Holla guys! Konbanwa. 

Kembali lagi dengan saya yang sebenarnya punya hutang satu postingan yang masih pending, tapi malah sarapan dulu dan hare-hare liat tumblr. Kayaknya sebentar lagi tulisan saya itu bakal terbit kok *wink*

Apha khabar?? Sedikit so english karena habis nonton opening ceremony olimpiade di Rio….. lewat Youtube.

Bingung besok pagi sarapan apa? Kebetulan sekali saya punya rekomendasi, yakni sarapan saya tadi pagi, dan resep serta tips pembuatannya hendak saya taruh di sini. Bukan resep original, tapi akan saya berikan tips-tips didalamnya, dan kenapa pakai bahan ini-itu.

Nama resep ini banana-pancake, atau panekuk pisang. Sama kali ya?

CYMERA_20160808_122116

maapin guys, anak ini emang ngga kenyang kalo cuma pancake doang. Makanya dia rebus telor lagi. ehe.

Resep ini cocok buat sarapan, murah, atau low-buget. Cocok banget buat anak kost-an, dan penderita kantong kering akhir-bulan. (dua-duanya saya banget kok, anak kost-an iya, penderita kanker iya)

Jadii, apa yang harus disiapkan adalah:

  1. Pisang. Saya pake 5 biji, tapi terserah berapa banyak, satu sisir juga boleh. Asal habis aja.
  2. Telur 1 butir. Jangan banyak-banyak. Nantinya bukan pancake, malah omelette. Telor dadar.
  3. Sedikit garam, atau bahasa kalbu-nya mah sejumput garam.
  4. Wajan anti lengket.

ALWAYS DO: Tambahkan sejumput garam pada adonan manis, dan sejumput gula pada masakan asin.

Sekian. Kalo ngga punya alat nomer 3, silahkan lanjut ke alat nomer 4.

4. Mentega. Atau ngga baking spray. Buat ngoles wajan biar gak lengket. Saya? Pake katel emak, yang dari alumunium gagang dua pantatnya gosong itu, NAH.
5. Terigu. 3 Sendok makan. You’ll thank me later.

Bahan-bahan pokoknya sudah beres sampai sini. Tapi kalo mau berkreasi, silahkan aja. Pada adonan, bisa ditambahkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Gula. Kalo mau lebih manis sampe diabetes, silahkan.
  2. Susu. Disarankan pake susu cair jangan kental manis. Susu berguna untuk mengencerkan bahan in case masukin terigunya kebanyakan.
  3. Blueberry and any other berries. Tapi saya sarankan blueberry sih.
  4. Choco chips. A little bit chocolate would do. Trust me.
  5. Sprinkle atau messes. Apalah itu ngejanya…..
  6. Oats. Biar kenyang. Jangan nasi ya, JANGAN. Ngga enak.
  7. Matcha powder, biar jadi BANANA-MATCHA-PANCAKE. Biar kekinian gitu.
  8. WHIPCREAM!! 
  9. ICECREAM!!
  10. Dan barang-barang lainnya yang bisa dimakan dan enak.

 

Mari kita mulai dengan cara pembuatan.

NOTE: kalo punya blender, dan malas ngaduk, masukkan semua bahan, blender jadi satu, lalu tuangkan sedikit demi sedikit di atas wajan mirip bikin pancake biasa. Tapi kalo tydac punya, okay, follow me.

  1. Hancurkan pisang. Bisa pake garpu, tapi lebih enak pake potato-smasher. Lebih gampang. Pake garpu pegel.
  2. Masukkan sejumput garam, telor, dan bahan-bahan lainnya sesuai selera. Jangan lupa terigu. Kalo ngga pake wajan anti lengket, terigu berfungsi untuk mengentalkan adonan, jadi ngga cepat hancur kalo dibuat di atas wajan biasa. Jangan terlalu banyak terigu yaa, kira-kira kalo sudah kental saja. Kalo kebanyakan, nantinya jadi rasa roti bantet. Percaya deh.
  3. Setelah mencampurkan semua bahan jadi satu, panaskan wajan, masukkan mentega sedikit ajaa, terus tuangkan adonannya. Hm, saran aja sih, walau ukurannya sesuka hati, ada baiknya adonan pertama bentuknya kecil dulu, untuk ngetes hasilya di wajan bagus apa ngga.
  4. Sisanya masak seperti pancake biasa. Masak kedua sisinya yaa, soalnya itu pakai telur. Kalau ngga matang takut berbakteri (kata orang yang hobinya makan kue cubit setengah mateng)

DAN, voila! Jadi deh sarapan bergizi, enak, dan,… insya allah mengenyangkan 😉

SELAMAT MENCOBA!!