Minna-san, konbanwa.

Kali ini saya akan melaporkan perjalanan saya di Kochi! Bagian selatan Jepang. Ngga selatan banget karena yang paling selatan itu Okinawa. Yah, pokoknya itulah. Buat temen-temen yang pengen ke Kochi dan bingung mau ngapain, berikut tips dan tulisan perjalanan saya.

Yakin ngga mutu sih

Saya berada di Kochi, ngga lama, cuma 1 hari jika tanpa dihitung datang dan pergi. Kalo secara itenerary sih, saya ada di Kochi 3 hari 2 malam. Namun seharian full saya gunakan untuk wisata, dan sisanya pulang pergi.

Dan hari ini tujuan saya adalah satu; KATSURAHAMA.

DSC_2946

Meski tujuan hanya ke Katsurahama, namun jadinya saya mengunjungi bagian-bagian lain Kochi yang tidak saya rencanakan sebelumnya.

Jadi, niat sih mau ambil foto sunset di Katsurahama. Namun karena pantainya menghadap tenggara, jadinya niat tersebut saya urungkan, dan saya berangkat pun jadinya agak pagian, karena meski naik bis, jarak Katsurahama dan stasiun Kochi (saya nginep deket stasiun Kochi btw) lumayan juga sekitar 1 jam.

Berangkat ogah-ogahan (karena tidur ngga nyenyak) saya pun berangkat jam setengah 10. Sebelum melang-lang buana, tempat pertama yang saya kunjungi hari ini adalah Annai Kankou nya Kochi atau Pusat Pelayanan dan Informasi Pariwisata Kochi yang letaknya persis di depan stasiun JR Kochi. Pintu……… selatan.

Jadi, kalo temen-temen bingung dan belum tau di Kochi mau ngapain aja, ada baiknya mengunjungi sekaligus nanya-nanya sama teteh-teteh cantik di sini. Ngga kayak saya yang kalo udah satu mah, satu aja, Katsurahama. Di sini banyak banget informasi makanan khas, pakaian khas, tempat-tempat wisata, dan info akses menuju tempat wisata tersebut.

Di sini juga, bisa beli tiket MY YU-BUS, bis yang keliling Kochi. Dengan menunjukkan passport, kita bisa beli tiket bis seharga 500 yen, dan enaknya sekali beli, kita bisa naik-turun bis ini sepuasnya seharian itu. Jadi, meski sebenernya biasa sekali jalan itu 510 yen, dengan MY-YU BUS saya bisa hemat 500yen.

20141008230831589

Udah beres beli tiket bis ini, saya pun mengunjungi museum Yosakoi di bilangan Harimaya-bashi. Jalan cumak 15 menit dari stasiun Kochi. Karena Kouhai minta info Yosakoi, jadi aja saya mengunjungi museum ini. Buka GPS, motong jalan dari shotengai, dan saya pun tiba di bangunan Kochi Yosakoi Kouryuu kan(?) itulah. Biaya masuk gedung ini gratis, dan adem. Jadi cocok banget buat orang yang butuh perlindungan sambil nunggu bis kayak saya ini. Bis-nya berangkat sejam sekali btw kalo hari biasa. Jadi, lamak.

Secara design, gedung ini stylish banget dan gak bakal bosen ngeliatnya. Bener-bener museum yang ngga ngebosenin. Di dalamnya ada macem-macem informasi mengenai tarian yang lahir di tanah Kochi tersebut. Ngga cuma informasi, di museum ini juga bisa ada film dan kita bisa nyobain tarian itu di ruangan yang disediakan.

Beres dari museum Yosakoi, saya pun berangkat ke Katsurahama.

Rute MY YU-BUS meliputi beberapa tempat wisata lainnya, dan sebelum ke Katsurahama saya kabita mau mampir ke Godaisan Tenbodai, tempat observasi yang bisa melihat pemandangan kota Kochi. Tadinya mau ambil gambar pemandangan gitu, cuma karena hari biasa dan bis yang bakal nganterin saya ke Katsurahama itu bakal dateng lagi 2 jam kemudian, jadi saya pikir ngga worth it, maka saya ngga jadi turun.

Akhirnya saya menetapkan hati untuk langsung pergi ke Katsurahama.

DSC_2931

Tiba di Katsurahama, kalian bisa mengunjungi Aquarium (?) Katsurahama, dan Museum Memorial Sakamoto Ryoma. Kalo saya sih, nangkring di Katsurahamanya saja, beres.

Saya ngga macem-macem di Katsurahama. Cuma duduk, foto-foto, duduk, ngelamun, beres, selama 3 jam.

DSC_2942

Sekian.

current song: RADWIMPS – Nandemonaiya
current mood: ngantuk
location: Sakura Hotel Kochi

-Ijou!-