other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6 | Recommended Yaoi Manga 7 | Recommended Yaoi Manga 8

manga-03

Minna-san! Konbanwa.
Kembali lagi dengan saya Aiko dengan apa-saja-yang-penting-rekomendasi postnya.

Sebenarnya saat ini di depan saya tergeletak 2 peer yang harus diselesaikan karena besok dikumpul. Tapi, hasrat merekomendasi lebih besar dari pada ngerjain peer *emang, penyakit nih anak*Jadilah postingan yang seharusnya terbit awal September ini terbit sekarang~! Yay!

10 judul Yaoi Manga terbaru rekomendasi Aiko jilid 3! Douzo!

10. Aozora no Sunda Iro wa. (Complete)

aozora-no-sunda-iro-wa-4-v01-pic-34

Sinopsis: Sugiura adalah seorang murid yang kembali ke sekolah lamanya sebagai seorang guru. Motivasinya menjadi seorang tenaga pengajar, atas dasar rasa kagumnya pada sang guru; Fukada Ryuuji yang kini menjadi kolega kerjanya. Ryuuji yang dikenalnya sebagai guru periang, kini jauh berbada dengan apa yang didapati oleh Sugiura di tempat kerjanya. Namun itu semua tak mengubah perhatian Ryuuji yang masih sama terhadapnya, yang perlahan-lahan menumbuhkan cinta dalam hatinya terhadap guru olahraga tersebut.

Comment: Kalau biasanya kisah cinta itu dijalin antara murid dengan guru, kali ini guru dengan guru, meski salah satu guru tersebut adalah mantan murid guru yang satunya lagi (?). Secara jalan cerita sih klise sekali dan dapat ditebak, tidak ada surprise yang spesial dalam komik ini, namun artwork dan kesederhanaan cerita justru yang saya pikir menjadi pemanis klimaks kisah cinta antara Sugiura dan Fukada ini.

Rating: ★★★

09. Daiji na Koto na no de (Complete)

9784796405676

Sinopsis:Aku senang kau tidak jadi menikah dengannya,” adalah hal yang Tomoya katakan ketika sahabatnya; Ryuuji, datang kepadanya setelah diputuskan oleh sang kekasih di hari ia melamar wanita tersebut. Tomoya yang sudah lama memendam perasaan kepada Ryuuji, tak berani mengungkapkan perasaannya kepada pemuda tersebut dan malah berpacaran dengan pria lain. Hingga suatu hari sang atasan tempatnya bekerja memaksa Tomoya untuk berpenampilan sebagai ‘Yuu‘–orang lain, dan mendapatkan perhatian Ryuuji yang tak tanggung-tanggung langsung meminta Yuu menjadi kekasihnya.

Comment: Yak, satu lagi plot cerita pasaran. Namun, penampilan Tomoya sebagai Yuu membawa twist yang cukup bagus untuk komik ini, karena memberikan bumbu-bumbu ‘setsunai‘ saat Ryuuji menyatakan cintanya terhadap Yuu, sedang Tomoya adalah sosok yang sudah lama memendam rasa terhadap laki-laki tersebut. Namun di sisi lain, Ryuji pun sebenarnya mulai menaruh perhatian pada Tomoya semenjak ditemukannya bekas-bekas luka pada tubuh pria tersebut karena hubungan yang abusive antara Tomoya dengan kekasihnya.

Rating: ★★★

08. Ki ga Au to Iu Koto wa (Complete)

91ikb9z4lnl_1

Sinopsis: Judul ini terdiri dari dua major cerita; 1+1+1 dan ‘Ki ga Au to Iu Koto wa‘.

1+1+1 berkisah mengenai Tomofumi yang menyukai seorang laki-laki yang rajin mampir ke konbini tempatnya bekerja; Asato. Namun Tomofumi dapat melihat seorang laki-laki lain yang selalu bersama dengan Asato saat tengah berbelanja. Laki-laki tersebut adalah arwah kekasih Asato yang terdahulu; Yuuki. Melalui Tomofumi, Asato pun akhirnya meminta bantuan untuk berkomunikasi dengan Yuuki, meski Tomofumi juga menyukai laki-laki tersebut.

Ki ga Au to Iu Koto wa berkisah mengenai Iizuka yang masih mencintai teman satu sekolahnya dulu, meski kini Shiraishi–teman sekolah yang dicintainya–tersebut sudah berstatus duda. Shiraishi yang tak menyerah akan statusnya sebagai laki-laki straight pun harus luluh saat Iizuka merayunya setelah membantunya pindah ke apartemen baru. Shiraishi yang perlahan mulai menyukai Iizuka, kini harus menerima kenyataan jika laki-laki tersebut setelah Iizuka mengatakan takkan kembali kehadapannya lagi setelah malam itu.

Comment: Lagi-lagi Asou-sensei memberikan artwork dan jalan cerita yang cukup angst, meski berakhir bahagia. Untuk fangirl yang menyukai cerita angst seperti saya ini, ini komik yang bagus. Silahkan dibaca. Meski happy ending sih.

Rating: ★★★

07. Hoppe ni Himawari (Complete)

manga-hoppe-ni-himawari

Sinopsis: Yone-chan adalah pemuda bertubuh gemuk anggota klub pecinta tanaman yang jatuh cinta kepada Arai–sang kapten klub softball yang tampan dan idola para gadis. Di sekolahnya yang khusus laki-laki ini, Yone-chan sering dijadikan objek candaan para murid lainnya–khususnya anggota tim softball–karena hanya Yone-chan yang memiliki payudara. Namun Arai selalu menolongnya dalam saat-saat seperti itu. Hingga pada suatu hari, Arai memintanya untuk berpakaian seperti murid perempuan untuk memancing kehadiran hantu yang konon mati penasaran pada sebuah gedung tua yang menjadi mitos yang beredar di kalangan pada murid, dan Arai mengajak hanya Yone seorang.

Comment: tipikal uke di sini tidak biasa dan tidak sama dengan tipikal uke-uke dalam cerita YAOI lainnya; gendut. Ini yang membuktikan jika siapapun bisa jatuh cinta kepada sesama jenisnya. Arai yang merupakan tipikal idaman perempuan; ganteng-kapten klub, pun bisa jatuh cinta kepada Yone yang notabene sangat tidak menarik dimata cewek-cewek sekolahnya. Inilah cerita Cinderella atau upik abu dalam versi YAOI. wk.

Rating: ★★★

06. Tonari ni Kedamono

9784796407427

Sinopsis: Kanato, Shin dan Sora adalah 3 sahabat yang memulai persahabatannya pada hari Tanabata. Pada hari perayaan ke 20 tahun persahabatan mereka, Kanato berniat mengungkapkan perasaannya kepada Sora karena sudah sedari dulu ia menyukai pemuda tersebut. Namun ternyata Shin pun memendam perasaan terhadap Kanato, dan yang lebih mengejutkan lagi Sora sudah berpacaran dengan laki-laki yang dikenalkan keoada dua sahabatnya pada hari perayaan Tanabata.

Comment: Artworknya lucu-lucu imut gitu. Semi-chibi, dan ada beberapa diantaranya chibi dengan ekspresi unyu. But overall artworknya 8/10. Jalan ceritanya sebenarnya klise, dengan ending ketebak. Tapi, yang saya suka dari cerita ini adalah hubungan Kanato dengan Shin yang tak semulus setelah mereka mengakui perasaanya masing-masing. Kanato yang terlahir dengan latar belakang keluarga serba punya, dibuat berharap banyak oleh Shin seorang pemuda yang menjalankan bisnis toko kecil keluarganya dan masih berharap pada Sora–sahabatnya, untuk menyukai dirinya. Pokoknya unyu deh

Rating: ★★★

05. Mune ga Kowaresou

mune-ga-kowaresou-18441

Sinopsis: Haruki dan Nao adalah dua saudara jauh yang tumbuh bersama sedari kecil. Ditengah-tengah kedekatan mereka, muncullah You yang ditampung oleh keluarga Haruki, karena sang ibu nyaris membunuh You. Jadilah You, Haruki, dan Nao tumbuh bersama dalam satu atap. Seiring mereka menjadi dewasa, Nao menyadari perasaanya pada You, begitupun You dan Haruki yang sama-sama menaruh hati pada Nao. Namun suatu malam, Nao melihat Haruki mencium You. Darisitu ia sadar jika perasaanya kepada You bertepuk sebelah tangan.

Comment: Kompleks! Kalo dijabarkan lapisan-lapisan ceritanya, cerita ini memiliki beberapa lapis yang saling bertumpuk dan tidak bisa diurai satu persatu. Perasaan You terhadap Nao yang dianggapnya pemuda itu memiliki perasaan terhadap Haruki, Haruki yang memilih pergi setelah tahu Nao memiliki perasaan kepada You, dan Nao yang menganggap You adalah orang yang paling dicintai Haruki. Semuanya menjadi kompleks sepeninggal Haruki, karena baik Nao dan You sebenarnya memiliki perasaan yang sama namun karena kesalah-pahaman yang terletak pada Haruki-lah yang membuat mereka tidak bisa mengungkapkannya.

Rating: ★★★★

04. Konna Otoko wa Aisareru

cover1

 

Sinopsis: berkisah mengenai seorang sekretaris komite siswa; Sonekawa Retsu yang diam-diam menyukai sang ketua komite; Kaji Shogo. Kaji pun demikian halnya menyadari perasaan Retsu, namun karena sikapnya terlalu kaku, Retsu tak kunjung menyatakan perasaannya kepada sang senpai Kaji. Kaji yang akhirnya mengambil tindakan terlebih dahulu, memberikan kesempatan kepada Retsu untuk mengundangnya makan malam di rumah lelaki ketua klub karate tersebut, untuk membuat Retsu menyatakan perasaan kepadanya.

Comment: saya suka sekali karakter Retsu di sini. Unyu. Laki-laki kaku yang sebenernya ganteng sih, tapi wajahnya minim ekspressi. Meski seorang kapten klub karate, namun wajahnya akan otomatis memerah ketika berada di dekat Kaji. Inilah yang membuat hubungan mereka bikin geregetan tapi gimanaaaa gitu.

Rating: ★★★★

03. Ani no Senaka (Ongoing)

04b9fcef0f0275bc83a3745b2c3be

Sinopsis: Berkisah tentang Yuki yang tinggal dengan sang kakak ipar–Keiichirou–yang dicintainya. Sepeninggal sang kakak–Haru, Yuki lah yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah, dan mengantar kepergian Keiichirou untuk bekerja. Hanya punggung itulah yang dilihat Yuki, menghilang saat pintu tertutup

Comment: kompleks abis! Kalau suka cerita yang berbau mellow dan sulit menebak endingnya, saya rasa ini cerita yang cuco untuk dibaca. Sebenarnya alur cerita ini cukup sulit karena bagaimanapun juga Keiichirou adalah kakak Ipar Yuki yang juga mencintai adik iparnya tersebut. Namun perasaan tersebut terhalang oleh rasa cintanya kepada sang istri yang sudah meninggal. Yuki pun bagaimanapun juga harus menahan diri dari Keiichirou meski mengetahui jika lelaki tersebut pun memiliki perasaan yang sama.

P.S. Sebenarnya di beberapa manga scanlation, komik ini belum tamat. Tapi kalo mau rajin-rajin baca versi Jepangnya sambil buka kamus, coba googling, dan ada scanlation manga ini sampe tamat.

Rating: ★★★★

02. Mou Ichido Nando Demo (Complete)

mou-ichido

Sinposis: Pada hari ulang tahunnya, Kotou Tarou mendapat telpon dari Fujii Kazuyo–kakak Takahiro, jika pacarnya tersebut baru saja masuk Rumah Sakit. Saat tersadar, Takahiro tak mengingat apapun yang telah terjadi dalam 2 tahun hubungannya dengan Kotou. Kotou yang menerima keadaan pun alih-alih berusaha meyakinkan Takahiro jika dirinya adalah kekasih pemuda tersebut, ia malah kembali berteman dengan Takahiro seperti 2 tahun yang lalu. Namun, saat dirinya mencoba tinggal bersama dengan Kotou, Takahiro malah jatuh cinta dengan sang adik; Kotou Tae.

Comment: Meski menurut saya artwork-nya lumayan boring; style shoujo manga tahun 90-an. Namun jalan dan ide cerita manga ini lumayan menarik dan worth sekali untuk dibaca. Cukup nyess di hati ketika Takahiro mengatakan “aku akan jatuh cinta dengan sendirinya kepada pacarku kelak,” dan Kotou lah yang mendengar hal tersebut.

Rating: ★★★★

01. Yamada to Shonen (Complete)

d_001

Sinopsis: Yamada adalah seorang laki-laki 26 tahun–single dan menganggap dirinya sudah om-om, yang menemukan seorang pemuda berseragam sekolah yang terkapar di antara semak-semak dalam perjalanannya ke rumah. Ia lalu membawanya pulang bersamanya dan mengurus sosok pemuda asing tersebut. Chihiro–pemuda tersebut, diketahui telah mabuk akibat patah hati. Yamada yang merasa simpati, shock saat mengetahui jika Chihiro adalah seorang gay. Namun ia merasa kasihan dengannya, maka Yamada pu  memperbolehkan Chihiro untuk kembali ke tempatnya kapanpun ia membutuhkan teman. Namun perlahan-lahan, Yamada mulai jatuh cinta kepada Chihiro.

Comment: Baguuuusss. Chihiro adalah bocah SMA yang memiliki sifat yang jarang ditemui Yamada yang notabene seorang pekerja proyek. Which in other word; kulproy cuy. Wkwk. Chihiro sebenarnya hanya ingin berterima kasih pada Yamada yang telah menyelamatkannya di taman dari rasa patah hatinya. Namun perlahan-lahan, kehadiran Chihiro membuat Yamada mempertanyakan untuk apa sebenarnya ia menolong Chihiro dan masih berhubungan dengannya bahkan setelah pemuda tersebut kembali seperti seida kala.
Entah lagi galau apa karena dengerin pake musik melow, saat baca ini saya nangis. Wkwk. Karena mungkin bacanya pas beres ngerjain skripsi. Jadi masih nyisa perih-perihnya gitu.

Rating: ★★★★★

other recommendations:
Recommended Yaoi Manga 1 | Recommended Yaoi Manga 2 | Recommended Yaoi Manga 4 | Recommended Yaoi Manga 5Recommended Yaoi Manga 6 | Recommended Yaoi Manga 7 | Recommended Yaoi Manga 8