Minna-san, konbanwa.

Kembali lagi dengan saya yang spending another week nonton pertandigan Figure Skating. Dan kali ini saya ngerasa dongkol banget-banget.

Kali ini yang akan saya ulas adalah perlehatan yang baru saja berakhir hari ini Taiwan, Taipei. Bingung kenapa benderanya ngga sama dengan yang dulu. Tapi males nilik sejarahnya, mungkin nanti ketika bacaan homo saya habis.

Berikut akan saya tuliskan pertandingan yang sudah saya ikuti sedari tanggal 23… 24? 24 kayaknya. Biar kata masih minggu ini, tapi setengah memori saya sudah hilang mengenai pertandingan ini.

Beware: 80% isinya curhat doang.

4 Continents Championship 2018
4-continents-2018-logo

Pertandingan dibuka dengan saya nonton Pair Skate. Ice Dance kelewatan, karena malem begadang dan bangun kesiangan. Itu juga cuma kebagian grup kedua terakhir. Untung aja bisa liat pair skatingnya Suzaki-Kihara yang membawakan lagu ‘Yuri On Ice’ untuk Short Program mereka.

yoi8.gif
Indah bangeeett

Mungkin karena ue suka lagunya dan suka kostum mereka, agak kandou juga pas mereka skatingin lagu ini. Kostumnya sukaaaa, simple elegan gitu, trus juga emang dari se album SukeTora nya Yuri!!! On Ice, paling suka FS nya Yuri.

Dan hari itu ditutup dengan beres nonton SP nya Ladies.

Sebenarnya diri ini menjago-kan Mai-chan untuk masuk delegasi Olimpiade, ngga tau kenapa. Kalo diminta berargumen, saya ngga bisa. Cuma suka aja sama Mai, dan ngarep doski yang ke PyeongChang. Tapi yasudahlah, Kao chan juga bagus.

ezgif.com-resize01.gif
favorite Ladies: Kobe sisters

Emang yang paling-paling mau dinyinyirin pertandingan Men sih.

Besoknya pertandingan Men dimulai setelah 2 jam beres Ice Dance. Seinget gueh. Tau deh pastinya berapa jam. Hari itu, seharian, gue stress. Gelisah tiada ampun gitu. Mau ngetik juga mikirnya lama. Sampe lah tuh saat pertandingan Men dimulai. Padahal baru Grup pertama, tapi pikiran udah ga karuan.

Siapa lagi yang bikin gue uring-uringan seharian.

ini manusianya btw
img_20180125_211513.jpg

 

Tau sih, yang namanya bisul udah bucat pas si Abang diumumin masuk jadi perwakilan Jepang di Olympiade ntar. Tapi ya kan tetep aja, doski bagus kalo tanding di dalem negeri. Liat aja personal bestnya kemaren 3-3nya dari NHK Trophy 2016 semua. Untung aja satu dari Audi Cup of China nambah.

Tapi sisanya kan?

Sampek punya teori kalo SP doski bagus, FSnya ble’e. Sudah terbukti di dua pertandingan akbar kemaren kok, CoC dan Ondrej Nepela Trophy 2017. Jadi, kekhawatiran, fuan, dan apalah yang bikin kokoro ngga enak itu kalo pas ternyata SP bagus.

Eh, beneran. SP nya masuk 3 besar. Ampun, ampunan deh nunggu 2 hari ngga enak banget. Untung aja pas bagian cewek, sesuai ekspektasi kalo podium disambet cewek Jepun semua. Ice Dance sama Pair Skate lagi-lagi kelewatan ngga nonton. Skip. Walaupun hasilnya adalah guhe keserempet lagu ‘Romeo Juliet‘ nya Nino Rota.

Meski demikian, cukup shock juga liat Satoko yang tiba-tiba jatoh. Gilak! Satoko! Kemaren SP nya yang ke satu, terus jatoh. Walau bukan jatoh yang gimana dan bikin guhe melintir ngga karuan, tapi tetep aja jatoh yang berarti deduksi.

Dan bener aja endingnya, Satoko turun ke posisi 3. Walau tetep aja naik podium, ngeliat Satoko nangis karena penyesalan itu… kayak apa ya. Perih juga. Walau pang pang na mah ngedukung lakik, dan cuma satu orang, tapi sedih juga liat Satoko cirambay mata merah gitu. Itu Satoko loh, yang istilahnya zettai Jouou nya Jepang. Yang pasti naik ke podium donna shiai demo.

IMG_20180127_215358

Gimana Keiji?

Aduuuh, seketika inget si abang yang remahan peyek udang. Saya suka kok. Apalagi makannya sama nasi anget. Keiji itu apa ya, hobi meleset dari ekspektasi gue. Inget kasusnya di CoC kan? dari 4 ke 8. Ini dari 3 ke berapa coba entar merosotnya.

Buat si abang sampe ke posisi 3 aja doanya udah mati-matian sampe keyboard kebanting-banting saking gemesnya. Gimana mempertahankan posisi 3 coba?? Kudu ngebunyiin gong gede kuil Zenkoji gitu??

Emang harusnya gue percaya sama Keiji sih, percaya kalo doski bisa naik podium. Secara kebanggaannya Jepun. Apalagi daihyo nya olympic, pasti beda lah menu latihannya sama atlet lain. Tapi ya gimana, pasti adaaaa aja kelakuan kalo Keiji tampil tuh 😦

Akhirnya tiba lah saat-saat grup jelang akhir. Dua grup terakhir. Biasanya skater yang tampil itu rata-rata menduduki posisi satu atau dua setelah tampil. Tapi, ini, di grup 3, kebanyakan menduduki posisi 3 ke bawah. Engga tau ada apa dan kenapa. Kan jadi mikir yang engga-engga gue nya. Gimana entar grup akhir?? Bisa-bisa keyboard abis gue gigitin.

Masuklah grup ke empat. Isinya 6 orang.
Keiji dua terakhir. Setelah Shoma.

Perasaan udah ga karuan. Mana masih sebel sama kostumnya season ini, ditambah lagi cover blade si abang yang warnanya beda. Sebelah warna yang dulu (ungu-ijo) sebelah lagi warna merah. Kenapa belang gitu coba? Keseell liatnya. Biar kata doyan bebersih, tapi ini anak ngga kanpeki shuugi keknya. Btw warna ijo-ungu, Evangelion banget ga sih warnanya? Dasar otaku. Sebal. Eh, ditambah Shoma ganti kostum jadi kuning banana gitu.

duiukq8vaaa4o6g
“Kan kayak piyik, minion, apalah you name it,”

Sampe temen bilang kalo Shoma kayak Shachihokonya Nagoya-Jou. Gua ngakak. Emang tante yang satu ini unpredictable. Temen gue yang di Yamagata btw, jaman bareng nonton PIW hahaha.

“Biarkanlah kesal ini aku yang rasa, jangan kamu. Berat rasanya”

*ngutip line film yang lagi tayang*

Beres tuh, Han Yan tampilnya. Tibalah giliran Keiji. Sejauh yang ditonton, bahasanya mah zenhan, masih belum ada apa-apa tuh. Jump nya juga ga ada yang jatoh, chakuhyo semua. Pas mau kohan, diketok pintu rumah ue yang ternyata sama bapak RT, bilang kalo KTP si gendod udah jadi.

“Adek gue ga gendod, tapi hobi aja ngatain doski begitu”

Jadi aja minogashita beberapa detik penampilan Keiji sambil gue uring-uringan ngeladenin tanda tangan keabsahan penghuni rumah ini buat ikut pilkada. Ngehe emang. Ngga tau apa yang terjadi di tengah-tengah, tapi katanya Keiji ngga jatuh, segitu aja udah sukur. Terus juga TES nya*?) penilaian tekniknya, masih jauh dari nilai sebelumnya yakni milik si endud Shoma. Shoma 106 sekian, Keiji cuma nyampe 87 point sekian. Udah pasrah aja.

Yang mana hasilnya adalah Keiji ada di posisi 5 buat FS nya yang bikin keyboard beneran kebanting dan gue langsung drop. Sebel ah, mau pindah haluan aja. Dukung Nathan kayaknya ngga akan kecewa. Endingnya, Keiji menempati posisi ke 4 dari nilai keseluruhan. Turun satu posisi. Tuh kaaaaaaaan??? Ingetin gue buat jambak Keiji kalo ketemu.

“Halah, sok sok an mau jambak, kemaren di PIW minta foto aja udah gabisa ngomong, gimana minta jambak, gagu kalik??”

Tapi meski di twitter gue ngamuk-ngamuk, tapi di sini jadi sadar satu hal pas inget lagi kemaren Satton nangis. Meski gue ngamuk, tapi Keiji juga pasti nyesel karena ngga dapet podium. Orang mokuhyou awalnya juga mezase buat podium, dan kali ini terlepas, apalagi doski juga keitungnya harapan bangsa buat di Olympic. Ya apalah hak gue buat ngomel-ngomel kalo honnin nya aja nyengir lebar di kisu kurai ngelelehin hati yang udah bulukan ngga keisi sejak….. Kengo san pensiun coba??

screenshot_20180127-203159.png

Endingnya yaaa sebagai fans harus positive, ngedoain yang terbaik.

Dipikir-pikir beruntung juga ngedukung Keiji. Akhir-akhir ini banyak foto sama berita Keiji. Coba yang ngefans Yuzu, beliau lagi cidera parah dan berita mengenai Yuzu sedikit. Untungnya akhir-akhir ini sudah sembuh dan akan terbang ke PyeongChang untuk mulai latihan… awal Februari gitu ya? Otsukare kalian, fans Yuzu. Setelah ini, Yuzu pasti akan berkilau lagi…. Keiji apalah, doski jadi pilihan Jepun buat ke Olympic aja gue nangis sesenggukan. Bukan Zettai Ouja soalnya…

Zettai Ouja apaan ya….

Zettai Ouja tuh kayak Yuzu, Patrick, Nathan, Shoma… udah itu mah pasti naik podium. Nah kalo Keiji, duh jangankan juara satu, naik podium aja udah sukur. Ngga deng, ngga jatuh aja udah sukur. Nyeri banget liat doski jatuh tetiba di CoC, bikin ngejerit sampe anak samping kamar kosan yang cekakakan diem dulu.

Untuk Olympic mah dia gue ga muluk-muluk, Keiji yang rajin dan kuat aja latihannya (sehari latihan 5 kali dari subuh sampe tengah malem) subuhnya Jepun btw, sama jangan cidera aja. Udah itu. Terus juga pengennya harapan Keiji yang mana pengen engi nya di Olympic nanti diinget banyak orang juga semoga terkabul. Udah, Olympic mah ga akan ngarep doski Hyoshoudai.

Udah tuh, beres. Patah hati Keiji ngga naik podium udah sembuh.

Ditinggal mandi tuh, udah sore juga. Udah waktunya mangkal. Emang gue tukang baso.

Karena Keiji posisi ke-4, tanoshimi doooooong yang namanya gala. Secara lama bangeeettt ga liat gala Keiji semenjak Asian Open. Itu juga Asian Open galanya siang. Ngga berasa gala. Medalists On Ice??? haduh, itu mah gala yang di ice-show kan. Tidak kerasa gala. Jadi pengen bangeeet hisabisa ni liat Keiji gala. Entah mau ‘Spirited Away‘ nya Hisaishi Joe apa mau ‘Just Like Fire‘ nya P!nk, terus ngegodain penonton di depannya, BEBAS. Gak akan cemburu, aku mah apa atuh, selingkuhan juga masih mending. Cuma pengen Keiji gala. Udah gitu aja.

Soalnya pernah pas kapaaan gitu, Ada rank yang di bawah Keiji tampil gala, sedang Keiji ngga. Kan gondok, kayak eceng.

Nah, sambil mandi sambil ngarep kalo Keiji tampil gala. Dari FS ke gala itu cuma sejam, dan gue ngehabisin 40 menit buat main Tsum-Tsum. Lucuk kek Shoma. Makanya betah maenin Tsum Tsum. Jadi, cuma sisa 20 menit. Mandi tuh buru-buru demi liat Gala.

Pas beres mandi, gala baru mulai. Sebelum nonton, liat twitter dulu yang mana biasanya fans apdet daftar entry gala. Lumayan berharap soalnya Men Single dapet 6 spot. Bisa kaliiik juara ke-4 dapet spot, Dabin yang posisi ke 4 Ladies aja ada. Nah, pas diliat, nama Keiji ngga ada. Sedangkan Elladj, yang posisi ke 8 ada.

“KOK BISA????”

Ternyata emang Keiji ngga masuk Gala……………………. kayanya bukan gegara doski posisi ke 4 tapi bau-baunya Keiji ga siap gala. Entah entjok atau ngga bawa kostum.

“Kalo baai nya ngga bawa kostum, YA PAKEK KEMEJA DONG. HELLO, ELO TUH GANTENG NAJIS KALO PAKEK KEMEJA. GANTENGNYA NDOSANI,”

Sumpah di sini, gondok yang tadinya mulai sembuh, mendadak nempel lagi ditenggorokan. Kesel banget sumpah, kenapa gala doang ngga tampil???? Apa maksudnya coba?? Mau creambath bakal gala dinner entar??? Capek ah. Alhasil dari sini manyun terus. Mana gala mati lampu dan link streamingan ga lanjut nge-live. Lengkap sudah nestapa hari ini.

Tapi terlepas dari Keiji ngga tampil gala, gue cuma bisa doain si abang sehat selalu. Sehat ya bang, please. Karena dari Zennihon sampe detik ini, kalo ngeliat berita tentang Keiji itu pasti berita latihannya. Dan kadang ngga tega juga ngeliat doski jungkir balik latihan tapi ya mau gimana, ini Olympic beroooh, dan harus kudu bener-bener latihan. Apalagi senpai dandy ehem kece ehem Daisuke sampe turun tangan ngelatih ini anak. Jadi kudu bener-bener biar performa di Olympic bisa maksimal.

Otsukaresama, Keiji.
Yoku ganbatta no ne.
Olympic, hijou ni tanoshimi ni shiteiru kara, jibun no saiko engi wo subereru you ganbatte kudasai.

current song: Quidam – Carrousel
current mood: sakit perut
location: Home desu!

-Ijou!!-