Minna-san, konbanwa.

Kembali dengan saya yang baru selesai merevive hdd-nya yang rusak gegara main colok ke tipi hotel. Yang aturan NTFS malah jadi RAW. Mana di HDD itu banyak koleksi foto-foto setahun saya di Jepang yang bakal digunakan untuk laporan (jangan lupakan koleksi doujin-doujin homo yang udah susah dicari)

Dan tepat di tanggal 23 kemarin (waktu Indonesia mah tanggal 24) 2 pertandingan pembuka season Olimpiade berakhir.

Berikut adalah ulasan lengkap yang akan saya tuliskan mengenai keduanya. Post ini cuma fokus ke Keiji, Yuzu dan Javier. Ryuju nyelip disela-sela.

cropped-cropped-cropped-on_trophy_2017_ticketportal_banner_1280x350px-4

Ondrej Nepela Trophy 2017 yang dilaksanakan di Bratislava, Slovakia. Autumn Classic International 2017 yang dilaksanakan di Quebec, Kanada. Digelar pada jangka hari yang sama; 21-23 September 2017. Untungnya grup Men Single nya beda jam, jadi sempet liat dua-duanya.

Meski sudah di Indonesia, untungnya kedua kejuaraan tersebut menyiarkan petrtandingannya secara live di link streaming yang untungnya ngga pake region lock jadi jelata kayak saya bisa nonton meski awalnya kekejetan gegara ngga nemu link Ondrej dan pas hari terakhir internet rumah matik total. Namun alhamdulillah akhirnya semua bisa ditonton secara live.

2016-autumn-classic-international-1440-810

Pada Autumn Classic International tahun ini, Jepang menurunkan 2 jagoannya pada Men Single; Hanyu Yuzuru dan Murakami Daisuke (Dice). Dan yang berlaga pada ACI 2017 ini, selain team Japan yang saya dukung, adalah senor tampan yang bikin anak ini cengar-cengir kalo dengar beliau ngomong; Javier Fernandez dengan aksen Spanyol nya yang uunch, dan adek tampan dari Uzbekistan; Misha Ge. Adek? FYI Misha tahun ini berusia 26 tahun, namun karena menurut saya mukaknya Misha itu baby face dan mulus buingits, dikirain Misha masih usia 19 tahunan. Ga taunya, dia bahkan lebih tua dari Yuzu.

tumblr_ows5wah3mi1tz1dkno1_1280

Tau kan awalnya ini anak suka Misha?

Lanjut ke 25th Ondrej Nepela Trophy. Pada turnamen di Slovakia ini, Jepang menurunkan 2 punggawanya; Tanaka Keiji dan Hino Ryuju. Deka sama Fey. Pasangan yang sama yang kemarin turun di Asian Open di Hongkong kemarin, dan Hongo Rika di partai Ladies Single. My favorite!

Kalo dulu, waktu live streaming dikonversi langsung ke waktu Jepang, namun sekarang harus konversi sendiri karena Indonesia ngga ngasih tau gituan dan apa-apa kudu nyari sendiri di sini. Jadi aja Slovak -5 jam dari WIB, dan Kanada -11 jam.

Inilah reportase berdasarkan urutan nonton.

Yang pertama di tonton pasti Men Single-nya Ondrej dulu, karena paling duluan. Apalagi ada Keiji, makin-makin lah anak ini kudu nonton. Gabole pasrah kayak PIW kemaren yang ngga bisa ditonton di tipi karena keterbatasan BS dan CS di tipi lounge. Berjuang mencari link-link streaming, akhirnya ditemukanlah satu channel YouTube yang menunjukkan akan menayangkan pertandingan tersebut. Kebetulan Keiji dapat entry pertama, yang disusul Ryuju di giliran berikutnya. Jadi ngga boleh terlewat.

Penampilan Keiji di pertandingan kali ini penuh dengan Triple, tanpa Quad, Keiji berhasil menampilkan SP Memories dengan kostum barunya tanpa miss, yang menempatkan Keiji di posisi ke-4 dari keseluruhan penampilan Short Program dan Ryuju di posisi ke 6.

tumblr_ownc7pm6n91wq115qo1_400

Kostum SP nya kali ini berbeda dengan apa yang saya nyinyirkan kemarin. Meski masih sama dengan konsep hitam-tak-terlihat nya, kostum kali ini memiliki potongan yang mirip dengan SP Primavera season kemarin dan dipadukan dengan kemeja hitam yang sempat dipakainya pada pagelaran ice show musim panas kemarin. Dengan belahan dada yang cukup rendah, lebih rendah dari kostum kemeja-nya kayaknya, dan konsep kemeja-nya. Ada beberapa poin yang membuat saya kesal, namun ada juga beberapa titik yang menyelamatkan saya.

Yang bikin kesal;
1. DADA. Meski kalo ayam saya suka dada, tapi ngga cuco kalo Keiji pamer dada. ITU!. Pengennya Kostum tertutup kayak yang di Asian Open kemaren, secara mulai musim gugur dan ice rink itu dingin sangat. Meski manatsu.
2. Warna hitam. Iya, meski Keiji itu cocok dengan warna hitam, tapi jangan hitam semua dong ganteng. Detail kostumnya ga keliataaaaaaan sayaaaaaang. Duh, gue jenggut juga tuh rambut asli.

Namun terlepas dari dua hal itu, saya rasa desainnya oke oce saja, meski bagian pinggang kebawah mirip potongan kostum Primavera-nya–dan saya tidak suka. Saking tidak suka-nya, sampai mimpi ketemu Keiji, dan kita berbincang. Lalu Keiji bertanya ‘Kostum saya yang paling bagus, yang mana? Primavera kan?‘ yang saya jawab cepat, ‘tidak, yang itu jelek‘ tanpa sempat saya puji kostum FS Fellini-nya yang saya suka sekali–potongan kemeja santai dengan tangan digulung sebatas siku.

Kalo aja nantinya di season mendatang, Keiji bakal pake tipe kemeja lagi, berwarna putih dan digulung lengannya, entah saya bakal fokus liatin programnya atau sosoknya Keiji.

Beres nonton Ondrej, saya pun tidur dan bangun keesokan paginya di jam 6 dan langsung standby di dailymotion untuk menonton pertandingan Skate Canada ACI 2017. Yuzu masuk di grup kedua kalo ngga salah. Jadi, pada pertandingan kali ini, anak-anak asuh Brian Orser; Yuzu, Javi, dan Nam, semuanya berada di sini memperebutkan medali di partai yang sama. Urutan tampil SP kemarin kalau tidak salah Nam, Javi lalu Yuzu.

Saya terlewat menonton bagian Nam, dan Javi membawakan Charlie Chaplin untuk SP nya dan Yuzu membawakan Chopin’s Ballad No.1, yang mana Yuzu kembali memecahkan rekor nya Men Short Program yang mana ketiga-tiganya dipegang oleh dirinya. Ngga, ngga ada keluhan mengenai kostum di sini. Everything was fine.

tumblr_owphjekcwx1w4m3seo5_r1_400

Lalu tibalah kita pada hari kedua, dimana saya kelimpungan hendak menonton pertandingan Ondrej yang tadinya, FS cowok akan tampil di jam 7 WIB, namun nyatanya, FS cowok baru mulai jam 12 malam, itu pun grup pertama. Di starting order FS, Keiji dan Ryuju menempati Grup terakhir, yang berarti mereka akan tampil sekitar jam 2 pagi WIB.

Tadinya mau nekat saja, bablas sampai jam 2, toh di sini juga lagi nge-revive HDD juga. Namun nyatanya mata ini tak kuat, dan memutuskan untuk tidur sebentar gegelehe-an nunggu giliran Keiji tampil. Tiduran sambil nyetel YouTube yang masih menayangkan Pair Free Dance, saya pun kiceup.

Ternyata saya beneran ketiduran, dan melek pas gilirannya Sergei which means udah hampir ending banget dan Keiji kelewat. Langsung saja dimundurkan beberapa menit sebelumnya, dan nontonlah penampilan Free Skate jagoannya Kurageidai ini dengan mata setengah melek. Di antara kesadaran saya, entah kenapa Keiji kali itu banyak melakukan miss dan jatuh. JATUH PEMIRSAH!! Sedang kemarin di SP semuanya berjalan lancar, dan kali ini ngga cuma sekali jatuhnya. Saya akhirnya full tertidur setelah melihat nama Keiji di posisi 8. POSISI 8 DARI YANG KEMARIN 4.

oie_transparent-4“ABAAAAAAAAAAAAANG”

dan Ryuju di posisi 11.

Auto patah-hati dari Ondrej, saya tidur.
*kebiasaan jelek Tyas, apa-apa ditidurin*
(maksudnya kalo ada masalah, dibawa tidur aja)

Sampe-sampe mimpi, lagi-lagi ketemu Keiji. Seneng sih, SENENG. Asli. Rasanya di mimpi saya seseurian sorangan liat si abang jarak dekat dengan rambut kriwil ngembang acikiwirnya kek Pennywise. Entah kenapa kita jadi ngomongin pengeluaran. Kita ngomongin skater siapa yang uangnya paling banyak kesimpen. Ya sontak gue jawab si adek; Shoma dong. Secara itu anak cuma jajan jajanan konbini. Iya makan daging juga……. gatau sih kalo makan daging siapa yang bayar, tapi kayak kyomi nai gitu sama fashion (meski urusan kostum emang kodawari bingits) Tapi urusan jalan-jalan, belanja, Shoma kayak ga ada minat dan bimyo.

Meski saya menjawab Shoma, Keiji kayak ngga rela gitu. Lantas disanggahnya sambil cemberut; ‘Aku juga, duitnya aman kok, ditaroh di mamah,’

*NJIR GUA PENGEN NGAKAK GEGULINGAN*

(Kalo emang iya Keiji memberikan seluruh pendapatannya dan nyimpen di mamah-nya, maka kita jodoh. Gue juga gitu soalnya. Lebih tepatnya mamak yang minta biar gue ga gatall beli-beli tiket ke antah berantah kalo duit gue yang pegang.) Terus gue yang emang dasarnya udah ngantuk (dalam mimpi pun gue ngantuk, siyalan) akhirnya cuma dijawab sekenanya saja pernyataan cowok yang 2 bulan lebih muda dari gue itu ‘iya, iya percaya deh‘. Dan mimpi berakhir ketika mamak senggol kaki sambil teriak ‘Sholat kamu heh!

Sejujurnya mata sudah ngantuk parah dan ini hari Minggu, hari dimana saya memberikan amnesti untuk tubuh 23 tahun ini untuk kembali tidur sehabis subuh, lagipula sumpah ngantuk buingitsss. Akhirnya saya kembali tidur sambil masang weker utuk nonton Free-nya ACI.

Bangun pas giliran Yuzu tampil. Paaas banget namanya lagi di panggil. Cuci muka dan bikin sarapan, sambil nonton Free-nya. Jadi inget masa-masa di asrama kemarin.

Entah kenapa Free kali ini, Yuzu pun ada jatuh, tikusruk. Ga kayak jatoh biasa yang kepleset atau miss step, jatoh ini tuh ga Yuzu banget. Saya sampe ngejerit ngeliatnya. Ngga cuma Yuzu, yang jatoh hari ini juga abang Javier jatuh. Semuanya jatuh. Ada apa dengan hari ini? Apa hari ini seketika gravitasi bumi memberat gitu?

tumblr_owrjuzktzi1viav73o2_r2_250

Ngga tau apa yang mereka pikirkan sampe segitunya miss, namun yang jelas baik Keiji, Ryuju, Yuzu dan Javi, semua memulai program dengan muka ngga tenang. Padahal aku pikir bisa liat abang naik podium, tapi pupus sudah harapan aku…

ACI ditutup dengan menempatkan Javi di posisi pertama dan Yuzu di posisi kedua. My favorite podium mate. Entah karena mukak kesal atau emang kostumnya cerah (gak kayak dua kostumnya di season lalu) wajah Yuzu di podium pagi ini nampak muluss dan cantik. Serius. Trus mukanya kesel-kesel unyu gitu. Saya berharap Yuzu bisa melupakan kekesalannya dengan Banquet malam ini. AMIN.

Meski saya senang Javi berada di posisi pertama meraih medali emas, namun apa yang membuat saya kesal hari ini adalah jatuhnya mereka. DUH. Asli bikin bad mood. Terus juga waktu upacara pemberian medali-nya, paaaas banget adegan Yuzu mau peluk Javi di podium, kameranya geser gatau kemana. Tau aja gue ngarep moment mereka, dan ngga dikasih. *sadface*

Tapi apa yang saya harapkan semoga abang serta semuanya bisa pulang dengan selamat, dan semuanya bisa kembali latihan untuk musim olimpiade yang mengganas ini.

tumblr_owsh5wjoxl1w4m3seo4_400Otsukare-sama!

current song: himawari by Mr. Children
current mood: malass
location: Home desu!

-Ijou!-