other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6 | Recommended Yaoi Manga 7 | Recommended Yaoi Manga 8

PicMonkey Collage
Minna-san! Holla! Back with me Aiko.
Sebenarnya tulisan ini sudah dibuat draft jauh sebelum dua minggu lalu. Tapi, karena terpotong leyeh-leyehnya ini anak, jadi ja baru publish sekarang. Heu.

Sudah baca rekomendasi manga dari saya beberapa waktu lalu donk? Nah, sekarang dilanjut dengan sesi kedua, Aiko akan merekomendasikan 10 manga Yaoi terbaik yang Aiko baca dalam kurun terakhir publish sampe postingan yang sekarang //plak. Sebenernya udah di-bookmark-in semuanya di tab, tapi karena satu dua urusan, aku dan mamak pun tukeran gadget dan bookmarknya ilang. Jadi, tinggal bergantung pada draft yang menggantung ini. Next kalau ada yang bagus lagi, pasti saya akan rekomendasikan kok.

Okei! Ini dia 10 judul Manga terbaik versi Aiko!

10. Hanayome wa Oku-san // Oku-san is a Bride

Hanayome wa Oku-san

Sinopsis: Manga yang terdiri dari 2 chapter ini ditulis oleh mangaka dari sebuah serial terkenal ‘Ze‘ yang sempat saya bahas beberapa waktu lalu; Shimizu Yuki. Berkisah mengenai seorang pemuda bernama Nana yang dijadikan good-luck charm oleh teman-teman wanita disekitarnya; yakni barang siapa yang tidur dengan Nana akan mendapat keberuntungan dalam hidupnya. Tersebutlah Oku yang menginginkan untuk mendapat pekerjaan yang diimpikannya, maka itu ia meminta Nana untuk tidur dengannya. Lalu, siapa sangka jika pada akhirnya Nana akan bekerja di tempat yang sama dengan Oku?

Comment: Hati-hati jika awal cerita ini mengandung kataomoi alias cinta bertepuk sebelah tangan. Tapi, yang namanya Aiko, suka sekali dengan komik-komik yang memiliki banyak desain baju pengantin, dan endingnya patut diberikan bintang 3 dari 5. Sweet, suprisingly touching! Cinta sekali saya dengan jalinan hubungan yang diam-diam terjalin di sini.

Rating: ☆☆☆ 星3つー!

09. Harappeko Usagi to Koisuru Ookami // Hungry Rabbit and Loving Wolf

tumblr_n3yhluqEMy1r7tu42o2_1280

Sinopsis: Dibawakan oleh salah satu mangaka terkenal; Kanda Neko, Harappeko Usagi to Koisuru Ookami berkisah tentang Shirou seorang pegawai kantoran yang ingin sekali membelai seekor kelinci yang kebetulan nampak di taman yang dilewatinya. Namun kelinci tersebut bukanlah kelinci liar saat Kou–seorang mahasiswa yang mengambil kelinci tersebut untuk dimakannya. Shirou yang mendengar akan nasib sang kelinci, sontak menawarkan donat kepada Kou agar ia tak jadi memasak kelinci tersebut, juga dengan syarat kalau ia boleh membelai kelinci tersebut.

Comment: Lucuuu~!! Saya suka artwork-nya, juga tipe karakter komik yang seperti Shiro–cowok matang yang pakai jas, rambut cepak rapi klimis, dengan muka stern. Tipe saya syekaleeh. Selain artwork dari Kanda-sensei, jalinan cerita dan chemistry diantara keduanya pun terbangun unik, dengan Shiro seorang laki-laki minim ekspresi dengan Kou seorang pemuda yang enerjik. Meski hanya terdiri 3 chapter dan terbilang kurang menurut saya…. kurang banyak, namun cerita ini ringan dan cukup menarik untuk dibaca santai tanpa baper-baperan… //plak

Rating: ☆☆☆ 星3つー!

08. Soredemo Kamawanai // I Don’t Mind

3

Sinopsis: Berkisah tentang Okumura desainer yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan dengan representative-nya Takamine yang terkenal seorang dengan ekspresi yang aneh–baik marah maupun senang orang lain sulit membedakannya. Namun, seiring kerja sama mereka, Okumura malah mendapati Takamine adalah orang yang ternyata imut dan canggung dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Mulai saat itulah Okumura adalah teman pertama Takamine. Namun, Okumura menyatakan kalau mereka berdua tidak boleh berciuman, itu adalah hal yang tidak lazim antar teman, dan Okumura menginginkan mereka tetap sebagai teman selamanya.

Comment: komik karya Masao Sangatsu ini tidak biasa menurut saya *tjieh*, jika pada umumnya, sebuah hubungan berakhir bahagia atau sebaliknya jika masing-masing sudah mengungkapkan isi hatinya, namun tidak bagi komik ini. Cerita tidak berakhir begitu saja. Agak alot sih, tapi bagus untuk dibaca. Saya suka karakter Takamine di sini yang mulai belajar memahami orang lain mulai dari nol.

Rating: ☆☆☆ 星3つー!

07. Ashita mo Tannin // Tomorrow also as a Stranger

af_ashita_mo_tanin_c6_completed_masao_sangatsu.tomorrow_cover

Sinopsis: Manga yang terdiri dari 5 chapter dan 1 extra ini, menceritakan seorang pemuda bernama Akio yang begitu dimanjakan oleh sahabatnya Ryousuke yang gagal menikah karena calon pengantinnya melarikan diri dengan mantan pacarnya. Akio yang sudah lama memendam perasaan kepada Ryousuke, mulai merasa sebagai pelarian pria tersebut semenjak upacara dan impiannya akan pernikahan tidak dapat terwujud.

Comment: Yaa gitu deh, saya suka bagian tarik-ulur. Cieee. Kayak mencabik-cabik hati gitu //plak. Digambar oleh mangaka yang sama dengan ‘Soredemo Kamawanai’Sangatsu Masao, saya suka artworknya. Juga jalinan ceritanya yang bikin ‘kayaknya mau selesai, tapi kok gini’, dan pastinya bikin kejejet di bagian hampir akhir karena jelang ending, hubungan tak kunjung membaik. Namun endingnya tidak se-mengecewakan itu kok :>

Rating: ☆☆☆ 星3つー!

06. Wakabaryou de Kimi to // With You in Wakaba

2

Sinopsis: Manga yang bergenre school-life ini memiliki 3 latar belakang cerita yang berbeda pada satu asrama Wakaba. Pada pasangan pertama adalah Higuchi yang merupakan seorang murid di sekolah khusus laki-laki ini, adalah seorang playboy yang terkenal yang baru saja diputus sang pacar yang berasal dari luar sekolah. Sedang Hidaka adalah seorang siswa yang merupakan pelari di bidang atletik sekolahnya yang selalu ada untuk Higuchi kala ia baru diputus oleh pacarnya. Pada suatu hari saat Higuchi tengah patah hati, Hidaka menyatakan perasaannya, bahwa ia sudah menyukainya sejak dulu, sejak bersama Higuchi di asrama ini.

Sedang dua pasangan lainnya adalah Wanibe–sahabat Higuchi kala melarikan diri dari Hidaka–dengan Sayama seorang murid pindahan yang mengisi kamar Wanibe yang selama ini tinggal sendirian. Dan Shima yang merupakan seorang suprvisor asrama yang menyadari hubungan spesial diantara Hidaka dan Higuchi, dengan Kirino seorang murid yang mendapati pada suatu malam Shima membawa masuk temannya ke dalam kamar supervisor. Shima yang masih jatuh cinta dengan teman sekolahnya dulu pun terpaksa menuruti keinginan Kirino untuk tidur dengannya, karena murid tersebut mengetahui perbuatannya menyelundupkan Harada–temannya ke dalam kamar supervisor.

Comment: insecurities! Saya suka sekali dibikin tak menentu perasaannya oleh komik, apalagi BL *bukan sama dospem ya, itu beda urusan* Di sini banyak kisah cinya yang sebenernya bisa dibilang “ya udah siih, jadian aja,” tapi eits, ngga semudah itu, lika-liku cerita dan perasaan tokoh menjadikan cerita ini beralur naik turun. Jika seketika dibikin senang, bisa juga seketika dibikin gemes. Dari ketiga pasangan yang ada saya paling suka…. emm, ngga bisa milih. Lucu-lucu sih semuanya. Hidaka yang polos dengan Higuchi yang rikuh saat berada di dekatnya, Wanibe yang tiba-tiba merasakan perasaan suka terhadap Sayama yang bisa dibilang hidupnya ngga biasa susah, dan Shima yang merasa jika dirinya hanyalah dipermainkan Kirino.

Rating: ☆☆☆☆ 星4つー!

05. Stalemate

5c9aa97c1c8d154886388202fdb8fa523f3ac630.12.2.9.2

Sinopsis: Shinichi adalah keponakan dari Chiharu yang banyak menghabiskan waktu untuk bermain catur dengan pamannya tersebut, dan menjadikannya dekat dengan sang paman. Semakin beranjak dewasa, Shinichi menyadari jika perasaannya terhadap Chiharu ini tak sekedar kasih sayang antar keluarga. Dan Shinichi pun menjadi ragu untuk mengungkapkan perasaan cintanya terhadap sang paman.

Comment: Perlu diketahui, kalau Aiko sebenernya alergi sama incest. alergi. Tapi manga ini bikin fuwa-fuuuwaaaa //plak. Namun, bagaimana perasaan Shinichi yang baru pertama kali jatuh cinta, dan itu adalah dengan sang paman, dan hubungan mereka yang tak lagi sama semenjak Shinichi menyatakan perasaannya, juga artwork! jangan lupa artwork. Bagus! Unik aja menemukan alur dan jenis plot yang macam begini. Cinta deh.

Rating: ☆☆☆☆ 星4つー!

04. Kimi ga Boku no Subete // You’re My Everything

tumblr_nnrhfuXU2l1r7tu42o4_1280

Sinopsis: Nabeshima adalah seorang pengangguran yang dipekerjakan oleh sepasang suami-istri yang nampak tak harmonis. Takeda adalah sang suami yang tak setuju jika istrinya merekrut Nabeshima yang berpenampilan tidak meyakinkan untuk bekerja di rumah mereka. Tak hanya itu, melihat Nabeshima nampak akrab dengan istrinya, Takeda merasa cemburu dengan pria yang diam-diam mencintainya tersebut.

Comment: Plot twistnya jago banget! *kata gue* Jadi awalnya baca dikirain bakal begitu, ternyata endingnya patut diacungi jempol karena unpredictable. Kenapa saya baca komik ini? Karena salah satu cowoknya megane. Meski ngga pake jas dan rambutnya gondrong, masih saya maafkan. Dan hebatnya, cerita ini ngga seringan cerita-cerita yang saya rekomendasikan di atas. Well, meski tak seberat Saezuru Tori wa Habatakanai. Itu… berat syekaleh. Baca-nya aja ngga boleh sambil ngemil //plak

Rating: ☆☆☆☆☆ 星5つー!

03. Sabita Yoru demo Koi wi Sasayaite // Even in Rusty Night, Love Still Whispering

43419791

Sinopsis: Yumi yang bekerja pada sebuah kedai, bertemu dengan teman di masa sekolahnya dulu Mayama pada suatu malam. Keduanya nampak menyembunyikan sesuatu yang tak bisa diungkap oleh masing-masing, sementara Yumi sudah memiliki seorang kekasih yang kerap memukulinya. Mayama yang penasaran dengan luka yang ditemuinya pada tubuh Yumi pun menawarkan diri untuk berada dengan Yumi saat laki-laki itu membutuhkannya, namun Yumi yang memiliki janji Mayama yang belum terwujud, merasa laki-laki itu tak perlu berada di dekatnya lagi.

Comment: RECOMMENDED! Saya suka jalinan ceritanya yang ngga simple juga ngga terlalu rumit. Ngebuka rahasianya tuh dikit-dikit, jadi kenapa Yumi seperti itu, dan kenapa Mayama bersikap demikian terhadap Yumi. Perasaan keduanya bisa dibilang kompleks, karena cinta tidak sebegitu mudahnya diungkapkan. Tapi pada akhirnya, cerita ini patut masuk ke dalam jajaran rekomendasi manga BL favorite saya.

Rating: ☆☆☆☆☆☆ 星6つー!

02. After Morning Love & Before Daylight Love

After Morning Love

Sinopsis: After Morning Love. Matsuno terbangun pada sebuah pagi dengan seorang penjaja seks laki-laki–Rin–di sisinya, akibat mabuk kemarin malam. Rin yang tinggal tak menentu ini, bersikeras untuk tinggal dengan Matsuno, namun Matsuno menyatakan bahwa dirinya bukanlah gay, tapi ia bisa menyediakan makanan dan tempat tinggal sementara untuk Rin. Dan kesalahpahaman pun hadir di antara keduanya.

89549883

Before Daylight Love. Daiki adalah seorang bartender yang diminta Tatsumi seorang pria dengan latar belakang misterius untuk mengelola bar yang sengaja dibuatkan Tatsumi untuknya. Suatu malam, terjadi penyerangan pada bar tersebut, dan Daiki meng-cover pelarian Tatsumi dari kawanan tersebut dan membuat dirinya terluka. Terbangun dalam keadaan masih hidup, Daiki mempertanyakan mengapa Tatsumi begitu rela menghabiskan banyak uang demi membuat dirinya tetap hidup, sementara jika ia menginginkan bodyguard sekaligus bartender, ia dapat mencari orang lain. Namun Tatsumi mempunyai alasan lain.

Comment: Awalnya baca itu After Morning Love, karena seme-nya kacamata…. //plak. Menurut saya, keduanya bagus, tapi yang lebih menarik itu yang Before Daylight Love *just opinion* Kalau After Morning itu permasalahannya muncul di akhir dan selesai, maka Before Daylight, permasalahan muncul di depan dan luar biasa bikin saya baper, secara Seme-nya muka-nya tiis gitu << *cinta seme muka tiis* Dan gimanaa gitu kalo cowok jarang berekspresi pas nyatain cinta. Malu-malu uwaah banget! *apasih*

Rating: ☆☆☆☆☆ 星5つー!

01. Nee, Sensei // Hey, Sir

91cPdzIscnL

Sinopsis: Isa adalah seorang guru yang mendapatkan pernyataan cinta oleh murid laki-lakinya–Homura–pada sebuah lembar jawaban yang dikoreksinya. Isa tak menanggapinya serius karena bisa jadi pernyataan cinta tersebut adalah lelucon atau bahkan hal semacam balas dendam karena Isa adalah mantan pacar dari kakak perempuan Homura.

Comment: Jangan tanya kenapa saya baca manga ini. Dan hasilnya baper parah. Sangat recomended. Ngga terlalu ribet dan rumit jalinan ceritanya, tapi perasaan habis luluh-lantak. Sekian.

Rating: ☆☆☆☆☆☆ 星6つー!

Okeiii barusan adalah top 10 rekomendasi manga BL oleh Aiko, tunggu rekomendasi-an selanjutnya. Mungkin, ngerekomendasi doujin kapan-kapan, karena lagi suka baca doujin hehehe //tobatWoy. Terima kasih sudah baca, see you next post!

other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 3 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6 | Recommended Yaoi Manga 7 | Recommended Yaoi Manga 8

current song: Aimer – Kizuna
current mood: Sakit peruuutttt
location: Home desu!

–Ijou!–