20140406_090055 (1)

Ini anak Yuki yang terakhir saya liat. Usianya sekarang udah 2 bulan. Belum sempat kasih nama 😥

Minna!! O-mata heee!! Kembali lagi dengan saya di tanggal 11 yang ngga tau jadinya mau gimana. Yeah, pilpres udah lewat, sekarang saatnya merelaksasikan diri sejenak << *kata orang yang udah males-malesan dari tanggal 23 Juni*

Sambil nunggu giliran masak buat sahur, Aiko pun memutuskan untuk nonton film aja. Film yang dipilihnya kali ini adalah ‘Memoirs of a Geisha‘. Baru kelar donlot 3 hari yg lalu, terus ditonton pas pilpres untuk pertama kalinya, lalu sibuk FanGirlingan.

Ya. PERTAMA KALINYA.

Ini film 2005. Pertama liat di rak peminjaman CD original pas saya masih SD. Tadinya mau pinjam. tapi kata teman itu film dewasa, ya wis, aku ngga nonton. Sampek bablas lalu lupa. akhirnya baru inget pas selesai UAS ini, dan… nonton deh. Secara gituuu yang main WATANABE KEN.

*Maaf, ini anak ngga jauh-jauh dari FanGirlingan kok*

Saya cinta banget sama film ini. Apalagi sama Chairman-nya; WATANABE KEN.

4d6161fd“STAPH IT! YOU BASTARD!!”

Ngga cuma oom Watanabe-nya yang ganteng, tapi juga FEELINGS yang berhasil menusuk perasaan saya *ditampol karena Lebay* Kita review pelan-pelan yuk! Mariiii….

5

Itu poster yang versi Korea-nyaaa!! AAARGH!! FEELINGS!!

Memoirs of A Geisha. Dibuka dengan latar masa kecil seorang Chiyo kecil (Ohgo Suzuka) yang dijual kepada rumah Geisha *gue lupa nama okiya-nya*. Sangat dibenci oleh Hatsumomo (Gong Li) seorang Geisha yang terkenal di Hanamachi *untung bukan Hanamasa*. Memiliki seorang teman masa kecil yang juga tumbuh besar di Okiya yang sama bernama Pumpkin (Woe Weizenbaum) *terus gue mikir, “Jepang, jaman dulu, ada anak yang namanya pumpkin?”*

Terus yang menarik disini adalah pacarnya Hatsumomo *maklum, demen cowok* /plak. Bukan Koichi-nya, tapi pemerannya. Di perankan oleh Karl Yune

Maseo_Yamashiro_Karl_Yune-1

70bff581Pertama kenal Yune itu pas di Bali, kita lagi Hanimun *SSSSSHUSSSS!!*

Ngga, pertama tau Karl Yune itu pas nonton ‘Anaconda: Blood Orchid‘, karena diidentifikasi dia orang Kalimantan. Ngga tau apa gitu, apa dia keturunan Cina Kalimantan…. Udah, pokoknya dia Orang Kalimantan di film itu. Ngga jatuh-jatuh cinta banget sih, yaaa suka aja. Terus nemu dia Lagi di ‘Real Steel‘ nya Hugh Jackman. Sebagai Tak Mashido. *terus gue pikir nama lu aneh* /plak

Anacondas-The-Hunt-for-the-Blood-Orchid-images-ea08340e-a089-4757-b253-800576b6401

Okee, lanjut ke film dengan judul diatas, singkat cerita, Chiyo berusaha melarikan diri. Karena jatuh lalu gagal, akhirnya bukannya disekolahkan menjadi Geisha, Chiyo malah dijadikan budak. Satu hari habis mengantar shamisen ke sekolah geisha terdekat, Chiyo pun murung di sebuah jembatan. Lalu, datanglah sang Chairman.

87a4e689“Oke, dengan usia Chiyo yang segitu, gue anggep lu pedo,…”

074“Tapi gue mau dipedoin Om Watanabeeeeee” /dor

Sang Chairman menghibur Chiyo yang sedih, dengan membelikannya kakigoori. Terus gue mau komentarin ini:

1

8dcf9699“FOR GOD SAKE! SAKE! DIA UDAH PUNYA ANAK!!!”

0eeeff42“Kokoro aing….”

Anjir, baru ketemu anak kecil aja, jalan ceritanya udah kayak komik Shoujo. Jadi, si Chairman memberikan uang kembalian yang dibungkus saputangan kepada Chiyo. Alih-alih dipake beli makanan, uang tersebut malah dipakai untuk berdoa kepada dewa agar suatu hari nanti, dipertemukannyalah ia dengan sang Chairman kembali…

044Oke, khattam juz 1. Lanjut juz 2…

3eb4e7b3“9-15 berapa sih? Oh 6”

Jadi, 6 tahun kemudian, terlihatlah Chiyo (Zhang Ziyi) yang membantu Pumpkin (Kudou Yuuki) untuk hari pertama debutnya sebagai Maiko–agak bawah dari geisha. Saat Pumpkin kelupaan shamisen-nya, dibawakannya shamisen tersebut ke teahouse, tempat dimana debut pertama Pumpkin.

Bukannya langsung pulang, Chiyo malah mengintip melalui salah satu pintu untuk melihat debut pertama temannya tersebut. Saat sedang asik mengintip, Chiyo malah ke-gap denganseseorang dan dia adalah Chairman. Kaget karena orang yang menemuinya adalah orang yang dicarinya selama ini, Chiyo malah berlari. Dan,… ekspresi Om Watanabe-nya itu loooohh….

2

048*cukup digambarkan dengan Onion Head, karena kata tak mampu mewakilinya*

Ternyata, takdir Chiyo berubah dari saat itu. Datanglah Mameha (Michele Yeoh) untuk melatih Chiyo untuk menjadi Geisha dengan bayaran pada sang Nyonya Nitta (Momoi Kaori) yang cukup mahal. Jadilah Chiyo menemukan jalan untuk bertemu kembali dengan laki-laki yang membuatnya hidup dengan tujuan tersebut #tsah

Pertemuannya kembali dengan sang Chairman, adalah saat pertandingan Sumo pertana Chiyo yang sudah mengganti nama sebagai Sayuri. Tujuan sebenarnya datang ke pertandingan Sumo adalah untuk menaklukan hati Nobu (Kouji Yakusho) seorang Presiden sebuah perusahaan di Osaka yang tidak menyukai Geisha.

Ternyata Iwamura Ken (chairman) adalah rekan bisnis Nobu yang berhutang budi saat mereka menjadi prajurit perang di Manchuria, karena Nobu rela mengorbankan dirinya untuk melindungi sang chairman.

sillyp1“Lets say AWWW, Awwwwwww….”

Dan Iwamura Ken, nampak mengenali si kecil Chiyo yang tergambar pada tatapannya yang…

3

th_083_v2…… AAAAAAAARRRGHHH. cocoro.

Chiyo pun nampak ingin sekali menambatkan hati terhadap pria–Oom2–tersebut. Namun Mameha membelokkan permainan dengan tujuan Chiyo menghasilkan uang yang mampu membebaskannya dari hutang terhadap Nitta dan menjadikannya anak asuh sang pemilik Okiya.

Dengan mengambil hati para laki-laki (tua) berduit di Hanamachi dan menjadi Maiko terkenal, semakin menjauhkannya dari sang Chairman yang tak bisa berkutik apa-apa saat Nobu mulai menyukai Chiyo.

d1eef220“Anying….”

Namun mereka selalu curi-curi kesempatan berdua…

6

f529a952“Awwww…. Adegan sunny,…gue ngga tau yang mana yang duluan,”

Namun naasnya, sebelum Mizuage (semacam upacara pelepasan keperawanan), Chiyo diperkosa oleh Baron (Carl Tagawa Hiroyuki) Danna dari Mameha. Namun tetap saja Chiyo memenangi penawaran tertinggi untuk upacara Mizuage-nya sebesar 15000 yen, lebih tinggi dari Mameha yang mendapatkan 10000 Yen.

Sebenarnya, Baron lah yang memberikan penawaran tertinggi pada Chiyo, namun Mameha memberikannya pada Dr. Crab (Randall Duk Kim). Jadilah Chiyo Geisha sepenuhnya, dan menjadikannya anak angkat Nitta yang otomatis mewarisi okiya. Hatsumomo menjadi sangat jealous dengan Pumpkin yang kehilangan harapannya untuk diangkat menjadi anak oleh Nitta.

Tak lama setelahnya, Perang Dunia 2 pun terjadi. Dan Chiyo mengungsi pada seorang kerabat Nobu di Osaka, sedang Mameha menjadi seorang perawat. Nobu bangkrut dengan usahanya, dan berusaha mencari bantuan dana. Dapatlah ia seorang Amerika yang bersedia membiayainya, dengan syarat dipertemukan oleh gadis dalam foto yang ditunjukkan Nobu–Chiyo.

Kembalilah Chiyo menjadi seorang geisha dengan Mameha dan juga Pumpkin yang kini menjadi seorang escourt.

Negosiasi terjadi di pulau Amami. Namun Chiyo menolak saat sang kolonel amerika memintanya untuk menjadi wanita-nya (entah istri atau bukan). Melihatnya, Nobu menjadi marah, terungkaplah perasaan sebenarnya bahwa Nobu ingin menjadi Danna untuknya. Chiyo menolak, dengan cara menunjukkan saat ia tengah tidur dengan sang kolonel. Meminta bantuan pumpkin untuk membawa Nobu agar ia kecewa melihatnya.

Namun Pumpkin malah membawa Chairman. Chiyo akhirnya kembali ke Gion dengan perasaan yang hancur, setelah dibuangnya saputangan sang chairman yang disimpannya selama ini. Sampai suatu saat teahouse menghubungi Mrs. Nitta, meminta agar Chiyo segera menuju teahouse. Sang Ibu beranggapan ini adalah saat dimana Nobu menemui Chiyo untuk menjadi Danna baginya. Chiyo pun bersiap menuju teahouse.

7f5341cc“Kokoro aku lelah tjuy,….”

—sampai sini bakal jadi spoiler bagi yang cocoronya lelah, harap tidak membuka—

Bukannya Nobu yang datang untuk menjadi Danna-nya, melainkan Iwamura Ken, sang Chairman yang telah menjadi tambatan hatinya selama ini. Ia juga mengungkapkan perasaannya pda Chiyo selama ini.

th_102_“PE to the DO,”

Dan ia sudah menyadari Sayuri yang sejak awal adalah Chiyo kecil yang ditemuinya di jembatan Sunagawa.

064“…. kokoro aing makin lelah,”

Saya tidak mengerti bagian sini. Apa tetap menjadi Danna, atau ia mem-propose Chiyo, namun yang jelas

63d4808b“FOR GOD SAKE!! WINE! AND BEER!! DIA UDAH PUNYA ANAK!! DAN MUNGKIN SE-USIA SAMA CHIYOOO!!”

—Spoiler selesai—

Overall film ini bagus, BANGET! Menampilkan jepang secara alam, dan kehidupan masyarakatnya. Namun mungkin karena dasar-nya Rob Marshall, sayang sekali film ini tidak difilmkan dengan bahasa native-nya… ( ; w ; )

th_087_“Padahal Oom Watanabe seksi kalo ngomong Jepang,…”

Ini juga menjadikan beberapa pelafalan inggris menjadi pelafalan jepang. Contohnya di scene ini:

7

aturan ekslposyen. namun diucapkan oleh Oom Watanabe ‘eskplosyon’

6f428754“Tapi, ngga apa-apa deh, kalo Oom Watanabe” /plak

Ngga banyak yang saya ingin sampaikan atas film ini, selain film ini membuat saya menerima kisah cinta macam pedo begini, dan kisah cinta yang pas dikemas tanpa bisa gue bilang itu PEDO, walau sebenernya PEDO. Dan Watanabe Ken disini such a Gentleman. Alhamdulillah masih hidup di akhir scene, ngga kayak di INCEPTION… /dor Entah kenapa saya shipping sama mereka… Dan TUMBEN shipping saya bener…

current song: Hirai Ken – Kiyogaoka
current mood: males beli sepatu dan males hidup
location: Home Sweet Home!

— Ijou Owari Desu! —