Minna-san, konnichiwa.
Selamat hari terakhir di penghujung tahun 2017.

Setelah lebih dari sebulan saya tidak apdet, kali ini saya akan banyak menulis tentang kabar akhir-akhir ini.

Alhamdulillah, atas semua dukungan dari banyak pihak akhirnya saya resmi lulus dari Sastra Jepang Universitas Padjadjaran. Setelah sekian lama ketakutan saya akan sidang, akhirnya tiba juga harinya, dan ternyata tidak semenakutkan yang saya kira. Huahahahah.

Lalu, akhir tahun untuk saya saya dapat banyak sekali kenangan manis di tahun ini. Salah satunya ketika Keiji akhirnya masuk sebagai perwakilan dari Tim Jepang untuk olimpiade PyeongChang 2018. Ngga sia sia doa gue depan koban Sakaori.

Saya lulus, dan Keiji sebagai perwakilan Winter Olympic adalah dua hadiah terbesar akhir tahun ini.

Selengkapnya akan saya tuliskan 4 hari mendebarkan tepat setelah sidang tanggal 20, lalu lanjut pertandingan Japan Nationals 2017 yang mana akhir pertandingan tersebut diumumkannya perwakilan atlet-atlet untuk cabang Figure Skating di PyeongChang Olympic 2018.

tumblr_inline_p16zf0ScUd1qm80iy_500
ALL JAPAN FIGURE SKATING CHAMPIONSHIP 2017

Japan Nationals atau yang kelak akan saya tuliskan sebagai Zennihon ini dimulai tepat ketika saya beres sidang. Sidang yang merupakan salah satu agenda bucat bisul bagi saya ini, ternyata ngga mampu membuat saya bernafas lega saat menonton Zennihon karena pasalnya, Zennihon ini adalah penentuan teakhir bagi para delegasi yang lolos masuk kualifikasi ke PyeongChang 2018.

Zennihon bagi saya diawali dengan absennya Yuzuru dari pertandingan akbar tahunan FS Jepang ini, dikarenakan cidera yang dialaminya sejak NHK Trophy bulan lalu. Sebenernya tanoshimi sekali melihat Yuzu, Shoma, Keiji satu rink lagi semenjak Worlds 2017 kemarin dan my favorite kinds of podium brothers, tapi nyatanya Yuzu harus WD untuk yang kedua kalinya di Zennihon setelah season kemarin pun tidak turut serta karena flu.

Kalo iya kan lucu aja ngeliat 3 kakak-adek ini berendeng di podium.

1499001250474

ga paham lagi, mereka unyu bangettt

Ngomong-ngomong soal Desember, saat GPF kemarin saya bertemu dengan sesama fans skating juga yang berdomisili di Surakarta yang saya kenal melalui twitter saat masih bersarang di Yamanashi. Karena terpikirkan akan sidang akhir November, maka saya merencanakan perjalanan akhir tahun saya ke Surakarta pada awal Desember, yang nyatanya ternyata saya sidang akhir Desember. Lalu saat jadwal tanding FS Ladies Zennihon, saya juga kembali bertemu dengan teman sukeota dari twitter yang nyatanya kami tinggal dekat, dan masih satu daerah; Bandung. Memang rejeki bertemu mereka di bulan penuh pertandingan wayah gini kali ya.

Lanjut memasuki Zennihon.

Bukannya ngga menikmati pertandingan Ladies, tapi ngga tau kenapa kalo nonton Men itu lebih deg-degan dan lebih sering air mata terurai di pertandingan Men ketimbang Ladies, Pair maupun Ice Dance. Jadi, Pertandingan Ladies berakhir dengan Satoko di posisi pertama SP, menyusul Kaori lalu my favorite Ladies; Rika Hongo.

Esoknya di lanjut memasuki SP Men. Yang mana gue ternyata diajakin sketingan di PVJ sama bujang bujang keladi temen seangkatan yang sudah lulus duluan. Namun apa daya ternyata ice rink PVJ lagi di renovasi yang malah bikin kita bingung keliling Bandung.

Mendekati jam pertandingan Short Program Men, akhirnya guheh terdampar di BEC sambil nungguin yang lakik pada maghriban dulu. Yang namanya Fujitere, bukan lagi sahabat kalo sudah di luar Jepun. Hampir seluruh link streaming di blok dan akhirnya bergantung pada salah satu situs streaming China. Weibo? QQ? Apalah gue lupa yang akhirnya bisa bikin guheh nonton SP dengan server super mandek padahal udah isi kuota full yang istilahnya mau itu kuota 7 GB abis saat itu juga gegara streamingan juga udah ikhlas, namun apa daya nyatanya servernya sendiri juga bapuk.

Nontonlah gue ditemenin si kokoh Ming yang ngga solat dan bisa sketingan ini, di Food Court sambil nungguin dua bujang keladi lainnya.

Sesungguhnya diri ini ingin sekali nonton Short Program Taichi yang ditontonnya pertama kali di perhelatan PIW Tokyo pertengahan Juli tahun ini sepulangnya dari Kurashiki kemarin. Selain fun to watch, Mambo juga menampilkan sosok Taichi yang friendly menurut saya. Maka itu, pengeeen banget nonton SP Taichi yang nyatanya ngga bisa ke tonton karena server bapuk.

HondaTaichi-SPMamboJN017“eeaakk eaakk”

Ditengah-tengah desperate mau nonton programnya Sota yang kembali dari cideranya kemarin, anak ini harus segera move on karena Keiji akan tampil tak lama setelah Sota di penghujung grup ke empat.

tumblr_p1d21tbhmj1rqqvu8o1_400

Ngga berapa lama setelah penantian yang menguji kesabaran tingkat dewa, tibalah penampilan Keiji. Dari sebal, yang namanya deg-degan di dada berubah jadi cemas. Khawatir, apapun lah namanya. Gimana engga. Cup of China kemarin yang jadi tolok ukur perbandingan aja coba ditonton dulu. Keiji, beres cidera pinggang. Di Free Programnya, doski nanigenai tetiba nyuksruk dan terjun dari 4 ke posisi 7… apa 8 gitu. Kan sekot jantung kelamaan dibawa nonton program dia. Gue mau mewek, tapi malu ini foodcourtnya BEC. Akhirnya cuma bisa doa sama dewa kuota dan jaringan seluler semoga ada rejekinya server bagus pas Keiji tampil.

Membawakan program ‘Memories‘ aransemen Gary Moore yang gue bilang instrumennya mirip petikan gitar bang Rhoma Irama, dan ngga pernah doyan sama kostum Keiji yang SP. Dan ngga suka sama kostumnya di season ini. Dua duanya jelek. Jaman Fellini season kemaren masih bagus dan keceng able, tapi kostumnya season ini… GAK. Ampun.

tumblr_p1ext0hdsf1st50k0o1_400“tapi suka sama ekspresinya yang ini….”

Singkat cerita SP selesai dengan server ndut ndutan, dan membawa Keiji pada posisi kedua dengan tokuten SP yang naik lagi dari sebelumnya di COC cuma 87.19, jadi 91.34. Gue loncat. Meski ngga teriak tapi loncat. Gils, melampaui bayangan gue yang dikira skornya bakal bertahan di 80 tok.

tumblr_p1do5fugbt1wq115qo3_r1_540

Cuma ada satu yang bikin khawatir.

Keiji itu biasanya kalo SP nya bagus, FS nya ble’e. Iya persis kek jaman Ondrej Nepela Trophy atau Cup of China kemaren. Makanya, di ajang pengumuman delegasi ke Olympic kek gini, hal-hal kek FS ble’e itu bakal bikin deg degan. Makanya berdoa sungguh sungguh adalah hal yang cuma bisa dilakukan mengingat ngefans Keiji ini ngga segampang ngefans Shoma apalagi Yuzu yang namanya deket banget sama gold medal.

SP pun ditutup dengan guhe balik ke kosan tanpa nonton penampilan SP si gendud Shoma.

tumblr_p1lqpmvrje1w8b0abo2_400

Lanjut ke FS Ladies, dimana pengumuman delegasi Ladies diundur saat pas beres FS Men. Ladies hampir ga ada gregetnya sih, paling cuma kandou dengan Mai-chan. Pengen juga sih Mai berangkat ke Oly 😦 kinda ngeship anak ini dengan Nathan. Huihihihi, tapi yah masih kecil sih. Pacaran mah entar aja ya. Siapa tau jodohnya Nathan malah gue //plak

Tibalah kita di hari FS Men.

Ada sedikit drama di hari ini, tanggal 24 Desember.

Jadi, setelah selesai happyou ronbun, apalah bahasanya mah sidang, kita sepakat untuk menganulir kosan di Nangor, which means itu artinya, untuk revisian dan segala teteq bengeq nya, ini anak akan PP Tangerang-Nangor tanpa punya kosan lagi di Jatinangor.

“Mampus, bengek bengek dah,”

Maka, tanggal 24 disepakarti sebagai hari pindahan. Dimana apa yang dibayangkan anak ini adalah barang-barang diangkut ke rumah. Ternyata jelang hari H, juragan nilpun dan bilang tidak bisa menjemput, dan sebagai gantinya akan dikirim utusan dari Tajur yang merupakan si abang kedua yang kini memang sudah memiliki mobil prbadi. Ya udahlah, yang penting guhe ga luntang lantung di terminal Bekasi nenegkel baju kotor 4 kresek.

Jadi tuh dijemput si aa, dengan syarat, nganterin nyonyah alias si mamak, nyekar dulu ke makam kakek nenek. Bae lah, toh gue juga belum say hi, sepulangnya dari Jepun.

Beres makan seblak, kita pun bertolak dari Jatinangor ke Tasikmalaya. Ngga Tasik banget sih. Sampai di tengah jalan, terjadi percakapan antara seorang ibu dengan anak keduanya;

M: “Nanti ingetin ke Rajapolah ya, mau beli sapu,”
A: “Besok ya, Rajapolah mah, sekarang nyampe, istirahat aja dulu”

Di sini gue mencium niat niat tidak sedap dimana bau baunya, gue masih harus nahan diri dulu buat ketemu rumah dan say hellow sama wifi dewa yang bikin gue cinta rumah. Sampe akhirnya dikonfirm kepada Jenderal tertinggi di rumah; si mamak.

Gue: “Emang nginep?”
Mamak: “Emang kamu ngga tau?”

Dhuar.

Sayonara FS Men, gua bakal terdampar di desa Ciawi yang siaran tipinya aja sekarat gimana jaringan sinyal 4G nya, mampus parah. Tapi gimana, ini Keiji loh! Pengumuman Olympic, dan krusial sekali untuk kebutuhan saya sebagai sukeota.

Dan akhirnya guhe ngambek sama si mamah buat beliin kuota kalo kalo ditengah gue nonton kuota beak.

FS Men dimulai jam 5 saat guhe beres mandi, udah ngeteh dan pemanasan rajawali butterfly buat merdeka macam Lady Liberty nyari sinyal diujung langit.

Tibalah kita langsung dari grup ke tiga.

Sayangnya di sini SP Taichi tidak disiarkan, dan sudah ditampilkan terlebih dahulu tanpa masuk tipi 😦

Masuk ke FS nya Fey; Hino Ryuju. Dari geng Otoko Kaiwa yang terdiri dari Yuzu-Keiji, Fey, buat guhe Fey adalah anak kalem. Yuzu narsis, Keiji alay. Fey kalem. Dan saya suka sekali lagu FS nya Fey sampe nempel di kepala berhari hari setelah pertandingan.

tumblr_p1biywtsc71wq115qo1_400“keliatan kan yang mana yang alay, yang mana yang kalem,”

Fey beres, guhe ga bisa fokus ke penampilan skater lain, kecuali ngarep Keiji ngga ilang konsentrasi, lalu ngejubruk di atas es, dan kena deduksi. Hiiy amit, amit.

Apalagi program Phantom of The Opera-nya Mura-san bagus banget, gue aja kandou ngeliatnya, yah dibandingin Fellini Medleynya Keiji, gue aja jiper. Gimana kalo nyatanya Mura san yang naik ke delegasi Olympic, secara Zennihon 2017 kali ini menandakan 13 kalinya Mura-san berpartisipasi di pertandingan Nasional ini. Duh, hati…

tumblr_p1j7p7ykij1rqqvu8o1_400

Tibalah FS Keiji.

Meski ada beberapa titik yang bikin nafas naik turun ngga karuan, dan sempet nyentuh es, tapi so far FS Keiji di Zennihon 2017 ini bis adibilang licin. Safe lah. Ngga se be’eng jaman Ondrej yang jatohnya berkali kali.

tumblr_p1h9g6loyg1wq115qo1_540

Dan tokutennya pun cukup bikin gue loncat di beranda rumah si Nini saking girangnya.

tumblr_p1h9g6loyg1wq115qo2_r1_540“Hayashi sensei aja girang banget,”

Jadiii, ada beberapa coach favorite saya, salah satunya adalah Hayashi sensei, coachnya Keiji dari jaman piyik. SD? SMP? Gitu lah. Nah, Keiji sama Hayashi sensei ini always canggung kalo beres tanding dan duduk bareng di kisukura. Ngga kayak coach lainnya yang peluk anak asuhnya kalo beres tanding, Hayashi sensei cuma manggut manggut dan paing banter nepok pundak doang. Padahal kalo boleh ngitung, mereka udah bareng ninin sankyaku lebih dari 10 tahun. Kok ga mesra yak. Gemes banget iniii liatnyaaaa. Nah pas Cup of China kemaren, pas akhirnya Keiji memperbaharui personal best SPnya, ada satu momen dimana Hayashi coach proud coach banget, dan pas Zennihon kemaren, gue banyak liat momen doski nyengir ngeliat enginya Keiji. Apalagi coach nya Keiji yang satunya; Utako-sensei, yang juga banyak ngecoach Takahashi Daisukesenpainya Keiji, dateng dan liat penampilan ini anak. Uhuy banget gak sih~

Pengen kali kali mereka berdua, bertiga deh sama Utako-sensei, di interview nanigenai, hal hal yang kudaranai gituuu biar kita tauuu kalian murid-coach sepuluh tahun lebih kayak mana siiih (ง ื▿ ื)ว

COC2017KEIJISP

Tapiiiiiii. Walau Keiji secure diposisi kedua, posisi delegasi Men di Olympiade masih memungkinkan diberikan ke Mura-san, secara sepak terjangnya udah 13 tahun ikut Nationals, Keiji mah apa ya ampuun. Di situ, beres nonton si endud, mulai tutup hape, lalu sholat.

Ngga, sholat mah wajib wkwkwk. Maksudnya, udah tuh bodo amat sama pengumuman Olympic. Gue mau tidur. Besoknya pasti disuruh bangun pagi lalu mandi, sementara daerah Ciawi itu sukaknya berkisar antara 20-22 derajat which menurut Ik itu dingin dan tidak pantas untuk mandi. Pas lagi tiduran enaq main blossom (yang tau jangan dimaenin, candu parah njir) tiba-tiba dateng chat dari teman yang domisili Yamanashi.

Sebut saja H-san.

H-san (lah malah jadi kayak Hasan) ini tau kalo gue keserempet dan naksir berat sama Keiji. Iya gua naksir. Dan Hasan ini adalah tempat curhat gue, kalau kalau ini anak tetiba galau inget Keiji, atau nemuin apapun yang bau nya Keiji.
Tetiba doski ngechat dan bilang ‘LIHAT TIPI SEKARANG

Lah gua kan gabisa nonton Fujiterebi kalo bukan dari laptop, dan di rumah si Nini itu imposibru banget buat buka laptop saat itu juga karena wilayahnya yang kalo habis isya pasti sunyi. Sunyi banget.

Akhirnya gue cuma pasrah dan bales emot nangis.

th_101_
DOSKI VIDEO CALL DONG, NGASI LIAT TIPINYA YANG NAYANGIN PENGUMUMAN DELEGASI OLYMPIADE, DAN KEIJI MASUK!!

Ngga pake assalamualaikum lagi sama si mamak yang udah ngiler di sebelah guhe, guhe keluar langsung nyari in streamingan Fujiterebi.

tumblr_p1gytezpe21r1yaqpo1_540KEIJI MASUK JADI DELEGASI FS DI PYEONGCHANG2018 BARENG SHOMA YUZU DONG

th_087_
My cute podium brotherssssss

Pengumuman delegasi beres, dan mendadak TL penuh sama foto dan link berita Keiji. Tau kan anak ini ke Kurashiki jaman Keiji menang Gold di Asian Open di Hongkong Agustus kemaren? yang namanya Kurashiki eki itu polos ngga ada tulisan ‘SELAMAT KEIJI SUDAH DAPET GOLD‘ dsb. Tapiiiii pas baca di twitter doski dapet banner segede alaihim pas menang silver di Zennihon, guhe mau nangis karena ngga bisa ke Kurashiki buat putu.

“yang namanya shutsujo di Olympic emang prestise nya lebih dari Asian Open,”

Setelah selesai pengumuman, keesokan harinya adalah ice show MEDALISTS ON ICE 2O17 yang merupakan rangkaian exhibition Zennihon yang dikemas sebagai ice show.

MOI2017_CIC_HPbanner

Nah, di MOI 2017 ini, banyak banget segmen yang unyu dan sayang banget buat dilewatin. Kayak persembahan kouhai-kouhai skater junior yang membawakan FS seniornya, trus para penonton yang ngasih cahaya ponselnya buat ngirim delegasi Olympic ini ke PyeongChang (╥﹏╥)

tumblr_p1ok3ulg0d1wq115qo4_r1_400

Dan Keiji kembali membawakan ‘JUST LIKE FIRE‘ yang ditampilin waktu PIW Mei tahun ini. Dan sebelum membawakan program yang kata gue, iroke, iroppoi, apalah erosnya afuredasu ini, Keiji dengan dodolnya nanya ke Daisuke; senpainya yang lagi gawe jadi reporter tentang gimana caranya ngeluarin eros dalam diri sendiri.

tumblr_p1k72x1hy21taaxqao4_540
“Terus Daisuke geli sendiri ditanya begitu,”

Kalo gue ya, pengen banget ngomel.

63d4808b
“Loe pikir jantung gue sakit ngeliat Just Like Fire eloh di PIW kemaren itu gegara apa? Segitu masih kurang dibilang eros?? Segitu penonton di depan eloh sampek mero mero ngeliat eloh lewat di depan mereka,”

Ngga cuma penampilan kojinteki, apalah yas kojinteki itu. Pergantian dari satu penampilan skater ke skater lain juga cuco. Kayak Keiji yang gantian sama Satoko, dan somehow gue malah suka adegan exchange yang oenjoe ini. Meski lebih unyu lagi kalo dilakuin bareng gue sih….

tumblr_p1ku5lzkdl1w4m341o2_540

“Elo yang bahkan ngga bisa skatingan ko?”

Dan the best part dimana Keiji maju sebagai perwakilan Jepun di FS Winter Olympic bareng Yuzu Shoma, adalah membludaknya foto-foto abang adek unyu ini. Dimulai aja dulu dari bareng si adek. Sama Yuzu mah belom karena honninnya juga belum recovery.

tumblr_p1hi2osrdz1w4fsv3o1_500“tuhkan, baru foto aja udah unyu gitu”

Ngga tau. Demen aja kalo ada kombinasi Keiji-Yuzu-Shoma (⁄ ⁄>⁄ ▽ ⁄<⁄ ⁄) beneran kayak abang adek sih. Apalagi Shoma usil setengah mati sama Keiji. Kalo iya sampe sekamar sama si adek, gue cuma ngebayangin Keiji nabokin Shoma yang sengaja ngentutin abangnya karena iseng.

Keiji, selamat ya, sudah terwujud satu cita cita masa kecil kamyuu (*¯ ³¯*)♡ Terus Kurashiki Geijutsu Kagaku Univ nyelenggarain ‘selametan’ gitu buat Keiji. Background acaranya persis kayak jaman Daichan dapet Bronze pas Olympiade Vancouver gitu?

tumblr_ozu1pwwigo1wq115qo8_r1_400IMG_20171229_104526

Alhamdulillah ya, dulu bagian yang ngasih, sekarang bagian yang menerima hanataba nya (♡˙︶˙♡) syukak deeh liatnyaaaa.

Doaku buat Olympiade ini, adalah mendukung mimpi Keiji. Semoga memang sesuai harapan, dan jadi engi yang bisa dikenang positive sepanjang masa.

tumblr_p1h6phhjas1ty4cy5o1_540
Ganbare, deka!

current song: Cirque du Soleil – Quidam
current mood: pengen gorengan
location: Home desu!

-Ijou!-