagus–menurut saya. Kami menghadapi Sakura yang masih jatuh cinta dengan masakannya meski sang istri tengah berusaha memasak yang terbaik untuk keluarganya. Sedangkan Waki, ia menunjukkan kesungguhan perasaannya pada Kami dengan apa yang ia bisa.

Rating: ☆☆☆☆

3. Konomi Janaka-to by Mita Homuro (complete)

81QT-2Bla1jL

Sinopsis : Kimura Yukinori adalah kepala perusahaan pengganti sang ayah yang jatuh karena kelelahan bekerja. Yukinori kembali pada kampung halamannya di Kyushu demi membantu sang ayah yang kini dirawat di rumah sakit. Dengan pengalaman minim, ia memimpin sementara perusahaan welding milik sang ayah. Yukinori yang tidak tahu hampir apapun mengenai pekerjaan sang ayah, banyak terbantu dengan hadirnya Maki Junichirou–sang kepala pabrik yang keberadaan (awalnya) mengitimidasi Yukinori.

Seiring berjalannya waktu, Yukinori dan Maki pun menjadi akrab dan mengutarakan perasaannya satu sama lain. Namun keberadaan Yukinori di Kyushu hanyalah sementara karena ia hanya cuti sesaat dari kantornya di Tokyo.

Komentar: Secara keseluruhan, saya menikmati sekali komik ini, artworknya bagus dan mengangkat cerita sebuah perusahaan welding yang berdiri dalam skala kecil. Meski alur ceritanya tergolong tipikal, saya sangat menikmati jalannya yang sederhana–dimana Yukinori yang masih awam dengan jenis pekerjaan perusahaan sang ayah, dan tidak mengetahui apapun ini, berusaha menjadi direktur pengganti yang baik dan dapat diandalkan para bawahannya. Maki, kalo boleh jujur, memiliki fitur tubuh kesukaan saya (hehehehee) yang tegap dan memelihara sedikit jenggot-kumis dan doyan merokok. Tak hanya itu, pasangan Maki-Yukinori adalah favorit saya, dimana sang uke bertubuh slender dengan sang seme yang tipikal manly tegap. Karakter Maki yang galak-galak unyu ini, membuat saya menikmati perkembangan kimia reaksi antara ia dengan sang direktur pengganti.

Jalan cerita yang ringan, tanpa drama yang kental, ada kalanya begitu saya nikmati dan cocok untuk hati berbunga.

Rating: ☆☆☆☆

2. Keeping His Whims in Check by Pii (complete)
KeepingHisWhimsInCheck_cvr_011
Sinopsis: Shinonome Yuto
adalah seorang yang narsis yang mengira wanita manapun bisa jatuh cinta dengannya. Sampai pada suatu ketika ia bertemu dengan Tamaki; seorang pemuuda pekerja seks komersial yang merebut hatinya. Namun Tamaki nampak tidak peduli dengan kehadiran Yuto dan cenderung mengabaikannya. Sampai satu ketika Tamaki yang tengah dipukuli oleh mantan kliennya, berhasil ditolong oleh Yuto dan diizinkan untuk tinggal bersama dengannya. Tamaki yang tidak enak hati berusaha membayar uang sewa paruhan tempat tinggal Yuto, meski pria tersebut tidak mengharapkannya. Sampai suatu ketika Tamaki menghilang tiba-tiba…

Komentar: Komunikasi yang tidak lancar adalah awal dari hubungan yang bergenre angst. Jalan ceritanya sederhana dengan alur yang ketebak. Namun justru hal inilah yang membuat komik ini dapat dinikmati sebagai bacaan ringan (karena bacaan berat gue adalah Saezuru Tori wa Habatakanai) Meski terbilang ringan, sosok Yuto yang enggan menyatakan perasaannya, dan Tamaki yang minim ekspresi, membuat hati sempat cenat-cenut tatkala keduanya tak mampu mengungkapkan perasannya.

Rating: ☆☆☆

1. Nigemichi wa Kochira by Moto Haruhira (complete)

DDvLvYOUwAAvObu

Sinopsis: Hirumaki adalah seorang pegawai fudosanya (real estate) yang kembali bertemu dengan teman semasa sekolahnya; Yoigoshi Yukio, pada tempat kerja yang sama. Yoigoshi dikenalnya sebagai pribadi yang kawai. Namun nyatanya Yoigoshi menghindari Hirumaki dengan alasan yang tidak diketahui oleh Hirumaki sendiri, dimana pada masa sekolah ia pernah memaksakan kehendaknya kepada Yoigoshi sehingga pemuda tersebut tidak menyukai dan membencinya.

Komentar: Hubungan yang didasari oleh Love – Hate. Ketimbang Love-Hate pada keduanya (seperti Zoro dan Sanji, ehe) hubungan ini lebih kepada Hirumaki yang dengan bodohnya tidak menyadari kesalahannya di masa lalu dimana ia memaksa untuk menyentuh Yoigoshi saat pemuda tersebut menolaknya.

Tanpa menyadari kesalahannya tersebut, Hirumaki malah keukeuh mendekati Yoigoshi dan meyakinkan kalau ia tak ingin dibenci oleh Yoigoshi. Pada akhirnya, keteguhan Hirumaki inilah yang membuat Yoigoshi luluh dan kembali membuka hati kepadanya.

Rating: ☆☆☆☆

other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 5 | Recommended Yaoi Manga 6
| Recommended Yaoi Manga 8

current song : Les Fuilles Mortes by Yves Montand
current mood : recharge
location : Flower Heights 1

-ijou!-