other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 6 |
Recommended Yaoi Manga 7 | Recommended Yaoi Manga 8

Minna-san, konbanwa!

Kembali lagi dengan saya yang baru saja tiba di tanah air minggu kemarin…. apa sudah 2 minggu yak? Disela-sela upaya pengembalian semangat menulis, akhirnya dengan penuh perjuangan saya pun merampungkan rekomendasi komik homo ala saya jilid ke-lima. Ini aja babak belur. Tapi ya gimana, memang sudah lama tidak menulis berdasarkan penelitian. Biasanya nulis seenak udel doang.

So, cekidot!

10. My Life With You (Completed)

49577a6b2117d
Sinopsis: Sebuah operasi penyelamatan seorang scientist; Eric yang ditawan pihak teroris untuk menggunakan bom yang merupakan hasil penemuan Eric. Steve yang termasuk ke dalam operasi penyelamatan tersebut, berjanji akan mengeluarkan Eric meskipun taruhannya adalah nyawa. Eric yang terpana dengan janji pasukan elit tersebut, akhirnya jatuh cinta terhadap Steve.

Comment: Tau drama Korea ‘Descendant of The Sun‘? Ini nih, versi yaoi-nya wkwkwk. Apa ya, saya suka alur dan konsep ceritanya. Tapi apa yang ngga saya suka di sini adalah jalinan romansanya. Bukan, bukan mereka berdua ngga cocok, cuma apa ya, pas di medan perang, berdua tuh cocok banget, tapi pas udah masuk lope-lopean, ngga aci. Terlalu manis. Giung. Apa ya, afeksinya itu loh, kurang fluff tapi kelewat ecchi. Kalo fluff kan ecchi juga hayuk, tapi ini kurang ‘aawww‘ gitu. Jadi, lebih bagus perasaan cinta antar keduanya bisa diutarakan secara dewasa. Bukan ‘dewasa‘. Justru kisah cinta-cintaannya yang bikin saya turned off terhadap cerita ini.

Rating: ★★

09. Tonari no Onii-san (complete)
truyentranh8-com-blz_onii_san_p01

Sinopsis: Hiroto adalah seorang pemuda yang tinggal bersebelahan dengan keluarga yang memiliki dua anak laki-laki kembar; Tsukasa dan Wataru. Wataru yang selalu membantu Hiroto bahkan dalam urusan belajar ini, membuat pemuda tersebut jatuh hati. Namun Wataru yang menyadari perasaan Hiroto langsung menolaknya dan memutuskan pindah. Selang beberapa tahun kemudian, siapa sangka jika akhirnya Hiroto akan tinggal satu atap dengan Wataru yang lagi-lagi tetap tak membiarkan Hiroto menyatakan perasaannya.

Comment: Meski cuco untuk direkomendasikan sebagai manga less-conflict alias konfliknya itu-itu aja, namun jalinan cerita nya cukup biasa dan tak mampu membuat saya gegulingan seberesnya baca. Namun aura dan penggambaran Asou Kai-lah yang menambah warna dan bumbu yang khas sehingga cerita ini patut dan layak dikonsumsi meski jalan cerita terlampau pendek dan konflik yang hanya segitu.

Rating: ★★★

08. Bokura ga Koi wo Ushinau Riyuu (complete)

Sinopsis: Kobayashi–Koba, adalah teman masa kecil Oushiro yang hendak pindah untuk bekerja ke Tokyo. Kepindahannya ini, membuat Oushiro gamang karena perasaannya terhadap teman masa kecilnya tersebut belum berubah–Oushiro mencintainya. Ditengah-tengah kekalutannya, Oushiro bertemu dengan seorang laki-laki yang juga seorang tamu tetap di bar tempatnya pergi melepaskan penat; Inamura-san. Laki-laki yang berbeda 8 tahun darinya itu menawarkan kenyamanan kepada Oushiro jika ia terlalu memikirkan perasaannya dan tak punya tempat untuk bercerita. Namun perkenalan mereka yang hanya didasari saling bertemu di bar ini, membuat Oushiro tak nyaman dan memutuskan untuk tetap mengejar Koba, dan menjadikan Inamura sebagai teman saja. Namun siapa sangka jika Koba akhirnya memiliki pacar dan meninggalkannya sendiri.

Comment: Tipikal cinta segitiga yang lumayan untuk dinikmati. Meski tipikal, saya sempat terkecoh pada awalnya mengira jika endingnya adalah sesuai bayangan saya. Namun ternyata tidak. Jalan cerita cukup apik dijalin tanpa ada konflik yang terlalu berkelumit sehingga membuat manga ini terasa terlalu dramatis. Konflik diselesaikan dengan cara sederhana tanpa mengurangi perasaan greget antar dua tokoh utama yang saling menyimpan perasaannya masing-masing.

Rating: ★★★

08. Daidai no Recipe (complete)
91mlo0h5r7l

Sinopsis: Yukihiko adalah seorang pemuda yang mencintai ayahnya sendiri. Mengubur perasaannya secara mendalam, ia tidak berani mengungkapkan dosa yang dimilikinya. Suatu hari, datanglah Tooru–sang keponakan yang baru saja ditinggal mati oleh kedua orang tua-nya. Pada akhirnya Yukihiko tinggal bertiga bersama Tooru dan sang Ayah. Perasaan yang semakin menguat, membuat Yukihiko melarikan diri. Ia takut mengungkapkan perasaannya terhadap sang ayah, sehingga suatu hari Masayuki–sang Ayah, meninggal karena sakit yang dideritanya. Yukihiko yang menyesali kepergian sang ayah, akhirnya menetap di rumah tersebut sembari mengurus Tooru yang mulai beranjak dewasa. Tooru, yang semakin mengenali Yukihiko pun akhirnya jatuh cinta dengan pamannya sendiri tersebut.

Comment: Biasanya guhe ngga suka incest, tapi cerita kali ini panas membara. Wk. Emosi di dalem cerita ini emang kompleks, dan suasananya gloomy. Tapi itu yang bikin saya suka cerita ini, karena setiap pergantian emosi, digambarkan dengan baik, sehingga membacanya pun serasa berada di dalam cerita itu sendiri.

Rating: ★★★

07. Hana to Usagi (complete)
koh94560
Sinopsis: Soubou adalah seorang pegawai delivery yang baru menangani komplek yang ditinggali Aizawa. Sebagai pegawai delivery, Soubou sering datang ke apartemen milik pemuda yang bekerja di rumah tersebut untuk mengambil dan mengantarkan barang kirimannya. Namun apa yang membuat Soubou terkejut adalah Aizawa yang selalu memakai topeng kelinci untuk menutupi wajahnya. Hingga pada suatu hari, Soubou tak sengaja menjatuhkan barang antarannya dan topeng kelinci Aizawa pun terlepas.

Comment: Sebenernya konsep manga ini unik, pegawai delivery dengan seorang kostumer yang tidak biasa. Namun, jalan ceritanya tipikal sekali dengan ending yang dapat ditebak dan tidak ada klimaks yang terjadi di antaranya. Jadi, meski menarik untuk dibaca, manga ini adalah manga dengan ending yang menarik tanpa menyentuh emosi.

Rating: ★★★

06. Yasashii Koi ga Sodatsu Made (complete)

Sinopsis: Kotaro yang berniat memperbaiki laptopnya yang rusak, bertemu dengan Nakatsu–sang pegawai service komputer yang juga memiliki hobi yang sama dengannya; Bonsai. Melalui bonsai, keduanya pun menjadi teman dekat yang mulai saling membuka diri dan memulai perbincangan. Namun siapa sangka, Nakatsu yang ternyata seorang gay, menyukai Kotaro yang mendapati pria tersebut tengah bermesraan dengan mantan kekasihnya; Youji.

Comment: Meski jalan cerita bisa digolongkan standar, namun artwork dan penempatan situasi khas Minazuki Yuu tak bisa dibilang sederhana. Selalu ada konsep yang bisa membangun konflik lebih greget dari manga kebanyakan. Meski ngefans dengan Minazuki-sensei, manga nya satu ini bisa dibilang kurang ketimbang manga lainnya yang lebih greget dan bikin dada nyesek. Bagi yang butuh cerita fluff tanpa konflik yang berat, komik ini bisa direkomendasikan.

Rating: ★★★

05. Kataomoi to Parade (complete)
MR-363674-835891-3

Sinopsis: Momose Touma adalah tuan puteri bagi Matsuo Takaya, meski Takaya adalah pahlawan bagi Touma semasa kecil, namun sekarang tidak lagi, karena Touma sudah menyadari perasaan cintanya terhadap Takaya. Namun, Takaya kini sudah memiliki kekasih. Meskipun begitu, mereka tetap bersama dan ini membuat Touma menderita karena kebaikan Takaya seperti garam yang menyentuh luka-nya. Pada klub gardening yang digelutinya, Touma membuat harapan yang bertuliskan harapannya untuk melupakan Touma. Namun harapan tersebut diketahui Takaya.

Comment: Sesak banget. Dari awal perasaan kataomoinya intens berat. Saat Nana–kekasih Takaya datang menjemput Takaya dari klub dan membuatkan bento saat pertandingan baseball, bikin greget bacanya. Sebenarnya lebih ke Takaya-nya dimana Touma selalu menerima lapang dada melihat sahabatnya tersebut bermesraan dengan pacarnya di hadapannya. Namun setelah Touma menyatakan perasaannya pun Takaya masih plin-plan dan inilah yang bikin saya ingin banting hape meski baru inget kalo masih belum dapet uang buat beli yang baru. Juga, satu situasi dimana Touma sudah lelah dengan semuanya dan ia memutuskan untuk berpacaran dengan Machiko yang juga memiliki cinta bertepuk sebelah tangan dengan kakak-nya sendiri–Yonezawa Natsuki. Lapisan kataomoi-nya, jalinan dan segmen ceritanya bikin komik ini nagih buat saya baca dan debaran sakitnya itu berasa banget kayak hati ditusuk-tusuk.

Rating: ★★★

04. Ore to Joushi no Kakushigoto (complete)
cvlq7apueaaw7sg

Sinopsis: Mikado adalah seorang salaryman yang menyukai sebuah idol grup secara diam-diam. Ia adalah seorang penggemar idol dalam sisi lainnya sebagai seorang pegawai. Ia, membenci Anezaki, sang atasan yang selalu seenaknya sendiri, dan memerintahnya tanpa ampun. Selesainya mereka mengadakan acara minum-minum, Mikado yang searah jalan pulang pun terpaksa membawa Anezaki pulang karena atasannya tersebut terlalu mabuk untuk pulang sendiri. Hujan deras di tengah-tengah perjalanan mereka, membuat Mikado berbelok arah ke Love Hotel. Anezaki yang kepalang mabuk, tidak menyadari jika laki-laki yang diajaknya bercinta malam itu adalah sang bawahan Mikado.

Comment: Mikado tipe gue bangeeett. Pake kacamata, rambut item, berjas gitu wkwk. Pada dasarnya saya suka hubungan yang didasari benci tapi akhirnya suka. Anezaki yang selalu seenaknya terhadap bawahan, adalah wujud ‘cinta‘ nya terhadap Mikado yang perlahan mulai menyukai atasannya tersebut karena banyak sisi yang Anezaki tunjukkan terhadap sang bawahan.

Rating: ★★★★

o3. Itou-san (complete)


Sinopsis: Kyousuke adalah seorang pekerja seks yang selalu melayani seorang pelanggan misterius yang kerap menemuinya pada hari Selasa. Apa yang diketahuinya hanyalah orang tersebut bernama Itou-san. Meskipun misterius, Itou-san tak seperti pelanggannya yang lain; ia baik hati, tak pernah meminta Kyousuke untuk melayaninya selain untuk mendengarkan ocehannya hingga subuh tiba dan menawarkan kebebasan kepada Kyousuke dengan cara apapun yang bisa diberikannya. Namun Kyousuke yang sedari kecil hanya bisa melayani seks ini, tak mengerti apa yang harus dilakukannya jika ia bebas dari pekerjaannya sekarang. Maka itu, Kyousuke memutuskan untuk mengikuti Itou-san, kemana pun laki-laki tersebut pergi, meski pun ke dalam dunia yang gelap sekalipun.

Comment: Apa yang saya suka dari manga ini adalah penggambaran cinta yang tak biasa. Kyousuke yang merasa terselamatkan dengan keberadaan Itou-san, mengesampingkan dunia gelap yang berada di bawah kaki pria tersebut, dan sebaliknya Itou yang mengetahui jika Kyousuke hanyalah seorang pekerja seks, berusaha membebaskan pemuda tersebut dari dunianya tanpa ingin menyeret Kyousuke pada dirinya yang terlanjur dikelilingi kematian sewaktu-waktu karena pekerjaannya sebagai seorang pembunuh. Berdua yang saling membutuhkan satu sama lain, namun tak bisa menyatukan dua latar belakang yang berbeda.

Rating: ★★★★

02. 1/365 no Koibito (ongoing)
91kghcqpzil

Sinopsis: Takashi mengungkapkan cinta pada teman sekelasnya; Hayate, di hari kelulusan SMA mereka. Hayate yang tak bisa menerima cinta Takashi, menjanjikan pemuda tersebut untuk tetap bertemu Takashi, satu hari setiap tahunnya sampai Takashi menemukan orang yang dicintainya. Bertahun-tahun mereka menantikan pertemuan sehari setiap tahunnya, dengan harapan cara seperti ini memupuskan perasaan, namun malah membuatnya semakin menjadi-jadi. Pada akhirnya, Takashi yang mengetahui Hayate berbohong demi bertemu dengan dirinya, memutuskan untuk mengakhiri pertemuan mereka dengan berbohong jika ia sudah menemukan kekasih.

Comment: Gini nih cinta yang tak diungkapkan, padahal dua-duanya saling suka. Tipe cinta seperti ini, selain perih juga bikin gregetan. Takashi dimana jelas-jelas menyukai dan ditolak Hayate, tetap menemui pemuda tersebut satu hari di setiap tahunnya demi mendapatkan cinta pemuda tersebut. Hayate yang masih belum bisa jujur terhadap dirinya sendiri, menawarkan harapan kepada Takashi untuk menemuinya dalam satu hari setiap tahun, apapun yang terjadi–meskipun Hayate dipindah tugaskan ke tempat yang jauh. Takashi yang pada akhirnya mengaku sudah memiliki kekasih, entah mengapa membuat Hayate tak bisa merelakannya begitu saja. Alih-alih senang karena tak lagi jauh-jauh menemui Takashi, Hayate menunjukkan ke tidak relaannya tersebut kepada Takashi yang membuatnya semakin bingung.

Rating: ★★★★

01. Sayonara Game (complete)
サヨナラゲームcmyk_初

Sinopsis: Arimura Ikuo adalah seorang kakak yang tengah mencarikan tutor untuk sang adik–Nana yang hendak masuk universitas. Adalah Ito Yousuke seorang mahasiswa yang menerima tawaran untuk menjadi tutor bagi gadis SMA tersebut, dan nyatanya Arimura adalah seniornya di klub baseball saat masa SMA-nya. Arimura tak mengingat siapa Itou, pemuda yang ternyata telah menyimpan perasaan kepadanya sejak SMA. Terlebih Nana menaruh hati pada Itou, patah hati saat mengetahui pemuda yang ditaksirnya, mengundang kakaknya untuk menonton pertandingan baseball. Namun pekerjaan yang tiba-tiba datang, membuat Arimura tak bisa hadir dan meminta Nana menggantikan dirinya untuk menonton pertandingan dengan Itou. Nana yang masih kesal dengan sang kakak, menolak hadir dan membiarkan Itou dalam ketidak tahuannya akan Arimura yang tak bisa hadir hari itu.

Comment: Perih guhe bacanyaaaaa. Kataomoi itu emang makanan paling sedap dalam komik Yaoi. wkwkwkwk. Itou yang memiliki sifat pendiam, jarang mengutarakan perasaannya, merasa tidak nyaman dengan perlakuan baik Arimura yang rata ke semua orang. Ngga cuma pusing mengutarakan perasaan, di komik ini juga memiliki masalah dimana Itou yang tak mengerti perbuatan baik Arimura terhadapnya; apakah ia dianggap sebagai orang yang spesial bagi Arimura atau hanya sekedar Kouhai yang Arimura merasa bersalah dimana ia tak mengingat sosok juniornya di masa sekolah tersebut.

Change World (ongoing)

Terlebih hubungan segitiga dengan sang adik, membuat Itou serba salah, dan Arimura yang baru saja patah hati; wanita yang disukainya di kantor berpacaran dengan sang atasan–mengajak Itou untuk menjalin hubungan.
Ribet, tapi bikin perih kokoroh. Di komik ini saya serasa menjadi Itou yang perasaannya diombang-ambingkan dengan kebaikan Arimura, dan ketidak-berdayaan diri sendiri untuk mengungkap perasaan.

Komik ini pun dibuatkan sekuelnya yang menceritakan jalan percintaan Ikuo dan sang kouhai–Yousuke. Maski perasaan mereka saling bersambut, namun konflik selalu ada membayangi hubungan keduanya. Hadirnya orang ketiga hingga penugasan Yousuke ke luar negeri, membuat mereka harus menghadapi hubungan jarak jauh.

Rating: ★★★★★

current song: My Love – LEE HI
current mood: meler
location: Home desu!

other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 6 |
Recommended Yaoi Manga 7 | Recommended Yaoi Manga 8

-Ijou!-