Minna-san, konbanwa.

Sudah sebulan semenjak postingan terakhir, dan banyak yang sudah terlewati setelahnya, seperti Idul Fitri yang baru saja dihelat pada 25 Juni kemarin, kepergian saya ke Hokuriku, Kawaguchi-ko (lagi) buat liat lavender dan lebaran di KBRI Tokyo. Yang terakhir akan spesial saya bahas entar. Kali ini mau nulis tentang bucil yang selalu jadi bulan-bulanan gue sama Imas; Shoma.

tumblr_oog5yrkneg1w6na2zo7_540

Kenapa Shoma?

Jadi gini ceritanya. Dari dua minggu sebelum acara ini tayang, sns saya sudah ribut tentang joho mengenai bangumi yang dikawaki Aiba Masaki–salah satu personel Arashi. Bukan, bukan Aiba Hiroki. Bukan. Doi lagi ribet sama Les Misérables nya. Nah, namanya off-season, bangumi seperti ini tentunya menyegarkan sekali dong. Dicatatlah kapan dan jam berapa acara yang bertajuk ‘Gutto! Sports‘ ini.

o0800044713586628536

Sebenarnya malam itu ada acara dinner (belagu amat bilang dinner, orang rapat juga) dengan seorang teman yang juga seorang atlet. Tau kan ya? Akhir-akhir ini lumayan sering diceritakan. Kita rapat buat nentuin apa yang bakal dibuat di malam perpisahan anak-anak klub.

Nah, kebetulan ia mengajak saya untuk mampir ke kamarnya, namun saya tolak dengan berkata ‘maaf saya sudah punya kencan’

072
“Kencan ndas mu, orang cuma nonton NHK”

Singkat cerita saya pulang ke kamar sendiri setelah dikuntiti orang tidak dikenal, dan (maksa) mampir ke kamar teman, lalu pulang ke kamar sendiri, dan menyalakan tipi. Setelah berulang kali melihat jam, akhirnya saya tiba pada jam 22:25 dimana acara tersebut ditayangkan disaluran nomer satu di setiap tipi Jepang, namun tidak menunjukkan tanda-tanda bangumi, melainkan berita yang serius karena menyangkut semut api yang ditemukan di kontainer pelabuhan Osaka dan pelabuhan Nagoya.

Sebenarnya sempat memutuskan untuk mencelat ke lounge saja, karena khawatir saya salah channel dan salah jam sementara koneksi internet mulai ndud-ndud an. Namun karena takut akibat ketemu orang yang tidak dikenal barusan, saya mengurungkan niat dan bersabar menantikan tayangan di laptop berjalan. Setelah hampir 10 menit berlalu dari waktu tayangan yang tertulis, munculah acara ‘Gutto! Sports‘ ini dan saya mulai melipir ke meja belajar.

Sambil asik nyemil–padahal baru aja makan chicken steak sama makan fish and chips buat makan malem, tapi selalu ada celah buat nyemil–anak ini pun akhirnya menonton bangumi tersebut. Padahal belum cuci muka, belum bebersih dan mata udah ngantuk parah sementara besok matkul jam pertama, yang jadinya malah dosennya ngga masuk, dan minta banget balik lagi ke asrama barang bayar 3 jam tidur yang kurang, tapi inget tetiba punya banyak gawean di lab multimedia, yang endingnya gagal pulang.

Oke lanjut.

Oke kita mulai!

th_001_-v2
“Dari tadi ngapain aja yas? Curhat?”

Ngga terlalu inget awalnya ngomongin apa. Cuma begitu Shoma datang, Shoma dan Aiba adu cepat siapa yang duluan ke garis finish naik sepeda roda tiga. SEPEDA RODA TIGA.

tumblr_oskz4gqybv1ty4cy5o4_250

Akhir-akhir ini bahasan di LINE ga jauh-jauh dari seberapa bucilnya Shoma dan kita pesimis kalo tuh anak bakal tampil dewasa meski setelah upacara seijinnya resmi tahun depan. Lalu variety ini menyediakan sepeda roda tida untuk Shoma tumpangi.

“Dek….”

Apalagi Shoma kesusahan untuk mengayuh si sepeda roda tiga karena kakinya ehemgendutehem ngga bisa ditekuk dan menjadikan Aiba pemenang pada games kali ini. Lalu lanjut dengan sesi interview dimana si adek ditanya-tanya segala macam. Termasuk sayur. Shoma ini, mengaku cuma makan sayur 1 atau 2 kali di tahun ini (atau di bulan ini?) kalo di bulan ini masih percaya, tapi di tahun ini….

tumblr_oskz4gqybv1ty4cy5o6_250

sillyp1
“dek,… kok kamu masih mulus sih?”

Tyas yang ngga makan sayur seminggu aja, langsung pusing. Beda yas, metabolisme anak 19 tahun sama tante-tante 22 tahun mah. Beda bangeeettt. Sampai pada satu pertanyaan yang bikin saya ngakak.

Aiba: Kamu ngga suka pakuchi dong?

P.S. Pakuchi sekarang sedang booming di Jepang. Hits banget. Oshare atau gaya banget lah kalo makan Pakuchi alias coriander alias daun ketumbar tuh. Sampai ada produk cokelat dengan rasa Pakuchi, meski saya pribadi tidak suka. Intinya, Pakuchi lagi booming, bahkan orang yang jarang nonton tipi kayak saya aja tau.

Lalu Shoma menjawab: “Pakuchi bentuknya kayak apa aja, gak tau,”

Baiklah dek, sekarang gue ngerti ditingkat mana dalam skala 1-10 kamu benci sayuran….

Selanjutnya lupa pastinya apa, karena nonton sambil ganti baju (maklum, namanya juga hidup sendiri) saya nonton pas bagian bahas kostum. Dihadirkannya 2 kostum Shoma di season kemaren–Buenos Aires Hora Cero (FS) & Ladies in Lavender (SP) dan ada sesi interview dengan sang pembuat kostum. Memang nyatanya kostum skating itu gak bisa sembarangan dan bikinnya teliti sekali, ngga kayak saya yang jahit kancing aja ngga becus. ehe.

スクリーンショット 2017-07-04 22.45.50

Lalu, tiba-lah pada saat dimana Shoma kembali kedatangan tamu. Di sini yang kaget bukan cuma si adek, tapi juga saya.

tumblr_osl4k3rnmb1wq115qo1_540

Pasalnya si adek kedatangan abangnya; alias Keiji.

tumblr_osl4k3rnmb1wq115qo2_540

th_001_-v2
“Ya iyalah gue ngejerit,”

Pasalnya, pas nonton acara ini, sama sekali ngga ada bayangan bakal ngeliat Keiji, karena emang mikirnya ya ini bangumi Shoma isinya. Tok. Udah. Ngga mikirin apapun tentang si abang. Karena mikir kalopun ada, pastinya Keiji dateng ke studio dan itu tidak mungkin. Tapi nyatanya, ada rekaman si abang yang ‘membongkar’ semua kebiasaan Shoma. Yang mana semuanya mengarah pada sosok Keiji yang ‘abang’ dan Shoma yang ‘adek’.

スクリーンショット 2017-07-04 22.50.35

Seperti halnya kalau pertandingan ke luar negeri, udah naluri umum kalo yang namanya hasrat buat jalan-jalan di sekitaran daerah tanding negara itu. Namun yang namanya Shoma…. cuma butuh nasi sama wifi. Yang mana jalan-jalan pun harus diseret Keiji ke luar kamar hotel dulu.

tumblr_osm1yhcqin1wq115qo3_r1_400

098eb4a5
“Duh dek…”

Tapi yang jelas ini anak seneng banget ngeliat Keiji di layar tipi apalagi pas off-season. Itu mah ya, kayak hujan di musim kering. Adeeeemm.

af48944b
Ya ampun abang, kangen… 

Keiji terakhir liat tuh… di acaranya Arakawa Shizuka-san, setelah itu beliau pun terbang ke Detroit buat furitsuke, dan akhirnya update twitter lagi setelah apdetan terakhir nya bikin ini anak cengar-cengir pas lagi tugas di Kyoto. Yokatta banget liat si abang sehat, kinclong, dan tetep ganteng walau natsu di sini ampun-ampunan panasnya dan saya pun menjadi gosong.

072
“Beda yas, yang sehari-harinya di rink, sama yang di suposen mah…”

Setelah beres jejeritan di segmen si abang, segmen selanjutnya itu comunication games kalo gak salah, dimana games atau segmen ini berisi trik magic trump dan darts. Yang mana lagi-lagi saya ngga nonton karena harus gosok gigi.

Enggak terlalu merhatiin pas bagian magic trump, namun yang jelas, Shoma diajarkan cara main magic trump sekali, dan itu anak langsung jago. Serta Shoma juga memenangkan sesi permainan darts. Sasuga wakamono power.

tumblr_osl1xybser1w4fsv3o4_500

Saya baru nonton saat Shoma tengah mengungkapkan keinginannya untuk mengobrol dengan Asada Mao-san–orang yang menjadi awal mulanya ia memulai karir Figure Skating-nya–sebagai teman (maksudnya tanpa Keigo kali ya). Entah kenapa segmen ini bikin hati terenyuh. Udah mah lagi galau gegara baru liat si abang, trus dibawa melow di segmen dengan backsound yang bikin airmata netes.

Ngga usah jauh-jauh. Saya membayangkan apa rasanya jika kelak dapat berita kalau Keiji mengundurkan diri dari dunia perskatingan……… dan saya sedang tidak di depan tipi sersaluran berita tersebut. Ada di depan tipi yang minimal menayangkan Fujiterebi pun rasanya saya bakal mewek seperti di pagi saya nonton pengumuman pengunduran diri Mao-san.

スクリーンショット 2017-07-04 23.09.25

Meski iya mereka intai masih lama, namun apa rasanya, apa yang akan saya rasakan kelak. Duh, sudah ah, ‘agak’ juga rasanya kembali mendengar kata mengundurkan diri.

Setelah itu saya ngga ingat ada segmen apalagi, selain endingnya Shoma keluar studio dan diwawancara. Meski sambil melakukan iro-iro dan disambi sampe gosok gigi di depan laptop, saya menikmati sekali acara ini, dan apa ya… benar-benar lega rasanya habis menonton karena memang seperti angin segar di off-season yang kering ini.

tumblr_os9zh5fje01ty4cy5o6_r1_250

current song: Murakami Keisuke – Mamoritai
current mood: lelah
location: Dai-2 Shimizu Sou

-Ijou!-