Minna-san, konnichiwa.

Kembali lagi dengan saya yang baru saja beres menunaikan baito terakhirnya di tahun ini. Tinggal bikin review 2 biji, beres-beres kamar, siapin diri bolak-balik Tokyo-Nagoya, nangis uring-uringan ngurus laporan, sama nangis tak kunjung henti karena dinginnya Yamanashi.

Okeh, terlepas dari itu semua, izinkan saya merekomendasikan anime yang berikut akan saya tuliskan osusume-nya;

Yuri!!! On Ice
yuri-on-ice

Tiati, review ini akan berisi seluruh spoiler yang ada dalam tiap episode, alias saya ngga bakal nyaring cocot sendiri untuk menahan diri dalam postingan ini. Here we go!!

Selalu ada permulaan untuk dimulai.

Sebelum memulai review busuk dan ngga mutu saya, izinkan saya mengucapkan:

SELAMAT ULANG TAHUN NIKIFOROV VIKTOR!

tumblr_oge7r7hizn1vphyvdo1_500“Don’t you ever give up on Yuuri,”

Mari izinkan saya bercerita awal mula menonton tercebur ke daalam fendem siyalan Yuri!!! On Ice ini. Ngga diizinkanpun bakalan tetep nyerocos sik.

Jadiii, awal mulanya adalah Facebook. Kudu banget hati-hati sama aplikasi yang satu ini karena kekuatan viralnya maha dahsyat. wkwkwk. Waktu itu Yuri!!! On Ice baru beres tayang episode 10, dan anak ini lagi nonton seriesnya Hell’s Kitchen. Ritual wajib sebelum bobo adalah kalo ngga baca manga homo, ya nonton yutub. Kebetulan bangeeeet lagi anget-angetnya YOI eps 10. Lalu nonton lah anak ini sambil tiduran nunggu kantuk tiba.

Sebenernya, malam itu tidak terjadi apa-apa di atas kasur *plakk* maksudnya, kokoro bener-bener ngga tergerak untuk mengikuti series ini meski dalam episode 10 itu fanservicenya udah dewa banget; adegan tukeran cincin. Tapi, yang namanya ngga minat, gimana ya.

Tibalah pada akhir pekan dimana anak ini hobinya beres-beres kamar sambil dangdutan. Berhubung episode Hell’s Kitchen yang diikutinya sudah beres satu season dan males mulai lagi, maka Ia pun berkeputusan untuk mendownload YOI itung-itung chokai Bahasa Jepang.

Para pembaca blog ini dari jaman saya masih pinyik dan pakek rok sekolah bahkan masih nongki cantiks di pinggiran kali Cisadane buat haha-hihi sebelum balik ke rumah pasti udah pada tau kalo ini anak emang ngga suka animasi. Animasi selain homo yang tamat ditontonnya cuma Gundam 00 dan Code Geass R2. Sailor Moon aja gak tamat, apalagi One Piece, Itu juga mesti tayang di telepisi lokal dulu.

Jadi, ketika saya nonton anime YOI ini, jadinya skeptis kalau saya bakal jatuh hati dengan anime ini. Karena seperti apa yang kita tahu sebagai dasar fangirlingan fujoshi, kalo anime sports itu sarat akan fanservice yaoi dan ujung-ujungnya, fans dan fujo akan ditinggalkan menggantung dengan delusi tingkat dewanya mengenai OTP yang telah dikawinkan dalam anime.

Sebelum menonton secara keseluruhan, saya salut kepada tim animasi YOI yang sanggup membuat hint sedewa itu; adegan tuker cincin sampe pelukan jatuh ke rink. Karena itu semua so gyeay dan terlampau diabetes bagi para fujo untuk ukuran anime sports biasa kecuali kalo emang anime humu.

tumblr_ohjq1paoux1ulkw5no1_540

Saya yang tamat nonton Sekaiichi Hatsukoi ini, pun masih merasa kalo fanservice anime tersebut masih terbilang rikuh dan dipaksakan. Tidak sehalus dan senatural semestinya. Namun, yah namanya juga elo tinggal donlot-terus nonton. Mau protes dari Hongkong??

Maka untuk YOI ini saya ngga mau berharap terlalu banyak, karena sudah lelah di PHP-in

047
(apalagi sama yang namanya Tenimyu dan Tenipuri)

(untung aja 2 OTP di BLEACH sama NARUTO jadi Canon)

Episode 1

Adegan pembukaannya aja udah romantis, terlihat dimana Yuuri melihat sosok ber-skating Viktor dengan tatapan…. penuh cinta? yah seperti saya menatap Kengo-san walau cuma sebatas layar laptop dan terbentang jarak 7 jam penerbangan direct Tangerang – Kagoshima lah ya. Di sini perlu saya akui kalau pembukaannya itu kayak film-film romantis Jepang. Taroh lah Koizora dan Bokura ga Ita, yang dimana dalam pembukaannya si tokoh utama mengutarakan isi hatinya terhadap si lawan mainnya atau love interest-nya.

tumblr_ohojhpzc7b1uuloayo1_500e6a82dc95cce4174f5458bdac0780caee875f840_hq

Di sini saya ngga bilang love interest itu mesti lawan jenis loh ya. Tapi bisa saja si love interest itu adalah idola yang dikagumi, dan orang yang ingin kita kenal lebih dekat. *berusaha me-review dari sudut pandang orang awam, bukan fujo*

Dan perlu saya sarankan: silahkan skip bagian OP yang berisi HISTORY MAKER-nya Mas Dean Fujioka, karena kalo ngga di skip jadinya keracunan kayak saya. Sekian.

cwp69esveaakgkv

OP: Ini satu season OP nya sama yak, ngga kayak NARUTO yang sampe punya single-nya sendiri untuk OP (iya gitu?)

Dan gue sempet kualat, karena awal donlot lagunya Mas Dean yang satu ini, langsung bilang ‘apaan sih lagunya gak asik,’ lalu hapus, tapi pas tau ini ternyata openingnya YOI, langsung donlot ulang dan dengerin tiap hari.

OPENING di sini, kalau boleh saya nilai, tidak seperti opening-opening anime lainnya yang pernah saya tonton. Dalam YOI ini, opening hanya menampilkan 3 tokoh utama; Viktor Nikiforov, Katsuki Yuuri, dan Yuuri Plisetsky. Biasanya, opening anime memperlihatkan hampir seluruh karakter reguler yang rutin ada dalam setiap episodenya. Ngga ngerti kenapa, apa konsepnya, tapi yah seperti itu yang saya tangkap.

tumblr_oey9hkoipl1sfqz8qo1_540

Terlepas dari OP nya yang hanya berisi 3 tokoh utama, saya pikir konsep animasi OP dan ED nya cukup bagus. Atau bagus banget? Dengan aksi skating mereka pada OP dan tarian kembang api dan konsep instagram mereka pada ED. Meski pada OP saya pikir semakin menjadi bagus jika menggunakan warna-warna sparkling yang gemerlap(?) menambah efek konsep kristal es dan keindahannya, seperti warna-warna yang ada di Ending.

th_084_
(sampe sini masih waras kok, masih bisa review dengan anteng)

Okeh kita masuk ke dalam isi ceritanya.

Di awal, kita akan disuguhkan 2 sisi mata uang. Bertolak belakang. Adalah Viktor Nikiforov yang mendapatkan medali emas ke-limanya pada Final GRANDPRIX dan di-rumorkan akan pensiun pada season ini. Viktor nampak jelas sekali menunjukkan dirinya adalah seorang figure skater yang sangat bertalenta, dan bersinar pada puncak kejayaannya. Idola semua orang (apalagi gue yang ngga bisa ngga jatuh cinta pada pandangan pertama meski seiyuunya Suwabe Junichi yang amit-amit nya naudjubillah)

victor

(Di sini mendadak saya ingat Mas saya yang kini entah dimana, dan saya rindu)

Setelah Viktor, kita akan melihat Katsuki Yuuri yang duduk di lorong menatap layar smartphone-nya yang berisi berita kegagalannya pada peringkat akhir di GP pertamanya. Yuuri, adalah seorang Figure Skater yang baru saja berhasil menghadiri GP pertamanya, namun ia harus puas berada di peringkat terakhir karena performa-nya yang tidak terlalu bagus di atas rink pada saat itu.

Kalo boleh spoiler di eps. pertama, maka saya akan memberitahu jika tidak ada peran antagonis di anime ini. Namun mengapa relationship Viktor dan Yuuri terasa menyesakkan dada meski tidak ada peran antagonis diantara mereka?

3eb4e7b3
(mulai deh pakek kalimat-kalimat sastra)

Karena siapa yang menjadi peran antagonis adalah diri mereka sendiri. Which yang mana dalam kasus ini adalah Katsuki Yuuri.

5c74845b4b8cd6e6b0318cd858e2dd5c2beb38a5_hq

Pencapaiannya dalam GP kali ini tidak terlalu mulus, dengan ditambah anjing kesayangannya; Viktor atau Vicchan yang baru saja mati dan segudang beban lainnya yang tertumpu di bahunya, membuat Yuuri menjadi tidak percaya diri. Di sini ditunjukkan kelemahan Katsuki Yuuri sebagai seorang atlet, dimana ia bersikap tenang di hadapan sang pelatih; Celestino Cialdini. Namun ia menangis ketika sudah berada di dalam toilet. Kalo ngga salah ada satu post panjang yang membahas permasalahan mental seperti ini di tumblr. Kalo nemu saya sematkan di sini ntar.

Sekian untuk Katsuki Yuuri, mari kita beralih ke Yuri ‘Yurio‘ Plisetsky. Adalah seorang Figure Skater berusia 15 tahun yang baru saja akan memulai debutnya pada laga Seniornya di musim depan. Yurio yang tampak seperti peran antagonis, sebenarnya adalah kucing tsundere yang minta dielus. Karena pada dasarnya Yurio mensupport Yuuri dengan cara yang tidak biasa. Namanya juga tsundere.

tumblr_oio94iilur1vmxalko1_500

Dan pertemuan mata dengan mata antara Viktor dan Yuuri, mungkin bakal seperti pertemuan mata-dengan-mata antara saya dengan Mas Kengo.

(tau kan kenapa Aiko demen banget sama anime ini? Bukan hanya hubungan humu yang terdapat di dalamnya, tapi juga relationship antara seorang idola dengan fans-nya yang ngga mungkin terjadi antara Aiko dengan mamasnya yang sudah intai *insert emot cry*)

Diawali dengan Yuuri yang melihat bayangan sang anjing–Vicchan, dari refleksi pantulan jendela, sampai mendengar nama ‘Yuuri’ yang ternyata diucapkan Viktor untuk Yurio, lalu sampai mata mereka bertemu dan Viktor menawarkan foto bareng.

014
“Viktor apa-apaan sih, kepedean….”

Tapi di sini digambarkan dengan jelas sekali perasaan Yuuri. Meski ngefans dengan Viktor

70bff581
“Kayak gue ke Mas Kengo,”

Namun Yuuri menolak ajakan Viktor untuk foto bareng dengan idolanya tersebut dengan alasan kalau ia sudah kalah di pertandingan yang sama dengan idolanya tersebut. Jadi yang memisahkan mereka berdua bukanlah Yurio atau orang lain, melainkan despair, dan rasa tidak percaya diri Yuuri bahkan hanya untuk sekedar berfoto.

Lalu setahun pun berlalu dari saat itu.

Yuuri pun memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Hasetsu, yang disambut gembira oleh seorang guru ballet lokal bernama Minako. Kedepannya, Minako-sensei akan banyak mensupport shuujinko kita ini baik koreo dan gerak tubuh yang diajarkan kepada Yuuri, maupun kehadirannya untuk menyemangati sang skater muda tersebut.

Di sini diperkenalkan 3 karakter baru selain Minako-sensei. Yakni keluarga Katsuki; Katsuki Hiroko, Katsuki Toshiya, dan sang kakak perempuan; Katsuki Mari. Sekali lagi menekankan tidak ada peran antagonis, keluarga Katsuki sangat positif sekali dengan kepulangan sang bungsu Yuuri, meski skater tersebut tidak berhasil menduduki posisi final di Season sebelumnya.

tumblr_ohb32yy2yb1uuloayo1_500

Kalau ditonton dan tilik-tilik secara cermat, ada banyak sekali kegundahan Yuuri yang digambarkan dalam 10 menit pertama dimulainya anime ini di episode satu. Seperti harapan Hasetsu kepada dirinya yang bahkan tidak berhasil di season sebelumnya, kegagalannya, kesedihannya terhadap Vicchan, dan ketidak-tahuan Yuuri mengenai masa depannya setelah lulus.

tumblr_ohb32yy2yb1uuloayo3_r1_500

Kekagumannya kepada Viktor diawalinya pada sebuah stasiun televisi yang menyiarkan kompetisi sang peraih medali emas yang kala itu berusia 16 tahun tersebut di Bulgaria. Bersama dengan rink mate-nya masa itu; Yuuko, Yuuri pun memulai latihannya sebagai skater. Yuuko yang kini telah menikah dengan Takeshi–anak laki-laki yang sering menjahili Yuuri sewaktu kecil, dan menjadi staff ice rink di Hasetsu bersama sang suami yang memberinya 3 anak kembar yang juga menyukai skate.

tumblr_ohebn4krjl1ucnqx9o2_540

Pertemuannya dengan Viktor sebagai coach dimulai dengan Yuuri yang meniru gerakan skate Viktor pada Final GP season saat itu, yang tak sengaja direkam oleh putri dari Yuuko, dan di upload ke jejaring sosial media, dan ditonton oleh Viktor. Gerakan Yuuri membuat sang juara dunia tersebut berkeinginan untuk berangkat ke Hasetsu untuk menemui Yuuri sebagai skater asuhannya kelak.

Ini emang guenya yang lebay, atau emang kekuatan Yamamoto Sayo dan Kubo Mitsuro selaku petinggi anime atau gimana, tapi ada nyesek gimanaaaa gitu pas nonton eps satu.

154218d4
(Ini baru eps satu loh)

Kayak, Yuuri yang bener-bener ngga tau kedepannya harus bagaimana, dan dia mencari alasan untuk tetap melanjutkan skatingnya. Tanpa tahu untuk apa, siapa dirinya berskating.

Tibalah pada sebuah pagi dimana Yuuri mendapati seekor anjing yang persis dengan Vicchan, namun anjing tersebut ternyata adalah Makacchin–anjing Viktor yang datang ke Hasetsu bersama sang empunya yang sudah berendam duluan di onsen milik keluarga Katsuki.

tumblr_oigc365pbg1uuloayo1_500

Viktor yang datang ke Jepang untuk menjadi coach dan berhenti tanding ini, membuat heboh para penggemar skating, termasuk Minako. Namun lagi-lagi Yuuri tidak mempercayai jika ia baru saja berhasil menarik sang idola untuk datang ke Hasetsu demi melatih dirinya.

Episode 2

Terlepas dari rasa kagumnya dengan sang juara dunia, Yuuri malah menjaga jarak dengan coach barunya ini karena belum terbiasa berada di dekat Viktor. Selama melatih Yuuri di Hasetsu, Viktor yang tinggal di penginapan Yutopia Akatsuki ini, melarang sang anak asuhnya untuk memakan Katsudon kesukaanya tersebut.

Di sini kelak Yuuri Plisetsky dan Katsuki Yuuri akan bertanding di Hasetsu demi memenangkan Viktor. Yurio yang menginginkan Viktor untuk kembali ke Rusia untuk mengajari dirinya yang memulai debut seniornya, membawakan Short ProgramIn Regards to Love: Agape‘ sementara Yuuri yang menginginkan Viktor untuk tetap berada di Jepang melatih dirinya, membawakan SP yang bertolak belakang dengan kepribadiannya; ‘In Regards to Love: Eros‘.

Mulai dari episode dua ini, bakalan banyak yang namanya fanservice. Jadiii, kalau ngga kuat-kuat sama kelakuan Viktor dan Yuuri berdua ini, ngga akan kelar nonton YOI ampe episode 12 kayaknya.

tumblr_inline_ogneni7d5y1th6o1x_500

Mulai dari Viktor yang naked, dan ‘proposal‘ Yuuri untuk makan katsudon berdua dengan idolanya tersebut, anime ini akan terasa gyeay sekalih. Meski iyuuh, saya harus mengakui jalinan cerita dan hubungan emosi di dalamnya baik antar karakter maupun pergulatan batin perseorangan dalam anime ini bagus. ASLI. Saya review ini bukan sebagai Fujo.

Akan banyak sekali pergulatan batin Yuuri dengan dirinya sendiri. Dalam episode dua ini, Yuuri merasa ‘cemburu’ dengan kedatangan Yurio yang mampu membuat Viktor memperlihatkan sosoknya yang nyaman berada dekat dengan bocah tersebut, dan membuat dirinya merasa asing, karena ia baru mengenal dekat Viktor seminggu belakangan ini, menunjukkan low-self-esteem Yuuri.

Karena toh pada dasarnya Viktor emang begitu orangnya, dan overall dia emang milih Yuuri, Yuurinya aja yang kurang pede-nya minta ampun.

Ngomong-ngomong soal Viktor, beliau ini narsis ya? Mirip siapaaaa gitu. Kalo pembaca yang tahu The Prince of Tennis, pasti tahu yang namanya karakter Atobe, yang imba-nya kelewatan. Bayangin aja seorang anak SMP punya helikopter, meskipun itu milik keluarga. Tapi kan?? Dan ternyata meski Viktor lebih humble daripada Atobe (meski humble-nya humble orang kaya), namun mereka berdua di-suarakan oleh satu orang yang sama; Suwabe Junichi. Bahkan Junichi-san ini sampai men-cosplaykan karakter Viktor tanpa melihat kondisinya yang sudah kakek-kakek berusia kepala 4.

tumblr_inline_ohwiefyneq1s5458l_540

Terlepas dari kerapuhan sang tokoh utama, saya baru sekalih melihat tokoh utama yang tidak ‘jenius’ alias imba. Jangan bahas Prince of Tennis yang mana Ryoma imba-nya naudzubillah dan jurus-jurus lawannya melampaui kekuatan dewa karena sampe bisa mendatangkan komet.

Di anime ini digambarkan seorang atlet yang merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya setelah gagal, dan begitu mempedulikan tanggapan orang lain tentang dirinya, namun dalam hatinya ia ingin melanjutkan skating yang disukainya tanpa tahu apa yang harus membuatnya tetap menjalani profesi sebagai atlet figure skating.

tumblr_ofpy79cdk61ui3ya8o5_500

Juga pada episode 2 ini, mulai ditunjukkan relationship yang lebih dalam antara Yuuri dengan Viktor. Keinginan Yuuri untuk makan katsudon berdua dengan idolanya tersebut, untuk saya ini (yang mereview setengah fujo) adalah sebuah pernyataan cinta yang tulus dimana Yuuri hanya ingin makan katsudon dengan Viktor tanpa memaksanya tinggal sebagai Coach.

Episode 3

Kalau kita berbicara fanservice di episode 2 mesti hati-hati, bagi para penonton yang ngga tahan FS nya YOI yang gila dahsyat ini, mending ngga usah nonton episode 3, karena kita udah masuk tahap kata-kata ambigu. Ambigu banget!!

tumblr_oiohq3poag1rl0lv5o3_540

Ditunjukkan ketika Viktor mempertunjukkan koreografi untuk Eros yang dibuat untuk Yuuri, saking terpukaunya dengan koreo Viktor, Yuuri mengucapkan ‘bahkan (dengan gerakan itu) dapat membuat pria seperti diriku hamil!

4d6161fd
“APA-APAAN INI HEH! LOE TUH BUKAN KATEGORI ANIME HUMU DASAR SIYALAN!!”

Dan sebagainya-dan sebagainya. Jadi, kalo ngga kuat, silahkan stop di episode 2 atau ngga usah nonton sama sekali, daripada ngeributin ini terlalu Yaoi atau sebagainya. Karena suka ngga suka, emang anime ini dibuat demikian, dan semenjak diresmikannya LGBT di Amerika, LGBT semacamnya bukan lagi hal yang tabu. Sekian.

 

Bagi yang di episode awal ngga suka Nishigori, ternyata meski membully Yuuri sewaktu kecil, hebatnya Nishigori Takeshi kini menjadi support yang paling penting untuk Yuuri ketika pemuda tersebut memulai kembali karirnya sebagai figure-skater, untuk Yuuri meraih medali emas di karir internasionalnya.

tumblr_ov1bfy2s4g1uuloayo1_540

Di episode ini, kita bisa melihat perkembangan dan sisi lain 3 karakter utama. Yuuri yang mulai menjalani sesi latihannya demi membawakan Eros, dan Viktor yang memperlihatkan sisi keseriusannya sebagai seorang pelatih terlepas dari kelakuannya yang tidak pernah mempedulikan apa yang dikatakan sang pelatih; Yakov.

Terlebih Yurio. Jika di awal kita hanya melihat sisi strong dan yankee seorang bocah 15 tahun, pada episode ini, Yurio mulai menunjukkan sisi lembutnya dengan kenangannya akan sang kakek yang selalu mensupport hobi skatingnya.

tumblr_oh46k56vjy1ro0ds2o3_400

Yang jelas, setelah beres nonton anime ini, kata-kata favorit saya salah satunya adalah:

“Kimarimashita!”

Dan adegan perpisahan Yurio dengan Yuuko disini kental sekali nuansa shoujo manga-nya. Sekian.

Episode 4

Entah mau dibawa kemana ini anime dan alur ceritanya, tapi saya mulai merasakan banyak sentuhan kanan kiri sepanjang 4 episode ini. Mulai dari sentuhan romantis, humor, hiperbola-nya manga dan sebagainya, sampai komik shojo jaman 90-an macam ‘Candy Candy‘.

Sentuhan shoujo dirasa semakin kuat ketika Lilia Baranovskaya–sang mantan prima ballerina yang datang untuk koreografi Yurio di GP kelak, benar-benar memiliki aura sebagai seorang ibu tiri meski tidak jahat. Yah gitu deh. Asli baik banget, tapi auranya itu untuk saya adalah seorang ibu yang membesarkan anak gadisnya (which dalam kasus ini adalah Yurio) dengan cara yamato nadeshiko alias wanita idaman. Overall saya suka karakter Lilia di sini karena beliau begitu menaungi Yurio untuk bisa sampai menguasai koreonya termasuk membiarkannya tinggal di rumahnya.

tumblr_oh23627zme1vcittpo1_540

Dalam episode ini diperlihatkan proses latihan para skater menuju GP season mendatang. Kegundahan Yuuri yang memusingkan lagu untuk Free Programnya, perlahan-lahan melunturkan kepercayaan dirinya yang sudah berlatih dibawah naungan Viktor. Di sini, mulai dijalin hubungan coach-trainee antara mereka berdua, dimana Viktor harus menguatkan Yuuri dan kepercayaan dirinya untuk tampil di GP mendatang, dan Yuuri harus membuktikan jika Viktor memang berhasil sebagai coach.

Di sini jalinan hubungan diantaranya semakin kuat tanpa gue bilang ini Humu. Asli.

Bahkan ketika Viktor menawarkan dirinya untuk berada di sisi Yuuri sebagai seorang kekasih, Yuuri menolaknya karena memang Viktor yang apa adanya lah yang Yuuri inginkan. Yang gue tangkep sih, Yuuri emang ngga mengharapkan Viktor sebagai coach atau apapun. Karena Viktor ada di Hasetsu dan tinggal bareng denganya pun senangnya bukan kepalang. Namun apa yang harus ditaklukan Yuuri adalah rendahnya rasa percaya diri yang memang harus diatasinya sendiri tanpa harus Viktor berada di sisinya sebagai apapun selain Viktor.

Buat gue sih ini tulus banget. Dari keduanya. Baik dari Yuuri yang tidak mau memaksakan, maupun dari Vitya yang memang serius untuk melatih Yuuri agar mendapat medali emas di GP pertamanya sebagai coach.

Dan untuk saya, apa yang paling romantis di episode kali ini adalah cara Yuuri yang tidak bisa menahan keinginannya untuk menyentuh kepala Viktor, yang mana ditafsirkan sebagai ‘berteman dengan baik‘ oleh Nishigori.

tumblr_ofob6eoltc1rsezavo3_500

Dan pada akhirnya, Yuuri yang menyadari latihannya bersama Viktor bukanlah sesuatu yang abadi, ia hanya meminta untuk saat ini saja ia berharap Viktor bersamanya.

Episode 5

Dialog yang paling saya suka adalah serifu panjang Yuuri setelah Viktor menyatakan jika Yuuri akan menang telak pada pertandingan pertamanya musim ini, padahal pada season sebelumnya, Yuuri melakukan miss hampir pada seluruh gerakan dan membuatnya kalah mutlak.

Dan fanservice pun masih berlanjut.

Tapi enggak tau kenapa, interaksi Viktor kepada Yuuri di sini, sedikit step-up dari episode sebelumnya, tanpa ada batu loncatan yang membuat aura-nya dari pasangan coach-trainee menjadi sedikit lebih romantis. Dengan kata lain, tau-tau jadi romantis itu dari mana dasarnya? Berangkat dari fondasi mana??

tenor

Tapi apa yang spesial pada episode kali ini adalah posisi keduanya. Dimana Viktor yang menggampangkan usaha Yuuri untuk kembali kepada GP season ini karena dirinya memang juara dunia, yang benar-benar bertolak belakang dengan Yuuri yang melakukan kesalahan hampir pada seluruh gerakan. Jadi, Viktor yang tidak puas dengan hasil akhir Yuuri pada Short Programnya, wajar karena ia mengatakannya sebagai orang yang pernah menyabet medali emas 5 kali pada kancah internasional.

Namun, terlepas dari Viktor yang meremeh kan dan mem-push Yuuri untuk melampaui jauh dari nilai yang pernah diraih pada season sebelumnya, coach muda tersebut hanya ingin jika Yuuri memenangkan medali emas pada GP kali ini.

Dan lagi-lagi di sini Yuuri menjatuhkan dirinya ketika Minami Kenjiro–sang skater muda dari Fukuoka yang memang nge-fans dengan Yuuri, meniru kostum sang idola untuk SP kali ini dimana ia kembali satu rink dengan skater Hasetsu tersebut. Yuuri mengatakan jika kostum tersebut adalah kostum sejarah kelamnya yang mana ia banyak melakukan kesalahan. Namun Minami yang memang nge-fans, ia sangat respect dengan pemuda tersebut.

th_118_
“Yak, lagi-lagi Yuuri menjatuhkan harkat martabatnya pemirsah”

Tak hanya pandai menjatuhkan diri sendiri di hadapan para kompetitornya, di sini Yuuri pun pandai sekali menepis perhatian tulus orang-orang yang memang ingin mendukungnya. Peran Viktor di sini, adalah mengembalikan sifat sportif yang harus dimiliki setiap atlet kompetitor dalam kompetisi yang dijalaninya.

023
“Seenggaknya saya belajar sesuatu dari sini,”

Di sinilah penjelasan perkembangan karakter seorang Yuuri Katsuki berkat Viktor Nikiforov.

Dan cara Viktor melepas Yuuri sebelum bertanding di sini itu bukan cara seorang coach melepas anak asuhnya untuk bertanding, tapi kayak cara seorang kekasih melepas belahan jiwanya untuk berperang……..

cwstizbweaah8bz

Yah wajar aja sih Minami-kun mukaknya jadi merah gitu ( /////////// )

Walaupun saya sudah 2 kali nonton episode ini, tetep aja kaget waktu Yuuri sampe bikin kesalahan dan…. ah sudahlah.

Mengakhiri review episode 5 ini adalah; begitu semakin banyaknya skinship Viktor dan Yuuri mulai sekarang.

Episode 6

Tibalah kita pada GP Series di Beijing!!

Semakin banyak skater yang diperkenalkan pada episode kali ini; Christopher Giacometti, Guang-Hong, Leo de la Iglesia, Jean-Jaques, dan Phicit Chulanont.

Batu kerikil dalam hubungan Viktor dan Yuuri kali ini adalah Viktor yang kembali pada panggung internasional sebagai coach. Meski sebenarnya dunia mengharapkannya untuk kembali turun sebagai skater, namun Viktor malah memilih Yuuri dan menghentikan aktifitas skatingnya demi melatih late-bloomer ace Jepang tersebut.

Menjadikan dosa Yuuri adalah ‘membunuh’ skill Viktor sebagai skater dengan cara membuatnya sebagai pelatih dirinya.

tumblr_ogeaz1m7u51vcittpo2_540

Namun terlepas dari itu semua, Yuuri tetap ingin meraih medali emas-nya pada GP kali ini tanpa membuat usaha coachnya tersebut sia-sia.

Adalah Georgi Popovich yang kali ini turun di GP Beijing dibawah naungan Yakov–pelatih Viktor sebelumnya. Sebenarnya, mengesampingkan seiyuu atlet Rusia ini adalah Hatano Wataru, background ia memilih ‘Heart Break‘ sebagai tema-nya season kali ini cukup menarik dimana ia sebenarnya tengah patah hati dengan Anya–seorang wanita yang meninggalkannya untuk pria lain. Bagaimana ia bisa jatuh cinta dengan Anya, mengapa Anya meninggalkannya, dan sebagainya. Namun sayang background tersebut tidak terlalu detail diceritakan.

tumblr_oobi0cepl11vikcwho3_500

Sebenarnya cukup kasihan. Tapi kelakuan dan ekspresi wajahnya itu cukup bikin ketawa, karena saya baru sadar sampai eps.12 cuma Georgi yang turun dalam program dengan dandanan mirip badut.

026
“Saya jadi mengerti mengapa Milla mentertawakannya,”

Episode 7

Tanpa diduga-duga, Yuuri berhasil menduduki posisi pertama pada SP kali ini, dan menjadikannya pressure yang membuat Yuuri tertekan, karena pertama kalinya berada pada posisi setinggi ini (menurut Hiroko)

Yang gue tangkep sih, ini rasanya kalau punya kekhawatiran berlebih terhadap diri sendiri. Ketika ia berhasil dengan pencapaian yang luar biasa, bukannya merasa menjadi seorang pemenang, namun malah semakin menekan dirinya dan mentalnya karena Yuuri begitu memikirkan pandangan orang lain terhadap dirinya.

Ini yang membuat Vitya tidak mengizinkan Yuuri untuk latihan 6 menit sebelum pertandingan karena skater tersebut nampak kurang tidur dengan wajah yang menunjukkan ketidak-fit-an.

Kekurangan tidur Yuuri ini, terlihat pada kesiapannya sebelum turun ke rink untuk mempresentasikan Free Programnya. Viktor yang kebingungan dengan tingkah laku anak asuhnya ini, mencari cara untuk memotivasi Yuuri yakni dengan ‘mengancamnya’ untuk mundur sebagai pelatih apabila Yuuri tidak berhasil naik ke podium pada GP kali ini.

Apa yang diharapkan Viktor meleset, dan malah membuat atlet representasi Jepang tersebut menangis. Meski banyak memikirkan diri sendiri, diam-diam Yuuri pun memikirkan Viktor yang tengah berusaha demi dirinya sebagai seorang coach. Jika selama ini hanya ia seorang yang menerima kesalahannya sendiri, kali ini ada Viktor sang juara dunia yang juga turut akan menerima dampak buruk dari dirinya apabila Yuuri melakukan miss dan gagal meraih posisi di podium pada GP kali ini.

「黙ってていいから、離れずにそばにいてよ」

tumblr_ohebn4krjl1ucnqx9o9_540

Sebenarnya hubungan OTP kita di episode ini cukup intens, setelah banyaknya hambatan yang terjadi selama 7 episode ini. Sehabis menangis di hadapan coachnya tersebut, Yuuri membalas dendam dengan menyentuh kepala Viktor sebagai salam perpisahannya menuju skate rink.

tumblr_ogxs355u2i1rt6td7o7_400

Mulai dari sini akan banyak ke-fluff-an dimana cara Viktor melepas Yuuri untuk tanding di skate rink.

Dan setelah adegan yang cukup menyesakkan dada barusan, tibalah kita pada akar permasalahan dimana awal saya memutuskan untuk nyebur ke fendem bedebah ini;

ADEGAN CIUMAN
tumblr_oiohq3poag1rl0lv5o1_500

Setelah berhasil membawakan FP-nya sendiri, Viktor merasa puas dengan performance anak asuhnya tersebut, dan berlari menghampiri Yuuri menuju tempat ‘kiss and cry‘ yang mana Yuuri pun bergegas menuju dirinya.

3eb4e7b3
“Gatau kenapa tempatnya dinamakan demikian,”

Jadi, Yuuri yang tengah bergegas menuju coachnya tersebut, tanpa disangka-sangka mendapat pelukan dan ‘tubrukan’ dari Viktor. Dan parahnya sebelum bertubrukan, ada adegan dimana menujukkan jika bibir mereka satu frame, lalu adegan pelukan, sampai akhirnya mereka berdua terhempas ke skate rink.

Banyak yang menafsirkan jika hal tersebut adalah adegan ciuman, yang bahkan katanya dikonfirmasi oleh Kubo Mitsurou sendiri kalau itu adalah adegan ciuman.

%e3%82%b9%e3%82%af%e3%83%aa%e3%83%bc%e3%83%b3%e3%82%b7%e3%83%a7%e3%83%83%e3%83%88-2016-12-24-15-44-34

Kalo boleh nge-rant. ITU BUKAN ADEGAN CIUMAN.

Meski gue seorang fujo desperate yang menginginkan asupan fluff sampe ecchi dalam bentuk apapun dari OTP sendiri termasuk YOI yang baru banget digandrungi-nya ini, tapi gue tetep bilang kalau itu bukan adegan ciuman.

th_102_
“Denial banget ko,”

Ya gimana mau dibilang adegan ciuman kalo angle bibirnya aja ngga ketemu?? Seenggaknya gue udah baca banyak referensi manga dan anime humu dimana adegan ciuman berlangsung, dan anglenya tidak seperti itu. Atau dengan kata lain, kalau mau bikin adegan ciuman jangan nanggung, atau jangan php. Kasian fujo, dibiarin menggantung dengan harapan palsu yang ujung-ujungnya sirna.

016
“Shipper ALPHA pasti tau rasanya. Kita kuat!!”

Episode 8

Beres dari GP Beijing, Yuuri pun berangkat ke Rusia–tanah kelahiran Viktor–pahlawan skate Rusia yang kini kembali sebagai coach.

Pada GP Russia kali ini pun akan kembali diperkenalkan para skater-skater internasional yang baru saja muncul pada GP Rusia ini dan beberapa diantaranya adalah; Michele ‘Mickey’ Crispino, Lee Seung-gil, dan Emil Nekola.

Cuma gue, atau Lee Seung-gil itu Lee Seung-gi??

lee-seung-gi_1457395515_af_org

Dan baik Emil maupun Mickey, keduanya memiliki wajah lebih tua dari Yuuri, meski usia mereka lebih muda. Sekian.

Dari semua hubungan, sebenarnya saya kurang suka dengan hubungan kakak-adik Mickey dan Sara. Meski secara sifat, saya menyukai bagaimana Sara menyapa dan ramah kepada setiap kompetitor kakaknya tersebut, namun kelakuan sister-complex atau siscon Mickey buat saya menjadi tidak aci dan tidak enak dinikmati. Bahkan ketika Sara menyuruhnya untuk mencari wanita lain selain dirinya, Mickey tetap mencintai adiknya tersebut dan malah patah hati.

th_091_-3
“Hellaw, emang elo ngga mau pacaran gitu?? Sama skater lain misalnya,”
//plakk

Kali ini Yuuri dan Viktor harus berpisah meski esok adalah Free Program untuk Yuuri, dan ia tak mungkin turun sendirian tanpa coach-nya. Viktor yang dipaksa pulang oleh Yuuri karena Makacchin memakan manju yang masih terbungkus plastik dan kini tersangkut di tenggorokkannya. Yuuri yang tidak bisa hadir di rumah saat kematian anjingnya; Vicchan, tidak ingin Viktor mengalami hal yang sama dengannya dengan tidak berada di sisi anjing kesayangannya yang mungkin menjadi saat-saat terakhir baginya.

%e3%82%b9%e3%82%af%e3%83%aa%e3%83%bc%e3%83%b3%e3%82%b7%e3%83%a7%e3%83%83%e3%83%88-2016-12-24-16-20-53

another power couple

Viktor yang tak mungkin membiarkan Yuuri untuk turun FP sendirian pun akhirnya meminta Yakov untuk menjadi coach Yuuri selama sehari FP dimana dirinya akan absen karena harus kembali ke Jepang.

Tau film TITANIC?? Tau adegan dimana Jack memaksa Rose untuk menaiki sekoci penyelamat, namun Rose menolak meninggalkan Jack. Ia baru benar-benar meninggalkan Jack ketika Hockley bersedia mengajak Jack menuju sekoci penyelamat lainnya dan meyakinkan Rose bahwa kekasihnya tersebut akan selamat??

tumblr_mly2ylxuzp1snjjs2o1_500

Yaa ini. Pokoknya banyak deh teori berkesinambungan antara TITANIC dan anime ini. Nanti akan saya bahas yang lainnya.

Episode 9

Pada episode kali ini Yuuri turun pada Free Programnya tanpa kehadiran Viktor.

Mengesampingkan seluruh penampilan FP para skater, penampilan Yuuri tanpa sang coach tanpa diduga-duga cukup bagus meski terjadi beberapa miss saat Yuuri menampilkan FP-nya.

tumblr_ohhfyilsvb1vcittpo7_540

Dan sosok Yuuri yang memeluk siapapun rekan kompetitor yang ditemuinya seusai jalannya pertandingan, adlaah bentuk rasa kesepiannya karena Viktor tidak ada di sisinya saat pengumuman kelolosannya memasuki GP Final di Barcelona.

f529a952
“Seenggaknya itu sih menurut gue…”

Meski karirnya sebagai skater tengah berkilau, diam-diam Yuuri ingin melepas Viktor dari jabatan coach-nya begitu GP Final di Barcelona selesai.

tumblr_oik2uro9td1uuloayo1_500

“Kalo kata gue sih, di sini Yuuri berusaha self-less gitu, Ngga peduli seberapa beratnya dia ngefans sama Viktor, pada akhirnya dia cuma ngga mau karir Viktor sebagai skater redup hanya karena Viktor memilih jadi coachnya,”

Kalo bukan cinta ini namanya apa coba?

Tapi kalau melihat adegan pertemuan mereka di bandara Fukuoka, Yuuri masih memiliki sisi dimana ia berkeinginan untuk memiliki Viktor berada di dekatnya. Ia masih ingin bersama Viktor lebih lama lagi.

8dcf9699
“Ini yakin genre sport? Bukan genre romance??”

Tau adegan dalam film TITANIC dimana Rose yang menolak menaiki sekoci, kembali masuk ke dalam perahu TITANIC lalu berlari menghampiri Jack? Dan Jack yang meilhat Rose melakukan hal tersebut pun segera turun ke geladak bawah untuk menghampiri Rose dan mereka bertemu di tengah-tengah??

when-rush-each-other-arms

Ini! Ini adegannya! TITANIC abis.

Ketika Yuuri kembali dari pertandingannya di Rusia, ia bertemu dengan Vitya yang tengah menantinya pulang bersama Makacchin yang sudah sehat kembali. Ketika pandangan mereka bertemu, Viktor segera berlari menghampiri Yuuri, begitupun Yuuri yang bergegas menuju Viktor lalu mereka bertemu di depan pintu kedatangan?? Persis TITANIC abis.

tumblr_ohh0zdcxyu1uuloayo3_500tumblr_ohh0zdcxyu1uuloayo6_500

Di sini Viktor mengungkapkan apa yang telah dipikirkannya untuk bisa dilakukannya sebagai seorang pelatih tanpa mengetahui jika Yuuri sudah berencana untuk melepas Viktor sebagai pelatihnya ketika GP Final ini selesai. Dan satu lagi rencana Yuuri adalah untuk pensiun ketika season ini berakhir. Yuuri mengatakannya kepada Viktor dalam kalimat:

tumblr_ohjq1paoux1ulkw5no1_540
“Viktor, jadilah coach-ku sampai aku pensiun,”

Yang mana setelah Final Season ini berakhir, Yuuri berencana untuk pensiun dan membiarkan Viktor untuk kembali berskating. Namun balasan Viktor sebenarnya cukup menyayat hati dan bikin saya senyum-senyum pedih.

%e3%82%b9%e3%82%af%e3%83%aa%e3%83%bc%e3%83%b3%e3%82%b7%e3%83%a7%e3%83%83%e3%83%88-2016-12-24-20-30-39
“Betapa menyenangkannya jika Yuuri tidak pernah akan pensiun,”

Ini semua tergambar dalam ekspresi Yuuri yang sebenernya sih kalo kata gue bukan menangis bahagia, tapi malah sedih gitu, karena orang yang diam-diam akan kita lepas, malah berharap tidak akan pernah berpisah dengan kita. Itu sakit, saat berdua saling mencintai tapi tidak bisa bersatu karena satu dan lain hal.

Episode 10

Iyo, iyo. Sebentar lagi ending!! Ayo semangat yaasss!!

Sebenarnya saat saya hendak mengetik episode 10 ini waktu sudah menunjukkan sore dan saatnya saya mengisi perut. Namun entah mengapa, ketikan saya dari episode 6 sampai episode 9 menghilang begitu saja, dan menjadikan saya kerja dua kali untuk mereview 3 episode tersebut. Ampas.

Di episode ini kita akan menghadapi gemerlapnya GP Final Barcelona yang diadakan pada bulan Desember. Pada episode kali ini, kita akan mendapati para skater yang off-rink karena ini adalah episode sehari sebelum pertandingan Short Program, dimana para atlet dan coach menghabiskan waktu santai di Barcelona.

Di sini saya ngga akan bahas Life & Love-nya Viktor. Cukup dipahami penonton sekalian ajah.

Kembali kita akan melihat sisi gloomy dan dark dari seorang Katsuki Yuuri dimana meski ia berhasil meraih posisi di GP Barcelona-nya, namun kenangannya akan kegagalannya kala itu tetap tidak lepas dari ingatannya. Terlebih, ia baru saja menghadapi lawan yang cukup tangguh pada GP Russia beberapa waktu lalu.

Ini kali ya yang dinamakan anxiety disorder.

Karena bukan episode pertandingan, maka di sini kita akan banyak melihat sisi santai para atlet skater. Dimana Viktor mengajak Yuuri untuk jalan-jalan pertama kalinya di Barcelona setelah program latihan selesai.

Mari sejenak kita lepas dari OTP utama, dan beralih pada Russian Fairy kita; Yurio, yang tengah melarikan diri dari kejaran para fans-nya dan diselamatkan oleh sang ‘Dark Horse‘ Kazakhstan; Otabek Altin.

tumblr_ohtxwslzye1rxe51eo2_r1_540

Kedekatan keduanya yang baru terjalin pada episode kali ini, sukses mengambil hati para fans, dan menjadikannya pair canon dengan keberadaan keduanya dalam satu frame pada sebuah balkon yang indah di senja hari.

th_087_
“Well saya juga suka sih,”

Karakter baru kita; Otabek Altin, yang mana digambarkan Viktor adalah tak banyak bicara dan memiliki banyak sisi misterius adalah seorang skater Kazakhstan yang naik podium bersama dengan Viktor di pertandingan akhirnya sebelum ia memutuskan untuk melatih Yuuri.

Otabek yang kalem, dan Yuuri yang tsundere menurut saya sih serasi. Dan menantikan sekali banyak interaksi dan perkembangan relationship mereka di kemudian episode.

Daaaaaaaaaaaan, satu lagi fanservice yang menggegerkan timeline saya pagi itu adalah;

ADEGAN TUKAR CINCIN
tumblr_ohu8coioos1vcittpo2_540

56c0fba3
“Ini ide siapa coba sampe segala tukar cincin??”

Jadi, setelah banyak pasang surut dan ujian yang terjadi dalam hubungan mereka, kita akan mendapati segmen bertengkar antara OTP kita yang satu ini, dimana Yuuri kehilangan salah satu tas belanjaannya, dan Viktor yang merelakan tas belanjaan tersebut lenyap begitu saja.

Yuuri yang pada dasarnya makezugirai atau ‘pantang menyerah’ (sebenernya sih artinya ‘ngga suka kekalahan’ tapi melihat aplikasi pemakaian situasinya seperti ini, maka saya terjemahkan demikian)

hahai
“Inget skrispih ya ko??”

tanpa menyerah mencari tas belanjaan tersebut. Viktor yang sebenarnya sudah lelah, menyuruh Yuuri untuk pulang dengan memakai alasan kalau ini sudah malam dan Yuuri butuh istirahat. Namun Yuuri merasakan kebohongan dalam perkataan tersebut menolak untuk menyerah sehingga akhirnya Viktor mengungkapkan jika dirinya memang sudah capek dan ingin kembali ke Hotel.

Dan pertengkaran mereka tersebut berbuah saling diam-diaman pada saat jalan pulang menuju hotel. Namun barrier keheningan tersebut pecah begitu saja saat Yuuri mulai membicarakan ulang tahun Viktor yang jatuh tepat pada hari Natal.

069
“Kayaknya sih di sini Yuuri memikirkan hadiah yang pas untuk ulang tahun Viktor,”

Dan berakhir pada toko perhiasan dimana Yuuri berpikir untuk membelikan dirinya sendiri ‘good-luck charm‘ dan hadiah terima kasih kepada Viktor atas usaha melatih dirinya selama ini.

tumblr_ohu8coioos1vcittpo6_540

Tapi ampas-nya yang dipilih adalah cincin.

63d4808b
“Kayak setan emangnya ini para tim animator YOI minta digamparin satu-satu,”

Dan tak menunggu lama, langsung lah dilaksanakan wedding vow dan upacara tukar cincin, dimana Yuuri memakaikannya untuk Viktor, dan Viktor memakaikannya untuk Yuuri, dihadapan sebuah bangunan super klasik di Barcelona; Sagrada Familia, dan diiringi dengan paduan suara nyanyian Natal. Lengkap sudah acara pernikahan ini.

Dan pada sebuah makan malam yang awalnya diprakarsai oleh Mari dan Minako yang datang ke Barcelona untuk mendukung Yuuri, melihat Yurio dan Otabek yang duduk bersama pada sebuah cafe, dan meminta tolong pada Yuuri agar mereka bisa duduk bersama Yurio, namun jadinya malah mengundang Chris dan Phichit dan akhirnya mereka berdelapan duduk bersama dnegan kedua wanita tersebut tak henti-hentinya menangis.

Pada acara makan malam tersebut, mereka memulai perbincangan satu segmen anime ini yang paling saya sukai; Banquet.

Jadi yang namanya banquet atau jamuan, terjadi setelah final untuk mengakrabkan para atlet skater dan menjadi relasi. Namun Yuuri yang kalah telak pada tahun lalu, benar-benar tidak memiliki kepercayaan diri untuk bergabung bersama atlet lainnya dan memilih meminum sampanye sendirian.

tumblr_oic2b0ld8s1uuloayo1_500

Karena sendirian, ia pun tak menyadari jika dirinya terlampau banyak meminum sampanye dan mulai mabuk. Yuuri yang mabuk kala itu, mengajak Yurio untuk Dance-off dan Chris yang mengakui dirinya pole dance setengah telanjang.

875328cc
“Sebenernya pengen bangeeettt acara banquet tahun lalu dan tahun ini dibikin versi animasi officialnya. Hiks, Kubo-sama, douka onegaiitashimasu!!”

Ditengah-tengah pembicaraan mengenai banquet tahun lalu tersebut, Chris menyadari jika Viktor dan Yuuri memakai cincin yang sama persis. Dan Phicit yang inosennya kelewatan, berteriak kepada tamu-tamu lainnya mengumumkan pernikahan sahabatnya ini dengan coach yang juga juara dunia tersebut.

tumblr_ohu6cehqe51r1nf3oo2_r1_500

can’t we appreciate Otabek’s expression?? 

Yuuri, sebagaimana sama dengan inner saya, membantah mati-matian jika cincin tersebut bukanlah cincin pernikahan, karena memang apa yang dikatakan Yuuri di awal adalah cincin tersbeut good-luck charm dirinya untuk menghadapi Final di Barcelona ini. Namun Viktor, seperti halnya pihak tim animator YOI, malah menjawab jika cincin tersebut bukanlah cincin pernikahan mereka, melainkan cincin pertunangan, dan mereka akan menikah ketika Yuuri berhasil mendapatkan medali emas pertamanya.

th_116_
“Kek minta gue cium pakek sendal sualou pada,”

Kan nanggung ya?? Kenapa dibilang tunangan?? KAN KITA JADI NGAREP. Kalo beneran sampe nikah, gue bakal standing applause buat tim animator YOI yang berhasil berinovasi dari tipikal-tipikal anime genre sports lainnya yakni memasukkan unsur pernikahan sesama jenis.

Tapi terlepas pernikahan sesama jenis, saya salut dan suka sekali hubungan saling mendukung yang terbentuk antara Yuuri dan Victor di sini. Terlepas dari romansa ya. Hubungan unik ini pasti ingin dimiliki siapapun karena, hubungan mereka ini saling mendukung dan saling menguatkan. Kayaknya kalau melihat Yuuri tanpa Victor, sama hambarnya dengan melihat Victor tanpa Yuuri. Isshin doutai gitu :lope:

tumblr_ofbh0uzghw1vcittpo3_540

Walau gue ngarepnya setengah mati, sampe-sampe rasanya mau kirim surat aja ke pihak tim kreator YOI agar dijadikannya pasangan tersebut menikah, tapi kalo cuma bait-bait buat fujo dan pada endingnya ngga terjadi apa-apa, mendingan ngga usah ada sama sekali. Kasian kami, para Fujo yang sudah terlatih berdelusi dan malah dikasih canon yang cuma setengah-setengah.

czgw6xaxuamghvw

Dan sesungguhnya saya sangat berterima kasih kepada JJ yang datang menyelamatkan situasi awkward ini dengan mengorbankan dirinya sendiri. Thanks. Subarashii loh. Eniwei, seiyuu JJ adalah Mamomiyan.

tumblr_ohuu7j7mn81s4jpw6o1_500

Sampai sini, saya mau bahas Tenimyu dan Tenipuri. Loh kok??

Ternyata kalo banyak ditilik-tilik, seiyuu di sini adalah beberapa yang saya tahu mengisi suara karakter di Tenipuri, dan bahkan seiyuu sang pemeran utama Katsuki Yuuri; Toyonaga Toshiyuki yang mengisi suara untuk kapten Rokkaku adalah salah satu yang pernah terjun ke dalam panggung tenimyu menjadi salah satu anggota ichinen trio Seigaku; Kato Kachiro.

tumblr_mpbjz6ly071r3u85go1_1280

Suwabe ngga usah dibahas yah, ketauan dia pernah ngisi sebagai siapa di tenipuri. Dan Otabek!! God! ternyata seiyuunya adalah Hosoyan, selaku Shiraishi dalam perannya di tenipuri. Selain mereka bertiga plus Mamomiyan; Miyano Mamoru yang juga pernah menjadi Ishida Otouto di tenimyu, adalah seiyuu dari Nishigori Takeshi: Fukuyama Jun (Oshitari Kenya), dan seiyuu dari Phichit Chulanont: Ono Kensho yang turun pada Tenimyu 2nd season menjadi Muromachi Touji. Sekian. Beres.

Dan mari sejenak kita apresiasi ending yang berbeda di episode ini karena lagu nya pun metal meski masih dengan konsep instagramnya; foto-foto kala banquet final tahun lalu, dan lamaran Yuuri terhadap Viktor untuk menjadi coachnya di season mendatang saat dirinya dalam keadaan mabuk.

tumblr_ohu5kvglyt1vcittpo1_540

Dan kadang saya susah membedakan antara Otabek dan JJ. Sekian.

Episode 11

Kali ini kita akan kedatangan skater Jepang; Oda Nobunari pada bagian komentator!

Sebenarnya banyak skater asli yang menjadi cameo pada anime ini, dan salah satunya adalah Oda Nobunari yang berhasil membuat saya ngakak pada iklan yang dibintanginya.

Yuuri yang begitu kekeuhnya ingin merebut medali emas pada GP Final kali ini, merasa gagal hanya dengan quad yang ditunjukkannya tidak begitu sempurna karena satu tangannya menyentuh es.

“Kalo boleh berpuitisasi di sini, tangisan Yuuri itu bukan tangisan buat dirinya sendiri yang gagal tapi kayak tangisan untuk Viktor dan perasaannya kepada Viktor gitu. Kenapa ya…. mungkin karena janji Viktor yang mana mereka akan menikah kalau Yuuri berhasil mendapatkan medali emas, dan ternyata ia gagal di SP ini dan keputusannya untuk pensiun. Gado-gado deh,”

Tapi yang saya salut pada episode kali ini, tidak seperti Viktor pada episode-episode sebelumnya yang langsung menceramahi Yuuri begitu selesainya atlet tersebut tampil di rink, kali ini saya bisa melihat Viktor lebih kalem, dan turut merasakan perasaan Yuuri, dan sesuai perkataan Yuuri sebelumnya, ia diam dan berada di sisi atlet tersebut.

Dan pada episode kali ini apa yang bikin kokoro saya remuk adalah (sebenernya banyak sih di episode 11 ini yang bikin kokoro remuk) ketika Yuuri menatap Viktor yang tengah memperhatikan skating Yurio. Ada sebuah kerinduan Viktor akan kompetisi yang sudah membesarkan namanya tersebut. Dari tatapan matanya, Yuuri bisa tahu kalau Viktor ingin sekali kembali ke atas rink dan berkompetisi seperti sebelum ia menjadi coach nya seorang.

Episode 12

Adalah episode terakhir season Yuuri!!! On Ice kali ini, dimana Yuuri mengungkapkan keinginannya untuk mengakhiri karirnya pada GP Final kali ini, dan melepas Viktor dari jabatan coach-nya.

%e3%82%b9%e3%82%af%e3%83%aa%e3%83%bc%e3%83%b3%e3%82%b7%e3%83%a7%e3%83%83%e3%83%88-2016-12-24-21-50-02

Di sini ngga perlu yang namanya ulasan bermutu. Seluruhnya akan murni opini saya pribadi.

Dimana gue menjadi sangat emosional sekali ketika menonton episode ini pagi-pagi dimana mata baru aja melek dan masih belekan bekas pake eyeliner kemarenannya, dan pagi itu dingin dahsyat tapi masih ada kelas. Beraniin diri buat nonton padahal perut keruyukan sudah lapar.

Dan demi apa, gue yang cuma nangis pas adegan mati, kini nangis gara-gara Viktor nangis. Kayak apa ya… kayak liat orang yang loe pikir cocok berduaan tuh putus tapi bukan karena udah ngga saling cinta, tapi karena satu pihak ngga mau mengekang orang tersebut dengan ‘cintanya’.

tumblr_oimai2fa2y1vcittpo1_540

Apalagi pas Viktor kelihatan puas sekali dengan FP-nya Yuuri dan menunggu Yuuri di kiss & cry, tapi Yuuri gak menghampirinya seperti biasa dengan penuh antusias karena saking tidak inginnya ini semua berakhir.

tumblr_oi6z7v4zow1uuloayo2_500tumblr_oi6z7v4zow1uuloayo1_500

Dan sesuai prediksi saya, Yuuri tidak mendapatkan medali emas, dan menjadikan Viktor kembali menjadi coachnya–sekaligus kompetitornya–sampai ia meraih medali emas di season mendatang.

tumblr_oinb23hp8m1rpyh53o1_500

miokuri yg pling menyakitkan, ya episode ini

DAN ENDINGNYA TITANIC BANGEEETTTT!!!

Inget adegan di film TITANIC dimana Rose yang sudah beranjak tua itu bermimpi kembali bertemu Jack dalam TITANIC dan endingnya mereka berdua??

giphy

INI BUANGETTT!!!

tumblr_oik1umlh211uuloayo1_500
Pada ending kali ini, (entah ide-nya siapa yang jelas itu orang minta digampar pakek bouquet garni) Yuuri membawakan ‘Stay Close to MeBERDUA dengan Viktor, dan baru kali ini saya liat duet cowok dengan cowok di atas rink (biasanya cewek-cowok)

Update: Salah satu kolab favorite saya (Christmas on Ice 2016)

Terlepas endingnya yang bikin mewek, sebenarnya saya merasa ngga terlalu klimaks, dan kalo boleh ngasih bintang, saya mau ngasih bintang 3 aja untuk endingnya. Iya tau itu karena mau bikin season dua, tapi lagi-lagi saya ngga suka ditinggalkan menggantung dan hanya harus puas dengan adegan skating berdua antara Viktor dengan Yuuri.

3c68bb64
“Emang fans gatau diuntung ini anak,”

Endingnya katanya sih Yuuri berlatih di Russia bersama Viktor dan Yurio.

tumblr_oik9u0vazz1uuloayo2_500tumblr_oik9u0vazz1uuloayo1_500

Tapi overall secara keseluruhan, baik penokohan dan jalan cerita anime ini bagus dan worth untung dinantikan dan dinikmati selama 12 episode. Yuri!!! On Ice membawa genre baru dalam sports anime yakni ice-skating yang sebenernya banyak orang gak terlalu tahu mendalam, dan kini saya jadi tahu apa saja yang berada dalam kompetisi tersebut, dan membawa saya pada dedek unyu dari Sendai; Hanyu Yuzuru

tumblr_og19fca3rk1v0uf02o4_r1_250

YURI!!! ON ICE SEASON 2, BRING IT ON!!

tumblr_n13eicdkwh1qd4ncqo1_500

rating: ★★★★

current song:Omoidasenaku Naru Sono Hi Made‘ by back number
current mood: sakit kepala
location: Dai-2 Shimizu-Sou

-Ijou!-